Bagi yang memiliki dana terbatas, produksi sebuah film dapat dilakukan dengan bantuan kamera DSLR. Selain lebih murah, dukungan lensa yang banyak juga menjadi salah satu faktor mengapa produksi film dengan kamera DSLR lebih banyak disukai saat ini. Dengan menawarkan kompatibilitas dalam kemasan yang kompak untuk sebuah kamera video, kini hadir Blackmagic Cinema Camera, sebuah camera video canggih yang dapat dijadikan alternatif lain pengganti kamera DSLR untuk produksi film.

Blackmagic Cinema Camera merupakan hasil inovasi dari Blackmagic Design yang telah populer dengan produk teknologi videonya. Dalam kemasan body yang ringkas ini telah tertanam sensor 2.5K resolusi tinggi yang menawarkan jangkauan dynamic range cukup luas, mencapai 13 stop. Hasil video resolusi tingginya sendiri akan tersimpan pada drive SSD berkapasitas 256GB.

Untuk navigasi, Blackmagic Cinema Camera hadir dengan sebuah layar sentuh kapasitif berukuran 5 inci pada bagian belakangnya. Untuk lensa, ternyata cukup fleksibel. Kamera ini telah dilengkapi mount lensa yang kompatibel dengan mount lensa Canon dan lensa Carl Zeiss pada bagian depan. Sedangkan dalam hal konektivitas, kamera ini memiliki port mic/line audio-in jack, headphone, LANC remote control, BNC 3Gbps SDI out dan port Thunderbolt yang lebih cepat dibandingkan port USB biasa.

Dengan Blackmagic Cinema Camera, Anda juga dapat memangkas waktu tahap pra-produksi. Dukungan hasil rekam video dalam format CinemaDNG RAW, ProRes dan DNxHD yang umum digunakan saat ini membuat Anda dapat langsung mengolah video tanpa perlu lagi mencari aplikasi tambahan untuk mengonversinya. Untuk membantu proses pengambilan gambar, telah disediakan aplikasi Ultrascope. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau proses pengambilan gambar dengan lebih mudah. Juga terdapat aplikasi DaVinci Resolve Color Correction yang membantu saat editing warna.

Blackmagic Cinema Camera akan mulai dipasarkan pada bulan Juli 2012 dengan harga sekitar US$2995. Tertarik?