STB nexmedia Nexmedia: TV Berbayar Terestrial yang Mudah Dipindahkan visual liputan home gadget audio home gadget aksesoris home gadget acara lokal

Apakah Anda sudah berlangganan TV berbayar di rumah? Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk instalasi pertama kali? Berapa meter kabel tambahan yang harus Anda bayar karena jatah kabel yang disediakan gratis dari vendor tak cukup panjang?

Nexmedia, sebuah produsen televisi berlangganan yang mulai menghadirkan tayangannya pada akhir tahun lalu, mencoba untuk memberikan alternatif hiburan yang simpel dan mobile – alias mudah dipindahkan atau dibawa ke mana saja. Ini dimungkinkan karena Nexmedia menggunakan teknologi terestrial yang memanfaatkan antena analog untuk sumber tangkapan sinyal siaran mereka ke televisi Anda.

Saya sendiri memiliki 2 TV berbayar di rumah, di mana yang satu menggunakan parabola sementara yang lain menggunakan kabel. Jangankan berpindah rumah, berpindah ruangan pun dipastikan sulit karena kabel sudah dirapatkan ke tembok menggunakan paku ketika pemasangan pertama kali, dengan kabel yang pas-pasan pula ke dekoder/STB. Berbeda dengan itu, STB milik Nexmedia mudah dipindahkan layaknya DVD player; tak hanya berpindah ruangan bahkan bisa Anda bawa ke kota lain selama cakupan Nexmedia ada di sana.

Andy Jobs, Marketing and Sales Director Nexmedia, dalam acara roundtable bersama media Rabu (2/4) lalu, menjelaskan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk instalasi Nexmedia tak lebih dari 1 menit.

“Cukup waktu 1 menit saja untuk dapat menikmati hiburan mengasyikan, karena hanya itu waktu yang dibutuhkan untuk memasang perangkat Nexmedia.”

Hal itu dibuktikan langsung dengan demo yang dilakukan oleh Yuda Wirawan, Head of Marketing Nexmedia di sela-sela acara yang berlangsung di Senayan City, Jakarta, seperti bisa Anda saksikan pada video berikut.

STB Nexmedia yang menggunakan produk dari pabrikan Korea, Hyundai, telah menggunakan kompresi Digital MPEG 4. Seperti telah Anda saksikan di atas, kabel atau konektor antena dihubungkan ke STB yang akan mengubah siaran dari analog menjadi digital. Sedikit catatan mengenai antena; jika Anda berlokasi di gedung kantor atau apartemen di lantai 5 ke atas, maka cukup menggunakan antena dalam, siaran sudah dapat diterima dengan baik. Namun jika Anda menggunakannya di rumah, Anda membutuhkan antena luar.

Setelah instalasi selesai, Anda dapat menikmati tayangan TV nasional plus CNN, HBO, FOX, Star World, Disney Channel, Nickelodeon, BBC, Asian Food Channel dan saluran lain, tergantung paket yang Anda pilih. Namun, saat ini Nexmedia baru bisa dinikmati di wilayah Jabodetabek (Bogor baru sebagian/wilayah tertentu) dengan target total 8 kota bisa dilayani hingga akhir 2012 ini.

Liga Champions Eropa

Salah satu yang menarik terutama bagi Anda pencinta sepak bola Eropa adalah, Nexmedia memegang hak siar resmi siaran Liga Champions Eropa (UEFA Champions League) selama 3 tahun ke depan. Yuda menjelaskan bahwa, Nexmedia mulai Agustus nanti akan menghadirkan satu saluran khusus untuk menyiarkan secara lengkap pertandingan-pertandingan tersebut ke hadapan pemirsa di Tanah Air, seperti bisa Anda saksikan di video berikut ini.