Peluncuran Seagate GoFlex Satellite: Penyimpanan Mobile Berbasis WiFi

Saat ini, era tablet & smartphone makin terasa dengan banyaknya pengguna kedua device tersebut, sejalan dengan beragamnya pilihan dari semua tingkat harga. Berbaga smartphone & tablet sudah tersedia dengan kapasitas tinggi – hingga 64GB – namun entah mengapa kapasitas tersebut tidak pernah terasa cukup, terutama untuk menyimpan video-video HD yang berukuran cukup besar itu.

Nah, produsen memori Seagate, pada hari Kamis (23/2) ini meluncurkan produk terbaru mereka, Seagate GoFlex Satellite. Perangkat penyimpanan berbasis WiFi tersebut memiliki kapasitas hingga 500GB dan beroperasi menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Anda tinggal menyambungkan GoFlex serta perangkat Anda dengan WiFi, lalu lewat aplikasi GoFlex Media App yang dapat diunduh gratis di Android Market maupun iTunes/Apple App Store, maka Anda sudah dapat memiliki kapasitas memori yang jauh lebih besar (dan dapat Anda bawa ke manapun!).

BanSeng Teh

BanSeng Teh, Wakil Presiden Senior dan Manajer Pelaksana Seagate Technology Asia Pasifik & Jepang, memberikan keterangan pers pada acara peluncuran yang berlangsung di Bistro Boulevard, Jakarta, tersebut.

Penyimpanan adalah hal yang paling penting dalam komputasi saat ini. Karena di sana terdapat konten yang dikonsumsi dengan jumlah yang terus meningkat – megabyte, gigabyte, terabyte, hingga zettabyte di masa mendatang, di mana zettabyte sama dengan 1 milyar terabyte. Dengan tren penggunaan smartphone dan tablet yang terus meningkat saat ini, maka kami dengan bangga meluncurkan Seagate GoFlex Satellite sebagai solusi penyimpanan mobile pertama di dunia, yang mampu diakses oleh banyak device dalam waktu bersamaan.”

Sebagai pendamping bagi perangkat bergerak, GoFlex Satellite sanggup menyajikan berjam-jam hiburan untuk lebih dari tiga koneksi. Dengan waktu stand-by hingga 25 jam, baterai Polimer Lithium-nya kuat bertahan hingga 5 jam untuk video streaming terus-menerus. Untuk menambah daya baterai, aplikasi gratis GoFlex Media App menyajikan fitur download progresif, yang secara sementara memuat video yang di-streaming ke perangkat Android, kemudian memungkinkan drive memasuki mode stand-by untuk menghemat daya.

Streaming di Internet telah memperkaya akses video untuk pemilik tablet, namun kualitasnya tergantung dari koneksi internet, baik melalui Wi-Fi atau 3G/4G. Dengan lebih banyak perangkat yang terkoneksi untuk setiap hotspot, seringkali menjadi sulit untuk menonton video tanpa terpotong-potong atau tampilan yang pecah. Dengan tidak mengandalkan stream yang tertahan dari provider yang jauh, penyimpanan mobile GoFlex Satellite secara nirkabel menyimpan konten media secara lokal dan bisa menyajikannya kepada tiga perangkat secara bersamaan.

GoFlex Media App
Aplikasi pendukung perangkat ini tersedia untuk device Apple iOS seperti iPad, iPhone dan iPod Touch serta berbagai device Android. Aplikasi ini menyajikan cara bebas hambatan untuk menghubungkan GoFlex ke perangkat mobile Anda. Bahkan tak hanya smartphone serta tablet, pengguna laptop pun dapat ikut menikmati fasilitas ini lewat peramban web.

Sementara itu terdapat pula Media Sync Software yang mudah digunakan, disertakan gratis saat pembelian. Perangkat lunak ini membuat pengambilan media dari komputer Windows PC atau Mac OS X menjadi lebih mudah. Di manapun file disimpan, baik itu dalam struktur file ciptaan sendiri atau dalam iTunes library, Media Sync Software akan memuat semua pilihan musik, video, foto dan dokumen ke dalam drive GoFlex Satellite. Media Sync bisa dengan mudah dikonfigurasikan untuk hanya mengambil file yang sesuai dengan iOS atau perangkat Android Anda. Bahkan musik dan video yang dibeli melalui iTunes bisa dimuat ke drive GoFlex Satellite dan akan bisa dimainkan pada semua perangkat yang sudah tersahkan.

Untuk memuat konten media lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan kabel USB 3.0 dari komputer ke drive GoFlex Satellite yang dilindungi garansi terbatas selama 3 tahun tersebut. Tambahan lainnya adalah charger untuk di mobil dan charger untuk konektor listrik di tembok. Harga dari perangkat yang juga digunakan pleh aktor, sineas sekaligus produser muda Dennis Adhiswara ini sekitar Rp 1,8 juta ($199), yang bisa didapatkan di sini.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.