Dua tahun terakhir ini, kita dapat dengan mudah menemukan Smart TV di pasaran, yakni pesawat TV dengan kemampuan mengakses internet langsung dari TV dengan memanfaatkan koneksi WiFi (atau kabel LAN). Masalahnya, harga sebuah perangkat TV pintar ini tak ada yang di bawah 5 juta, alias masih tidak terjangkau bagi kebanyakan orang. Padahal sebaliknya, internet saat ini sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang, tua maupun muda, kaya ataupun tidak.

Nah, Bakrie Telecom menghadirkan solusi praktis yang lebih terjangkau bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Lewat sebuah Set Top Box bernama Klik ON, Anda tak perlu membeli laptop untuk dapat menikmati internet di rumah, atau bahkan Smart TV yang harganya selangit itu. Klik ON selain berharga terjangkau, hanya Rp 900 ribu, juga mudah digunakan karena bersifat plug and play serta berisi beberapa konten pendidikan lokal yang baik untuk keluarga.

Rakhmat Junaidi

Hasil riset yang dilakukan oleh BTel, 39 juta konsumen yang memiliki pesawat televisi di rumah belum memiliki perangkat komputer pribadi (PC) berjaringan internet, seperti disampaikan oleh Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Services PT Bakrie Telecom pada peluncuran STB Klik ON di Grand Ballroom Hotel Arya Duta Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (22/3) kemarin.

“Di Indonesia saja, angka penetrasi internet hanya sekitar 6 sampai dengan 7 juta, padahal sama seperti buku, internet juga merupakan jendela dunia. Harga PC yang mahal menjadi penyebabnya, sehingga kebanyakan pengguna internet mengakses internet dari warnet maupun ponsel yang berlayar kecil. Karena itu, Bakrie Telecom berkeinginan untuk membantu agar hambatan tersebut dapat terus didorong dengan membawa internet ke rumah lewat sebuah perangkat yang dapat dihubungkan ke televisi apapun jenis dan mereknya.”

Palembang yang memiliki latar 240.000 pemilik pesawat televisi tanpa PC dan koneksi internet dipilih oleh BTel sebagai kota peluncuran pertama Klik ON. Setelah kota empek-empek itu, Pekanbaru akan menjadi kota berikutnya disusul Padang dan Medan, kota-kota di mana jaringan EVDO Rev.A milik AHA sudah terlayani dengan baik untuk memaksimalisasi koneksi internet Klik ON. Sementara itu, kota-kota di Jawa justru menjadi prioritas kedua di mana Surabaya, Semarang, Bandung dan Jakarta akan mendapat giliran mulai Juni nanti. Total 24 kota pada akhir tahun ini dapat mengakses Klik ON yang memiliki biaya langganan Rp 125 ribu tiap bulannya tersebut.

Klik ON memiliki 4 elemen utama: Set Top Box lengkap dengan 4 port USB dan jack kabel RCA untuk mengubungkan dengan televisi, remote atau kontrol jarak jauh, keyboard wireless yang dilengkapi dengan tombol akses langsung ke Google, YouTube, Facebook dan Twitter, serta modem berteknologi EVDO Rev.A yang memiliki kecepatan maksimum unduh hingga 3.1Mbps.

Selain menawarkan internet secara umum, konten-konten lokal seperti video-video pendidikan hingga hiburan dan tips kecantikan, bisa Anda dapatkan di dalamnya. Sayang, saat kami mencoba langsung perangkat ini, satu kelemahan mendasar masih kami temukan, yakni belum tersedianya opsi multitab saat Anda membuka laman internet.

Dua orang pengunjung sedang mengakses internet menggunakan Klik ON dari televisi tabung (CRT)

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyaksikan video presentasi produk oleh Ajay Mathur, Business Head PT Bakrie Telecom dan selayang pandang STB Klik ON berikut ini.

Presentasi Produk Klik ON

Selayang Pandang STB Klik ON