Tips: Update Samsung Galaxy Note ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Beberapa waktu lalu, Samsung secara resmi telah merilis OS Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich (ICS) untuk Samsung GALAXY Note versi Eropa khususnya Jerman. Belum diketahui mengapa rilis ICS ini tidak dilakukan secara serentak di seluruh dunia. Bagi G’Noters yang tinggal di Indonesia secara resmi tidak akan mendapatkan notifikasi update terbaru ICS ini lewat software update yang ada di menu Setting. Tapi tidak perlu bersedih hati. Jika sudah tidak sabar ingin mencicipi ICS di GALAXY Note, Anda dapat melakukan update sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

Perhatikan: Tips ini telah berhasil diuji coba pada Samsung Galaxy Note yang sebelumnya menggunakan stock ROM asli Samsung Galaxy Note, Android Gingerbread versi 2.3.6 yang belum di Root.

Yang Anda perlukan:
1. Samsung USB Driver untuk Samsung Galaxy Note. Jika belum punya, bisa Anda download di sini
2. OS Android ICS N7000XXLPY_N7000OXALPY_DBT.zip sebesar 638.2 MB yang dapat di-download di sini
3. Odin 1.85 bisa di-download di sini
4. Samsung Kies dapat Andah unduh di sini
5. Samsung Galaxy Note dengan baterai penuh.
6. Kabel USB Original Samsung Galaxy Note

Untuk mempermudah proses upgrade, sebaiknya file-file yang diperlukan diatas dijadikan dalam satu folder.

Langkah 1: Lakukan Backup dan Pastikan Komputer Anda terhubung secara sempurna dengan Galaxy Note

1. Install Samsung Kies pada Komputer Anda
2. Install Samsung USB Driver untuk Samsung Galaxy Note(Optional)–>biasanya dengan menginstall Samsung Kies, secara otomatis usb driver Samsung Galaxy Note juga akan ikut terinstall. Untuk berjaga-jaga jika setelah install Samsung Kies telah selesai dan komputer tidak mengenali Samsung Galaxy Note, Anda dapat install USB drivernya ini secara manual.
3. Setelah Samsung Galaxy Note telah terhubung secara sempurna ke PC, buka Samsung Kies dan lakukan backup data-data penting seperti nomor kontak, sms dll.
4. Begitu proses backup selesai, Anda dapat menutup aplikasi Samsung Kies dan matikan Samsung Galaxy Note. Tunggu hingga ada getaran sekali untuk benar-benar memastikan kondisinya benar-benar off.

Langkah 2: Update

1. Lakukan extract file dari OS Android ICS N7000XXLPY_N7000OXALPY_DBT.zip. Didalamnya, Anda akan menemukan 2 file yaitu N7000XXLPY_N7000XALPY_N7000XXLPT_HOME.tar.md5 dan SS_DL.dll
2. Lakukan extract Odin 1.85.
3. Pada posisi off Samsung Galaxy Note, tekan secara bersamaan tombol Volume bawah + tombol Home dan tombol power. Sekarang Anda akan menemukan tampilan ini:

Klik tombol volume atas untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

4. Kemudian Anda akan disambut oleh layar berikut:

5. Hubungkan Galaxy Note Ke PC, lalu jalankan aplikasi Odin3 V1.85.exe pada PC Anda. Jika telah dikenali oleh Odin, maka Anda akan menemukan keterangan “Added” pada kotak pesan Odin di pojok kiri bawah.

6. Pastikan centang Auto reboot & F. Reset time pada bagian Option

7. Setelah itu, klik PDA dan letakkan file N7000XXLPY_N7000XALPY_N7000XXLPT_HOME.tar.md5

8. Klik Start dan proses update akan berjalan. Tunggu sampai proses ini selesai dan Samsung Galaxy Note akan restart secara otomatis.

9. Setelah selesai restart, Anda dapat masuk ke menu Setting => About this phone untuk memeriksa apakah OS telah berhasil naik ke versi 4.0 Mudah kan?

Proses update ICS via PC Odin merupakan cara yang aman bagi GALAXY Note yang masih menggunakan stock ROM Gingerbread bawaan pabrik dan tidak di-root. Proses upgrade yang tergolong mudah ini dapat Anda lakukan dalam waktu 5 hingga 10 menit. Mengingat banyaknya hal yang bisa terjadi selama update OS, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Samsung Galaxy Note Anda. Selamat mencoba!!!

