Senang berkicau di Twitter dan berharap ada aplikasi Twitter yang menawarkan personalisasi lebih lengkap dibandingkan aplikasi Twitter resmi yang ada? Nah, kami menemukan Twitter Client yang bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Plume, yang sebelumnya bernama Touiteur (bahasa Perancis yang berarti “Android”) dan diminta oleh Twitter untuk mengubah namanya tersebut, menyediakan beberapa fitur yang tidak dimiliki aplikasi Twitter resmi. Dengan Plume, Anda bisa mengubah warna tiap akun pengguna yang Anda ikuti dan memantau lebih dari satu akun dengan mudah. Selain dapat digunakan dengan apik di smartphone, juga berjalan dengan baik pada tablet Android.

Jadi tepatnya apa saja yang bisa Anda lakukan dengannya? Oke, mari kita bahas satu per satu. Beberapa fitur juga mirip dengan aplikasi Twitter standar seperti menggeser-tahan layar ke bawah untuk menampilkan tweet terbaru (pull to refresh), autocomplete hashtag atau username yang Anda ketikkan, picture preview hingga geotagging. Namun lebih dari itu, Plume juga memungkinkan Anda untuk “mewarnai” timeline atau teman Anda seperti yang nampak pada gambar di bawah ini. Untuk berpindah dari Beranda (Home) ke Linimasa (Timeline), ke Penyebutan (Mentions) serta Pesan Langsung (Direct Message) juga bisa dilakukan dengan menyapukan layar ke kanan/kiri.

Salah satu yang paling menarik adalah dukungan Plume terhadap multiple account Twitter yang Anda miliki. Misalnya Anda sehari-hari harus mengawasi akun Twitter pribadi sekaligus kantor dan/atau bisnis yang jumlahnya lebih dari satu akun. Untuk cukup mengubah tampilan akun agar cocok untuk tugas tersebut, Anda cukup melakukan 2 langkah mudah berikut ini. Tekan tombol Option, pilih Change View lalu pilih akun mana yang ingin digunakan. Maka tampilan langsung berubah sesuai dengan aktivitas di akun tersebut. Hal ini sudah kami coba sendiri dengan 2 akun yakni milik pribadi dan akun resmi YANGCANGGIH.COM.

Plume masih memiliki beberapa fitur lainnya, seperti widget untuk tampilan di layar Beranda perangkat Anda; mute twitter users, word atau clients; internal browser; berbagi foto dengan Twitter, Twitpic, Plixi, YFrog, Posterous atau Mobypicture; mendukung bit.ly untuk mempersingkat kicauan Anda serta Inline twitter conversation. Jika tertarik, tersedia versi gratis dan berbayar di Play Store, yang akan menghilangkan segala macam iklan di layar Plume. Semua terserah Anda.