Sony XPERIA P & XPERIA U: Duet Gingerbread dengan Reality Display

Sony Mobile Communications telah mengumumkan 2 seri smartphone Android terbaru mereka, yang masih menggunakan Android versi 2.3 alias Gingerbread. Apakah ini berarti Xperia P dan U, nama kedua seri tersebut, dibuat sebelum mereka mengumumkan secara resmi akuisisi 100% atas Ericsson? Bisa jadi. Yang pasti, Sony menjanjikan ketersediaan update ke ICS pada kuartal kedua tahun ini juga.

Sony Xperia P membawa layar 4 inci sebagai “jendela” pengguna, beresolusi qHD 540×960 pixel dengan dukungan teknologi Reality Display. Prosesor dual core 1GHz telah ditanamkan untuk menunjang kinerja berbagai fitur di dalamnya, termasuk kamera 8MP yang dapat merekam video Full HD 1080p serta merekam foto panorama 2D/3D.

Sony tidak menyediakan slot microSD atau memori eksternal lainnya pada smartphone ini. Untungnya, Xperia P sudah menyediakan ruang sebesar 16GB untuk penyimpanan datanya. Spesifikasi lain seperti Bluetooth, WiFi, HDMI dan DNLA tentu tak lupa pula untuk dihadirkan.

Bersamaan dengan seri P, Sony juga memperkenalkan Xperia U dalam menyambut Mobile World Congress 2012 ini. Sejatinya, seri P dan U tersebut masuk dalam rangkaian Xperia NXT Sony bersama dengan Xperia S. Nantinya jika ketiga ponsel ini disejajarkan akan membentuk seperti anak tangga di mana Xperia S yang paling tinggi, P di tengah dan U yang paling pendek, seperti dapat Anda lihat pada galeri gambar di bawah.

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, Xperia U juga masih menggunakan Gingerbread sebagai OS dengan layar 3.5 inci Reality Display dengaan resolusi 480×854 pixel. Prosesor dual-core dengan clock speed 1GHz yang digunakan juga identik dengan seri P di atas, dengan RAM 512MB.

Perbedaan terletak pada kemampuan multimedia. Kamera yang dibawa Xperia U “masih” beresolusi 5MP dengan kemampuan rekam video yang diturunkan menjadi 720p. Kamera depan untuk keperluan video chat juga hanya 0.3MP. Sektor memori juga mengalami penurunan, dengan kapasitas 8GB untuk keperluan simpan data dan fitur microSD slot yang absen.

Kedua smartphone ini akan hadir ada kuartal kedua tahun ini dengan ketidaktersediannya informasi mengenai harga. Tapi seperti biasa kami akan melakukan “hitung-hitungan” dengan desain dan spesifikasinya. Untuk kali ini, Sony Xperia P kami prediksi akan dilepas dengan harga Rp 3,5 jutaan sedangkan Xperia U di kisaran Rp 2,5 jutaan.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.