[Konsep] Ericsson Connected Me: Mengirim Data Lewat Tubuh Manusia


Bayangkan jika tubuh Anda mampu untuk menuangkan informasi, gambar atau data-data penting ke perangkat lain hanya dengan menyentuhnya. Wah, hidup bisa menjadi lebih mudah dan nyaman ya! Nah, kemampuan untuk mengirim data melalui sentuhan tersebut ini tampaknya bisa terwujud dengan berkat teknologi baru yang sedang dikembangkan Ericsson yakni Connected Me.

Ericsson sebenarnya telah memperkenalkan konsep ini pada acara Consumer Electronic Show 2012, di Las Vegas, bulan Januari lalu. Namun sayangnya mereka tidak mendapat perhatian yang banyak dari para pengunjung. Padahal sang CEO, Hans Vestberg sempat mendemonstrasikan konsep tersebut secara langsung di presentasinya.

Di tangan kiri, Vestberg menggenggam sebuah smartphone, sedangkan tangan kanannya memegang sebuah sensor audio system. Kemudian ia memutar sebuah lagu MP3 di smartphone. Secara ajaib suaranya muncul dari speaker audio system tersebut. Tubuh Verstberg seakan-akan berubah menjadi sebuah kabel USB atau koneksi Bluetooth.

Ericsson mengatakan bahwa rahasia dari konsep Connected Me ini adalah sebuah teknik yang mereka namakan “capacitive coupling”. Teknik ini memanfaatkan elektrik alami yang ada di tubuh manusia untuk memancarkan sinyal dengan informasi digital di dalamnya.

Jika masih ingat pelajaran IPA di sekolah, pasti Anda tahu bahwa tubuh manusia bersifat konduktif, yang artinya mampu menghantarkan listrik. Nah, Ericsson berhasil menemukan cara untuk menerjemahkan sinyal musik dari smartphone agar dapat disalurkan melalui listrik di tubuh manusia yang kemudian diterjemahkan kembali oleh receiver.

Lalu apa saja kegunaannya? Ericsson menggambarkan beberapa contoh: “Sebuah smartphone dapat mengirimkan data ke perangkat lain seperti gembok elektronik, printer, speaker ataupun layar melalui perantara tubuh manusia.” Arun Bhikshesvaran, Chief Marketing Officer Ericsson, juga meyakini bahwa konsep bisa dikomersilkan secepatnya tahun depan untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan pembuat mesin dan peralatan.

Kira-kira seperti apa ya perkembangannya? Akankah suatu saat nanti kita dapat menyalakan lampu tertentu, memutar musik, dan menghidupkan komputer hanya dengan menempelkan tangan ke dinding? Atau bahkan menampilkan isi pikiran ke atas layar? Kita nantikan saja kelanjutannya.

Jika Anda tertarik dengan konsep ini, simak saja dua video di bawah ini agar mendapat gambaran yang lebih jelas.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.