Huawei kembali meluncurkan smartphone Android yang disasar untuk pengguna baru atau mereka yang memiliki budget terbatas, namun tetap ingin mencicipi lezatnya OS Android. Huawei Prism akan meramaikan pasar yang masih sangat luas tersebut. Meski dibanderol cukup murah, desain yang dibawa Prism termasuk keren dan elegan. Prism, yang dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti prisma, baru saja diluncurkan pertama kali untuk pasar AS dengan harga kurang dari Rp 1,5 juta saja, atau $149.99.

Dengan harga segitu, Anda sudah mendapat perangkat dengan OS Android v2.3 Gingerbread, layar 3.5 inci HVGA dengan resolusi 480×320 piksel, serta kamera 3.2MP. Kinerjanya disokong prosesor single-core dengan kecepatan 600MHz. Namun kami rasa hal itu sudah cukup untuk keperluan browsing di jaringan 3G maupun HSDPA 7.2Mbps yang sudah didukungnya.

Sejatinya, desain dan spesifikasi Prism mirip dengan Huawei Fusion U8562. Jika benar keduanya identik, maka Prism memiliki dimensi 116.1×60.5×11.9mm dan bobot 117.1 gram, RAM 256MB serta ROM 512MB. Konektivitas nirkabelnya mengandalkan Bluetooth versi 2.1 yang tentu sudah mendukung A2DP. Sementara itu dengan baterai standar berkapasitas 1400mAh, Prism nampaknya bukan masuk ke smartphone Android berdaya tahan baterai tangguh.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai peluang ketersediaan upgrade OS ke versi yang lebih tinggi, atau kemungkinan smartphone ini masuk ke pasar Tanah Air. Jika harga tidak terkoreksi atau malah bisa lebih rendah lagi, maka bisa dipastikan Prism akan menjadi lawan yang cukup sepadan bagi lini Android milik vendor Asia lainnya, seperti Samsung GALAXY young, Pocket atau Mini 2.