Quantcast
KomputerReviewUltraportable

Review Acer Aspire One D270 Balloon Carnival Special Edition

Acer Baloon

Tahun 2012 diramalkan akan menjadi tahunnya Ultrabook, namun bukan berarti netbook akan ditinggalkan. Hal tersebut terbukti dengan dukungan Intel yang terus melanjutkan generasi prosesor Intel Atom untuk netbook, lewat platform terbaru mereka Intel Atom Cedar Trail. Dan sebagai salah satu produsen laptop yang paling populer di Indonesia, Acer kini menghadirkan platform Intel terbaru tersebut lewat netbook terbaru mereka Acer Aspire D270.

Acer Aspire One D270 yang kami terima merupakan edisi khusus yang menyajikan hiasan ornamen grafis yang kreatif berupa balon warna-warni pada bagian penutupnya. Acer menyebutnya Acer Aspire One Balloon Carnival Special Edition.

Desain

Dalam kemasannya yang mungil dan ringan, sentuhan aksen balon yang ceria tersebut dapat Anda temui kembali pada bagian mousepadnya yang dihiasi grafis balon warna-warni dengan dominasi warna pink pada bagian click-padnya. Secara keseluruhan, bagian mousepad yang menarik perhatian ini, cukup nyaman dan empuk ketika digunakan meski ukurannya tergolong kecil.

Pada sektor keyboard, hal umum yang dikeluhkan oleh para pengguna netbook adalah ukuran tombol keyboard yang berukuran kecil, namun tidak dengan Acer Balloon. Tidak hanya sisi kemasannya saja yang dipercantik, Acer juga memperhatikan sisi ergonomi para pengguna dengan menghadirkan tombol-tombol keyboard yang berukuran besar yang memang terbukti nyaman digunakan untuk mengetik.

acer aspire D270 Perbandingan keyboard

Namun hal tersebut juga menimbulkan sedikit masalah dengan jarak antar tombol yang begitu dekat, membuat tangan mudah lelah jika digunakan mengetik dalam jangka waktu yang lama.

Dari segi konektivitas, pada sisi kiri tersedia sebuah port USB 2.0, port HDMI dan DVI untuk menghubungkannya ke layar monitor, port Gigabit Ethernet, dan port adapter untuk menghubungkan adapter listriknya yang berukuran mungil guna mengisi ulang tenaga baterainya. Sedangkan di sisi kanan, tersedia slot kartu memori SD, port audio untuk kabel jack 3.5mm, port microphone, dan dua buah port USB 2.0 dengan jarak yang cukup berjauhan. Dengan port USB tersebut Anda dapat menghubungkan dua buah flashdisk secara bersamaan atau menghubungkan perangkat USB lain tanpa saling mengganggu satu sama lain.

Kinerja

performance

Untuk kinerja, Acer Aspire Balloon dibekali dengan prosesor Intel Atom terbaru, Intel Atom N2600 dual-core terbaru yang berlari pada kecepatan 1.6 Ghz.Performa prosesornya juga didukung memori RAM DDR3 sebesar 2GB dan kartu grafis onboard Intel GMA 3600 untuk menangani sektor grafisnya.

Pada saat digunakan untuk melakukan pekerjaan komputasi sehari-hari seperti mengetik, browsing dan video chat via skype, netbook ini cukup dapat diandalkan dengan kinerjanya yang sedikit lebih cepat dibandingkan dengan generasi netbook sebelumnya yang tergolong lambat ketika multitasking. Namun, yang patut diacungi jempol adalah sektor multimedianya. Sesuai janji Intel, pada platform Cedar Trail ini, Intel menyisipkan kartu grafis onboard terbaru guna mendukungnya memutar konten multimedia berkualitas Full HD 1080p. Pada saat pengujian, saya sukses memutar file video dalam format .mkv beresolusi Full HD 1080p yang rata-rata berukuran di atas 4GB.

screenshot full HD movie
Screenshot film Full HD 1080p Fast Five

Hasilnya, Acer Aspire Balloon dapat memutar film tersebut secara sempurna tanpa masalah meski harus cukup puas menonton dilayarnya yang berukuran 10.1-inci dengan tingkat kerapatan gambar 1024×600 pixel. Untuk menambah kenyamanan dalam menonton film-film Full HD dengan netbook ini, sebaiknya Anda menghubungkan Acer Balloon ke layar monitor atau HDTV yang lebih besar melalui port HDMI yang tersedia.

Platform Cedar Trail yang diusungnya tidak hanya membuat Acer Balloon unggul pada sektor multimedia, tapi dalam hal konsumsi daya, netbook ini juga tergolong irit konsumsi listrik. Dengan baterai berkapasitas 6-Cell yang digunakan, Acer Balloon dapat menemani saya bekerja, menonton film, dan browsing via Wi-Fi hingga sekitar 6 jam. Cukup memuaskan, mengingat performa baterainya tersebut sudah hampir menyamai ketangguhan baterai Ultrabook yang sedang mulai menjadi tren saat ini.

acer aspire D270

Kesimpulan

Ide Acer untuk menghadirkan Acer Aspire D270 dalam seri terbatas dengan kemasan desain cantik yang kreatif bertemakan Balon memang merupakan ide yang cemerlang. Pasalnya ditengah ramainya tren Ultrabook yang sedang melaju, Acer menghidupkan kembali netbook dengan sentuhan yang berbeda. Tidak hanya desain saja, Acer juga menghadirkannya dengan keyboard yang lebih nyaman digunakan, dan model adapter listrik yang lebih kecil dan ringan untuk memudahkan Anda mengajaknya bermobilitas.

Berbekal prosesor Intel Atom N2600, memori DDR3 2GB dan kartu grafis yang mumpuni, performanya tergolong lumayan untuk memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari seperti mengetik dan browsing. Kemampuan memutar konten multimedia Full HD 1080p serta kapasitas ruang penyimpanan yang cukup besar, sangat mendukung bagi Anda yang gemar mengoleksi film-film Full HD tanpa harus repot menyimpannya di hardisk eksternal.

Dengan harga sekitar Rp 3.149.000 termasuk sistem operasi Windows 7 starter edition yang sudah langsung dapat digunakan, Acer Aspire One D270 Balloon Carnival layak dipertimbangkan bagi Anda yang memiliki dana terbatas namun mengincar sebuah perangkat komputer yang ringan dan mungil untuk dibawa ke mana-mana. Performa pemutaran video dan daya tahan baterai yang panjang dapat menjadi poin tambahan bagi yang butuh hiburan saat bepergian jarak jauh.

Kelebihan:
+ Desain keren
+ Baterai tahan lama
+ Ukuran charger mungil
+ Dapat memutar video Full HD 1080p
+ Harga terjangkau

Kekurangan:
– Masih kurang gegas untuk multitasking
– Jarak antar tombol keyboard terlalu berdekatan

7 komentar

  1. aku malah agy mao beli tuh.
    cz desain.na keren abiz.
    cma netbook ACER ne doang yg ngluarin desain kayax gini. Jempolllll deh wat ACER…

    1. Coba cari lenovo deapad s10-3 spring flowers, keluaran pertama netbook Lenovo dengan desain cantik manis pastinya elegan

  2. Mesmerizing !!!
    mau nabung and “Get it Once Ballon Carnival”
    mo nanya soal Grafis buat Game,web chat,sound,m over all this ultrabook

Back to top button