Selasa (24/4) lalu, Google telah secara resmi memperkenalkan sistem penyimpanan berbasis awan terbaru mereka, Google Drive. Nah, saat ini, aplikasi Google Drive juga sudah tersedia di Google Play yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali hanya dalam waktu 2 hari sejak diluncurkan. Selain itu, aplikasi Google Drive juga tersedia untuk Windows (PC) serta OSX (Mac PC), menyusul untuk perangkat iOS dalam beberapa minggu ke depan.

Google Drive datang dengan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5GB, dan mampu terintegrasi dengan Google Docs serta Google service lainnya. Jika dirasa kurang, Anda bisa menambah ruang penyimpanan menjadi 25GB dengan biaya sekitar Rp.20 ribuan/bulan ($2.49), 100GB dengan Rp.40 ribuan/bulan ($4.99), hingga kapasitas 1TB dengan biaya sekitar Rp.400 ribuan/bulan ($49.99).

Anda dapat menyimpan lebih dari 30 tipe file yang berbeda, termasuk video dan foto tentunya. Jangan lupa, Anda membutuhkan akun Google (dan koneksi internet) untuk menggunakan Drive. Ketika kami mencobanya di HTC Evo 3D, pengunduhan dan pemasangan tidak memakan waktu lama, meski hal ini tergantung jaringan yang Anda gunakan. Sayangnya, halaman awal yang kami temukan adalah keterangan bahwa, “Google Drive Anda belum siap”. Anda mengalaminya juga? Tenang saja, hal ini juga dialami oleh jutaan pengguna lainnya, kok.

Meski masih membutuhkan waktu lagi untuk menunggu, namun dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh Google, Drive akan menjadi alternatif sekaligus saingan Dropbox, aplikasi penyimpanan berbasis awan gratis lainnya. Untuk lebih jauh mengenal Google Drive, Anda bisa menyaksikan video berikut.