About The Author

Walaupun berlatar belakang graphic design, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari komputer sampai fotografi dan videografi.

25 Responses

  1. sadam

    Gan GNote aku versi korea apakah bisa upgrade masuk indonesia

  2. Willy

    Kalo saya punya galaxy note 8 GT-N5100
    Tapi sudah pernah di root dan diunroot
    Jadi bisa gak ya samsung saya menginstall soft ware update resmi dari samsungnya

  3. apiz

    kini gua mahu tahu macam mana nk downgrade samsung punya android icecream

  4. wida

    kalo samsung galaxy note 1 dr korea bisa gk kak dpake di indo?gmna cranya ya kak?kq aq k samsung center ktnya gk bs?mhon pencerahan

  5. putri

    setelah upgrade dengan cara diatas, bisa upgrade ics 4.0.4 dr OTA gak?

  6. bagong

    gan OS Android ICS Samsung Galaxy Note sama gak dgn OS Android ICS samsung galaxy y, soalx kalu sama samsung galaxy y aneeee jugak mau di upgrade ke ICS……

    • Kristian Tjahjono

      @bagong
      biasanya beda gan. kan speknya juga beda.

  7. satrio

    yg buat samsung galaxy y ada gak bang????

  8. @Achyar

    Terima Kasih Banyak Atas Informasi/Ilmunya

  9. Edi

    Nanya donk…..kalo mau install bahasa jepang di samsung SIii ada yang bisa bantu?

  10. Ati Chang

    Sudah di coba , Hasilnya baik dan lancar

    Kalau untuk Update kembali dari versi 4 ke. versi Gingerbread versi 2.3.6

    Apakah prosedurnya sama dan aman ?

    Terima Kasihi

    • Renhard Harjanto

      prosesnya kurang lebih sama namun untuk kembali ke versi gingerbread yang dibutuhkan adalah stock ROM gingerbreadnya. Perlu diingat juga untuk kembali ke Stock ROM harus dicari Stock ROM untuk region Indonesia..

      • Ati Chang

        Ok Terima Kasih, Informasinya sangat membantu buat saya yg masih baru dengan Android ( Sebelumnya bertahun tahun Pakai yg berbasis Widows)
        katanya sih ICS Belum stabil , kalau stok ROM nya sih udah ada jadi sewaktu bisa balik kalau tdk Mantap
        Terima Kasih

  11. arie

    gan,,mohon bantuannya nih,,gnote ane setelah upgrade pake cara diatas jadi gak bisa konek internet,, gak ada lambang GPRS,EDGE ato 3G nya..huhuuhuhh…mohon bantuannya gan..

  12. Mang Udung

    Gak perlu susah² update keq di atas koq..kalo anda punya jaringan wi-fi..dengan sendirinya akan minta update secara otomatis..dan itu langsung berubah dengan sendirinya.
    Dan tombol off sekarang ada menu restartnya juga.

  13. lalang

    kalo sudah di upgrade ke ics bahasanya masih menggunakan bahasa indonesia tidak? masih takut2 upgrade sembarangan, khawatir malah nanti kecewa.

    • Kristian Tjahjono

      @lalang
      ICS juga udah support bahasa Indonesia kok bro.. Malah sampai diktenya bisa mengenali bahasa Indonesia.

  14. iruel bs

    gan kalo mau downgrade dari ics gb gi mana steb steb nya…..?
    soal nya ics kurang smot dan game hd jd gak isa di mainin di ics

    • thabune

      gan dah dicoba belum nih? ada masalah gak?

      • Kristian Tjahjono

        @thabune
        yang cara ini udah dicoba. Tapi kalo yang sekarang, tinggal masuk ke menu setting > about device > update

      • erick

        gan, kalo di galaxy note saya gak ada menu update di ‘about device’ nya. jadi rencananya saya mau update pakai cara ini.. saya beli note di singapore. apa itu alasan knp tidak ada menu ‘update’?

  15. duma

    great thanks :-) saya berhasil upgrade si galau not dari kue jahe ke es krim sandwich heheheheh…prosesnya gak sampai sepuluh menit. Saya nyoba cek apakah perangkat statusnya diroot. Ternyata tidak…jadi masih bisa klaim garansi huehhhhheheh..tapi apa keistimewaan si ics 4.0.3 ini selai. s pen premium suitenya ya?