Kamera DSLR profesional sekarang rata-rata telah hadir dalam kemasan bodi tangguh yang mampu bertahan dalam kondisi ekstrim sekalipun. Tapi sayangnya, ketahanan ekstra tersebut harus dibayar dengan bandrol harga yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata DSLR lainnya. Nah, untuk itulah Pentax melakukan terobosan dengan menghadirkan kamera DSLR tahan banting dalam banderol harga yang cukup ramah di kantong.

Sebagai kamera yang tangguh, Pentax K-30 hadir dalam kemasan bodi yang kokoh dan tahan banting, dengan desain handle grip yang besar. Fitur ketahanan ekstra yang dimilikinya mencakup ketahanan di segala kondisi cuaca, anti debu, tahan air, dan anti-beku hingga pada temperatur -10? Celcius. Cukup tangguh untuk kebanyakan fotografer alam sekalipun.

Di balik ketangguhannya, Pentax menyematkan sensor CMOS 16,3 megapixel dengan dukungan image processor, Pentax Prime M. Berkat prosesor ini, Pentax K-30 dapat digunakan untuk mengambil foto dan merekam video pada kualitas Full HD 1080p dengan 30 fps atau 720p dengan 60 fps. Opsi ISO yang disediakan juga cukup lengkap, mulai dari ISO 100 hingga ISO 12800. Anda juga dapat meningkatkannnya sampai ISO 25600, menggunakan fitur Custom Function.

Selain menawarkan ketangguhan ekstra di bagian luarnya, Pentax K-30 juga mengemas spesifikasi menarik bagi fotografer profesional dan amatir yang serius dengan fotografi. Untuk viewfinder, pentaprism yang menawarkan cakupan penglihatan 100% telah dimilikinya. Selain itu juga tersedia fitur Auto Picture dan Scene mode yang hadir dalam 19 pilihan kondisi pemotretan bagi Anda yang baru belajar atau sedang malas mengatur setting kamera. Pentax juga menanamkan fungsi Pentax Shake Reduction di dalam bodi sehingga lensa apa pun yang tertancap di K-30 akan dapat digunakan dengan lebih stabil. Bagi para penggemar fotografi olahraga, Pentax K-30 cukup dapat diandalkan dengan fitur burst mode miliknya yang dapat memotret dengan kecepatan 6 frame per detik.

Pengukuran cahaya yang akurat juga merupakan hal yang krusial dan Pentax telah menyiapkan sistem multi-pattern metering 77 segmen untuk mengukur cahaya dengan lebih tepat. Untuk menghasilkan kecepatan autofokus yang cepat, Pentax menyelipkan modul sensor SAFOX IXi+ AF. Bagi pengguna kamera DSLR Pentax sebelumnya, mungkin akan merasakan kecepatan dan ketepatan algoritma autofokus yang baru ini. Teknologi ini juga meningkatkan akurasi dan kecepatan pendeteksian obyek yang bergerak serta performa autofokus saat menggunakan lensa telephoto.

Sebagai mitra untuk menjelajah alam liar, daya tahan baterai kamera menjadi isu yang penting. Pentax K-30 telah menyediakan aksesoris tambahan, yaitu Pentax D-BH109 yang merupakan baterai holder. Dengan baterai holder tersebut, Anda dapat memasang 4 baterai AA sebagai sumber tenaga pengganti jika baterai lithiom ion standarnya kehabisan daya.

Pentax K-30 baru tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu biru, hitam dan putih. Rencananya kamera ini mulai dipasarkan pada bulan Juli 2012 dengan banderol harga US$ 849.99 untuk bodi saja dan US$ 899.95 untuk versi paket dengan lensa 18-55mm.

Sekilas Fitur Pentax K-30:
Sensor : 16.28 Megapixel APS-C CMOS
ISO Range : 100-25,600
Weather Sealed : Yes (81 seals) :
Image Processor : Prime M
AF System : 11-point (9 cross-type) SAFOX IXi + Phase Detect
Live View : Contrast Detect w/ manual focus assist
Video Recording : Full HD at 30 FPS 720p at 60/50/30/25/24 FPS VGA at 30FPS
Video AF : Yes
Viewfinder : Pentaprism, approx 100% coverage 0.92x magnification Interchangeable focusing screens
Shutter : 6FPS Mechanical 30s-1/6000s (stepless), bulb
Shake Reduction : In-Body (w/ optional horizon correction) :
Power Source : AA via D-BH109 (not included, or) Rechargeable Li-ion D-LI109 (included) Approx. 480 images per charge
Dust Removal : Yes, non-ultrasonic
Metering : 77-segments
Rear LCD : 3-inch VGA (921,000 dots)
Top LCD : None
Available Colors : Black, Blue, White