Salah satu produsen yang dulunya hanya berfokus pada aksesoris komputer, Logitech, saat ini mulai melebarkan sayapnya dengan menghadirkan perlengkapan untuk Tablet PC. Dan salah satunya akan diulas berikut ini. Sebuah wireless headset khusus bagi perangkat iOS seperti iPad dan iPhone yaitu Logitech Wireless Headset.

Logitech Wireless Headset hadir dalam desain sederhana yang trendi dengan bahan plastik. Pada bagian atas earpad, terdapat sebuah engsel untuk melipat bagian earpadnya guna memudahkan saat Anda ingin menyimpan atau mengajaknya bermobilitas.

Berbeda dengan headset kebanyakan, busa earpad pada Logitech Wireless Headset dibuat tidak menempel pada bagian earpad. Hal ini dikarenakan adanya sebuah mikrofon yang dapat dilipat saat tidak digunakan. Mikrofon ini berguna saat Anda melakukan video chat via Skype atau Facetime serta menerima panggilan telepon.

Pada bagian kanan earpad, Anda akan menemukan 2 buah tombol yaitu tombol power, tombol on/off mic, lampu indikator, dan sebuah port microUSB untuk mengisi ulang baterai, sedangkan tombol volume disatukan pada bagian luar earpad. Peletakkan tombol volume pada bagian ini memang tergolong inovatif dan amat memudahkan Anda mengendalikan volume suara tanpa harus melepaskan headset ini dari kepala.

Anda wajib memperhatikan lampu indikator berikut untuk memastikan Logitech Wireless Headset telah terhubung dengan perangkat Anda

Logitech Wireless Headset mengandalkan konektivitas Bluetooth untuk terhubung ke perangkat iOS. Selain untuk perangkat iOS, ternyata headset ini dapat disambungkan ke perangkat lain yang memiliki koneksi Bluetooth seperti misalnya smartphone atau Tablet PC berbasis Android, Blackberry, hingga laptop.

Untuk menghubungkan ke perangkat iOS pertama kalinya, Anda cukup menyalakan Logitech Wireless Headset dan nyalakan Bluetooh pada perangkat iOS. Ketika Logitech Wireless Headset mulai terdeteksi pada perangkat iOS, Anda tinggal menghubungkannya dan Logitech Wireless Headset sudah dapat digunakan.

Nah, bagi Anda yang ingin menghubungkan Logitech Wireless Headset ke perangkat yang lain seperti misalnya smartphone Android atau Blackberry, mungkin Anda akan kebingungan karena perangkat ini tidak terdeteksi. Hal tersebut dikarenakan Logitech Wireless Headset masih menyimpan dan menggunakan profil Bluetooth iOS yang sebelumnya.

Untuk itu, yang harus Anda lakukan adalah membuat profil baru dengan cara menahan tombol on/off mic dan tombol volume (+) secara bersamaan hingga lampu indikator berkedip cepat secara terus menerus. Pada keadaan inilah, Logitech Wireless Headset baru akan terdeteksi dan dapat dihubungkan ke perangkat lainnya. Bagi Anda yang gemar berganti-ganti gadget, kabar baiknya adalah Logitech Wireless Headset dapat menyimpan hingga 8 profil Bluetooth dari 8 perangkat yang berbeda.

Dalam hal performa suara, Logitech Wireless Headset menawarkan kualitas suara yang cukup lumayan dengan dengan paduan vokal dan musik yang seimbang ketika digunakan untuk mendengarkan musik. Kami mencobanya dengan file lagu dengan bitrate 320kbps dan hasilnya cukup oke. Meski dentuman bass yang dihasilkan terasa kurang “nendang”, namun secara keseluruhan kualitas suara pada sektor vokal cukup dapat diandalkan dengan komposisi mid dan treble yang tergolong “sopan” dan tidak menyakitkan telinga pada nada-nada tinggi, membuatnya lebih cocok digunakan bagi Anda pecinta musik bergenre seperti pop, akustik dan rock yang tidak membutuhkan dentuman bass yang dalam.

Suara yang dihasilkan oleh mikrofonnya juga tergolong jernih dan dapat terdengar jelas oleh lawan bicara. Ini berkat teknologi noise-canceling miliknya yang dapat mengurangi suara bising di sekitar penggunanya. Saat menguji daya tahan baterainya, kami menemukan bahwa Logitech Wireless Headset mampu bertahan sekitar 5 jam untuk berbagai keperluan mulai dari mendengarkan musik, menonton video, atau bermain game.

Bagi Anda yang menginginkan sebuah headset wireless yang praktis dan mudah digunakan, Logitech Wireless Headset dapat menjadi pertimbangan. Meski kualitas suara yang ditawarkan tergolong biasa saja, namun kompatibilitasnya dengan seluruh perangkat gadget ber-Bluetooth di luar perangkat iOS seperti iPad, iPhone dan iPod touch patut mendapat pujian. Penggunaannya juga amat mudah dan jelas. Logitech Wireless Headset dapat dimiliki seharga Rp530.000.