Proyek Kamera Digital Terbesar Dengan 3.2 Milyar Pixel


Anda pernah membayangkan seperti apa hasil foto kamera digital yang memiliki resolusi 3.2 milyar pixel (3200 Megapixel)? Mungkin Anda tidak perlu menunggu terlalu lama, karena para ahli di SLAC National Accelerator Laboratory akan segera mewujudkannya.

Mereka menamakan kamera digital tersebut, Large Synoptic Survey Telescope (LSST). Nantinya, LSST ini akan menjadi satu-satunya kamera yang menangkap foto angkasa paling luas, paling dalam dan paling cepat di dunia.

Setelah selama empat tahun dikembangkan dan diuji, akhirnya Departemen Energi Amerika Serikat telah mengesahkan persetujuan “Critical Decision 1″ kepadanya untuk dapat melanjutkan proses perancangan ke tahap lebih lanjut.

LSST akan memetakan kosmos dalam rupa 3D

Kamera digital ini akan dipergunakan untuk memantau luar angkasa setiap minggunya, dan mengumpulkan data hingga 6 juta GB setiap tahunnya – setara dengan 800,000 foto yang dihasilkan kamera 8MP. Tujuan utamanya adalah untuk mempelajari alam semesta dan menguak rahasia Materi Gelap (Dark Matter) dan Energi Gelap (Dark Energy).

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pembangunan kamera yang memiliki 189 sensor dan bobot lebih dari 3 ton ini akan dimulai pada tahun 2014. Untuk lokasinya, para ahli telah menyiapkan tempat di sekitar pegunungan Cerro Pachón di Chile utara.

Apakah para ahli akan berhasil menguak rahasia alam semesta ini? Kita lihat saja nanti.

About The Author

A game addict, bike lover and gadget buff. Editor yang bernama lengkap Arya Dwiputra Prayogo ini, sebelumnya menjabat Managing Editor di salah satu majalah gadget terkemuka.

3 Responses

  1. Didin

    rasa ingin tau manusia akan kekuasaan sang pencipta sungguh luar biasa..
    subahanallah..
    semoga mereka sadar bahwa itu ada yang menciptakan oleh zat yang Maha kuasa dan penguasa jagat raya.