LG Merilis Cinema 3D Smart TV Terbaru

LG mengembangkan fitur Smart TV-nya dengan interface baru serta aplikasi yang lengkap

Jika beberapa hari yang lalu LG memamerkan jajaran produk IT terbarunya, kini giliran lini Smart TV 3D terbaru yang diperkenalkan.

Sejalan dengan apa yang dijelaskan pada acara peluncuran Cinema 3D Monitor TV kemarin, LG semakin menaruh fokus pada teknologi Passive 3D mereka. Maka tidak mengherankan jika TV 3D terbaru mereka ini masih mengandalkan teknologi Film Patterned Retarder (FPR) yang sudah menjadi ciri khas LG.

LG cukup ambisius untuk mendominasi pasar TV dengan merilis generasi terbaru LG Cinema 3D Smart TV ini. Sebagai buktinya, tidak sedikit varian yang mereka luncurkan hari ini untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam. Pertama ada seri LM6700, kemudian LM7600 yang diikuti oleh LM8600, dan terakhir LM9500.

 

Bezel setipis 1mm membuatnya nyaris tidak terlihat

Desain bezel tertipis di dunia
Untuk menggebrak pasar TV LED, LG merancang generasi terbaru LG Cinema 3D Smart TV tersebut dengan desain bezel inovatif setipis 1mm. Desain yang dijuluki Cinema Screenini membuatnya tercatat sebagai 3D TV dengan bingkai layar tertipis di dunia. Mengikuti tren saat ini, LG mulai meninggalkan desain berwarna hitam dan merancang varian terbaru ini dengan bahan metal.

 

Dual Play Screen: melalui kacamata khususnya, tiap pemain akan melihat gambar yang berbeda dalam satu layar

Fitur canggih bagi para gamer
Masuk ke dalam inovasi visualnya, LG menanamkan sebuah fitur yang akan diminati para gamer yakni Dual Play Screen. Biasanya pengguna harus berbagi setengah layar (split screen) saat bermain dengan orang lain. Namun dengan fitur ini tiap pemain akan mendapat tampilan layar utuh dengan sudut pandang berbeda bagi masing-masing pemain lewat kacamata Dual Play khusus. Fitur inovatif dari LG ini sangat mirip dengan teknologi SimulView yang terdapat di Sony Playstation 3D TV. Namun bedanya, fitur Dual Play Screenbesutan LG ini dapat digunakan pada konsol game apapun – termasuk PC – asalkan game yang dimainkan dapat ditampilkan secara split screen.

Tak cuma pengembangan dari segi visual saja, LG juga memperhatikan teknologi audionya seperti yang dijelaskan oleh Eko Adhi Suyitno, Product Manager Flat Panel Display LG Electronics Indonesia.

Inovasi 3D kini tak lagi melulu hanya soal visual, melainkan sampai menyentuh audionya. Efek dari tata suara audio 3D Sound Zooming melengkapi pengalaman 3D yang membawa penggunanya semakin benar-benar seperti mengalami tontonannya,”

Fitur 3D Sound Zooming tersebut akan menciptakan tata suara bernuansa 3D, sehingga kedalaman bunyi objek akan berbeda sesuai dengan jarak dan pergerakannya. Sekilas, fitur ini mirip dengan teknologi virtual surround yang biasa kita temukan di komputer. Namun dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat merasakan pengalaman suara surround tanpa perlu membeli audio system tambahan.

 

LG mengembangkan fitur Smart TV-nya dengan interface baru serta aplikasi yang lengkap

Lebih pintar dengan beragam aplikasi
Sebagai Smart TV, tentu aplikasi menjadi hal yang penting. Kini LG mulai serius dalam menghadirkan beragam konten menarik di LG Cinema 3D Smart TV. Salah satu aplikasi istimewa yang ditawarkan LG adalah K-Pop Zone yang memberi akses eksklusif pada kumpulan klip video dan kabar terkini berbagai grup artis Korea. Sementara lewat LG Smart World, pengguna terhubung dengan ribuan konten siap unduh, baik gratis maupun berbayar.

Tampilan utama (user interface) akses ke menu Smart TV LG pun mengalami inovasi yang semakin memudahkan dan memberi kenyamanan dalam mengakses fungsi-fungsi di dalamnya. Bahkan khusus untuk tipe LM8600, LG melengkapinya dengan prosesor dual core untuk memberi kenyamanan ekstra bagi pengguna dengan kinerja yang cepat.

LG 72LM9500, 3D TV terbesar di dunia saat ini

Di antara empat varian terbaru Cinema 3D TV LG, LM9500 mendapat sorotan terbesar. Pasalnya, selain merupakan kelas tertinggi jajaran Cinema 3D TV, LG menyediakan ukuran hingga 72-inci yang sangat besar. Sebagai 3D TV terbesar di dunia saat ini, seri LM9500 dilengkapi dengan fitur visual yang premium seperti dynamic contrast ratio 10,000,000:1 dan waktu respon (response time) 1 ms.

Sampai saat ini LG hanya menginformasikan rentang harga LM8600, LM7600 dan LM6700 yang hadir dari 42 – 55-inci berkisar dari Rp 15,000,000 hingga Rp 40,000,000. Sedangkan untuk seri LM9500, kami masih menunggu konfirmasi.

Di bawah ini kami sajikan foto-foto acara peluncuran LG Cinema 3D TV terbaru untuk Anda simak. Perlu saya ingatkan bahwa harga-harga yang tercantum di foto adalah harga promo yang sedang berlangsung saat acara. Harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari pihak manapun.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.