(Gambar di atas hanya ilustrasi dan bukan wujud akhir aplikasinya)


Sebagai pimpinan Facebook, Mark Zuckerberg memang selalu membuat berita menarik. Setelah beberapa waktu lalu mengakuisisi Instagram, Facebook kini mengumumkan akan membuka sebuah layanan distribusi aplikasi digital bernama Facebook App Center.

Lalu, apakah Facebook ingin bersaing dengan Google Play Store dan App Store? Justru sebaliknya. Facebook App Center menawarkan aplikasi-aplikasi dari kedua platform tersebut, ditambah dengan aplikasi khusus Facebook. Tim Zuckerberg juga mengatakan bahwa aplikasi-aplikasi Windows Phone juga akan tersedia di waktu mendatang.

App Center ini ditujukan agar dapat memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi-aplikasi yang menarik. Proyek ini juga menjadi kesempatan baik bagi para pengembang aplikasi untuk memasarkan hasil karyanya ke lebih dari 2 juta pengguna Facebook.

Cara kerjanya sangat sederhana. Masukkan nama aplikasi secara spesifik atau pilih salah satu dari aplikasi yang ditampilkan di App Center menggunakan perangkat Android ataupun iOS. Setelah itu, App Center akan membawa Anda menuju halaman pengunduhan di iTunes App Store ataupun Google Play Store untuk melanjutkan proses instalasi. Sedangkan untuk aplikasi khusus Facebook, prosesnya sama dengan instalasi aplikasi Facebook di web. Seperti layaknya sebuah App Store, Facebook App Center ini juga memiliki halaman khusus untuk tiap aplikasi dengan penjelasan dari sang pengembang.

Facebook App Center ini masih dalam tahap pengembangan, namun dikatakan bahwa akan segera hadir dalam beberapa minggu ke depan dalam bentuk web, aplikasi iOS dan Android. Lalu bagaimana dengan pengguna BlackBerry? Semoga saja tim Facebook tidak melupakannya ya!