tips update ICS samsung galaxy note Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich tips aplikasi android

Beberapa waktu lalu, Samsung secara resmi telah merilis OS Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich (ICS) untuk Samsung GALAXY Note versi Eropa khususnya Jerman. Belum diketahui mengapa rilis ICS ini tidak dilakukan secara serentak di seluruh dunia. Bagi G’Noters yang tinggal di Indonesia secara resmi tidak akan mendapatkan notifikasi update terbaru ICS ini lewat software update yang ada di menu Setting. Tapi tidak perlu bersedih hati. Jika sudah tidak sabar ingin mencicipi ICS di GALAXY Note, Anda dapat melakukan update sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

Perhatikan: Tips ini telah berhasil diuji coba pada Samsung Galaxy Note yang sebelumnya menggunakan stock ROM asli Samsung Galaxy Note, Android Gingerbread versi 2.3.6 yang belum di Root.

Yang Anda perlukan:
1. Samsung USB Driver untuk Samsung Galaxy Note. Jika belum punya, bisa Anda download di sini
2. OS Android ICS N7000XXLPY_N7000OXALPY_DBT.zip sebesar 638.2 MB yang dapat di-download di sini
3. Odin 1.85 bisa di-download di sini
4. Samsung Kies dapat Andah unduh di sini
5. Samsung Galaxy Note dengan baterai penuh.
6. Kabel USB Original Samsung Galaxy Note

Untuk mempermudah proses upgrade, sebaiknya file-file yang diperlukan diatas dijadikan dalam satu folder.

Langkah 1: Lakukan Backup dan Pastikan Komputer Anda terhubung secara sempurna dengan Galaxy Note

1. Install Samsung Kies pada Komputer Anda
2. Install Samsung USB Driver untuk Samsung Galaxy Note(Optional)–>biasanya dengan menginstall Samsung Kies, secara otomatis usb driver Samsung Galaxy Note juga akan ikut terinstall. Untuk berjaga-jaga jika setelah install Samsung Kies telah selesai dan komputer tidak mengenali Samsung Galaxy Note, Anda dapat install USB drivernya ini secara manual.
3. Setelah Samsung Galaxy Note telah terhubung secara sempurna ke PC, buka Samsung Kies dan lakukan backup data-data penting seperti nomor kontak, sms dll.
4. Begitu proses backup selesai, Anda dapat menutup aplikasi Samsung Kies dan matikan Samsung Galaxy Note. Tunggu hingga ada getaran sekali untuk benar-benar memastikan kondisinya benar-benar off.

Langkah 2: Update

1. Lakukan extract file dari OS Android ICS N7000XXLPY_N7000OXALPY_DBT.zip. Didalamnya, Anda akan menemukan 2 file yaitu N7000XXLPY_N7000XALPY_N7000XXLPT_HOME.tar.md5 dan SS_DL.dll
2. Lakukan extract Odin 1.85.
3. Pada posisi off Samsung Galaxy Note, tekan secara bersamaan tombol Volume bawah + tombol Home dan tombol power. Sekarang Anda akan menemukan tampilan ini:

warning Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich tips aplikasi android

Klik tombol volume atas untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

4. Kemudian Anda akan disambut oleh layar berikut:
Odin mode Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich tips aplikasi android

5. Hubungkan Galaxy Note Ke PC, lalu jalankan aplikasi Odin3 V1.85.exe pada PC Anda. Jika telah dikenali oleh Odin, maka Anda akan menemukan keterangan “Added” pada kotak pesan Odin di pojok kiri bawah.

6. Pastikan centang Auto reboot & F. Reset time pada bagian Option
option Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich tips aplikasi android

7. Setelah itu, klik PDA dan letakkan file N7000XXLPY_N7000XALPY_N7000XXLPT_HOME.tar.md5
PUT FILE pda Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich tips aplikasi android

8. Klik Start dan proses update akan berjalan. Tunggu sampai proses ini selesai dan Samsung Galaxy Note akan restart secara otomatis.

9. Setelah selesai restart, Anda dapat masuk ke menu Setting => About this phone untuk memeriksa apakah OS telah berhasil naik ke versi 4.0 Mudah kan?

Screenshot 2012 05 15 13 54 54 610x976 Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich tips aplikasi android

Proses update ICS via PC Odin merupakan cara yang aman bagi GALAXY Note yang masih menggunakan stock ROM Gingerbread bawaan pabrik dan tidak di-root. Proses upgrade yang tergolong mudah ini dapat Anda lakukan dalam waktu 5 hingga 10 menit. Mengingat banyaknya hal yang bisa terjadi selama update OS, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Samsung Galaxy Note Anda. Selamat mencoba!!!