Seorang kawan beberapa kali berkonsultasi kepada saya mengenai tablet PC yang pas untuknya. Pilihan mengerucut kepada GALAXY Tab 8.9 dan GALAXY Tab 2 10.1 inci yang (ternyata) telah beredar di pasaran, setelah versi 7 incinya dijual pertama kali beberapa waktu lalu. Bagi Anda yang sedang menghadapi persoalan serupa, saya memiliki video Hands On GALAXY Tab 2 10.1 inci yang juga saya buat dalam sesi Media Briefing GALAXY Tab 2 7 inci, mengingat Tab 8.9 sudah pernah saya review di sini. Semoga juga dapat bermanfaat bagi Anda dalam menentukan pilihan.


Tips: Mainkan (Play) video di bawah, tunggu hingga proses buffer pertamanya selesai, tahan (Pause) saat video mulai main dan lanjutkan menonton saat Anda telah selesai membaca. Video direkam dalam resolusi HD 720p.

Pertama-tama, Anda dapat melihat suguhan halaman Beranda yang tersemat beberapa widget seperti cuaca, Yahoo!NEWS, serta video player. Sayang, karena Anda tidak bisa memainkan video dengan layar kecil di Beranda tersebut, alias hanya sekedar pemintas untuk masuk ke pemutar video.

Saya mencoba masuk ke menu utama, lalu ke Settings, untuk melihat versi Android yang digunakan. Untuk menguji ketajaman layar serta kualitas speakernya, saya pun memutar video yang disediakan oleh Samsung. Anda dapat melihat percikan air jemuran yang di-slow motion dengan cukup detil bukan? Selain itu, di sesi ini, saya sekaligus mencermati desain GALAXY Tab 10.1 inci secara umum.

Setelah itu, saya masuk ke sektor kamera, mencoba mengambil foto secara langsung, lalu memperbesarnya untuk melihat obyek lebih dekat. Tak lupa, video maksimum HD 720p juga saya uji untuk merekam aktivitas di dalam ruangan.

Nah, sama seperti versi 7 incinya, pada Tab 2 10.1 inci juga tak daoat Anda temukan fitur Face unlock. Namun berkomunikasi via telepon bisa Anda lakukan dengan tampilan keypad yang besar. Dengan layar seluas ini, saya juga harus mencoba keyboard virtualnya, apakah nyaman atau tidak terutama dari lebar tombol dan jarak antartombolnya.

Terakhir, saya kembali menelisik Tab 2 10.1 inci dari sisi desain terutama ketipisannya. Selamat menonton!