Apakah Anda pernah merasa gatal ingin mengedit dan menambahkan sesuatu pada foto profil Facebook Anda? Saya rasa cukup banyak dari kita yang pernah merasakan hal tersebut. Seringkali yang kita lakukan adalah membuka foto asli hasil jepretan kamera di software photo editing favorit kita, mengeditnya sedemikian rupa, kemudian menguploadnya kembali ke Facebook.

Memang hasilnya memuaskan, namun untuk mengedit sekian banyak foto memerlukan waktu yang lama, apalagi setelah itu Anda masih harus meng-upload foto tersebut ke Facebook. Repot sekali! Nah, kami mempunyai tips untuk mengedit dan mengupload foto Facebook dengan cara yang lebih mudah dan cepat, menggunakan aplikasi online gratisan. Ya, aplikasi online gratis!

Mungkin sebagian dari Anda ada yang berpikir aplikasi-aplikasi tersebut kurang canggih. Jangan salah, walau aplikasi tersebut memang tidak sehebat aplikasi offline seperti Photoshop, banyak juga yang telah memiliki alat bantu serta efek-efek yang hebat. Namun dari sekian banyak aplikasi photo editing online yang gratis, kami memilih FotoFlexer karena kemudahan dan kemampuannya sangat mencukupi.

Simak langkah-langkah untuk mengedit foto Facebook Anda dengan cepat dan mudah, berikut ini:

1. Buka browser Anda dan ketik fotoflexer.com. Lalu pilih Facebook di sebelah kanan atas.

2. Di kolom Edit Photos From, sekali lagi kita pilih Facebook dan kemudian klik Connect to Facebook. Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi pengunaan aplikasi ini di Facebook. Ijinkan aplikasi ini untuk dapat menggunakannya.

3. Kembali ke halaman sebelumnya, klik Ok, lalu foto-foto Anda akan tampil untuk dipilih. Kita dapat memilih foto dari tiap album yang kita miliki, bahkan kita bisa mengedit foto teman kita.

4. Setelah dipilih, Fotoflexer akan membawa kita ke halaman untuk editing. Terdapat beberapa tab yang dapat kita pilih. Namun karena jumlahnya sangat banyak, saya tidak dapat menjelaskannya satu-satu. Untuk contoh tips kali ini saya meggunakan efek Lomoish dari tab Effects, menambahkan Text serta membingkainya dengan Border dari tab Decorate. Semuanya dapat diatur sesuai dengan selera Anda. Setelah puas mengedit foto, klik Save yang terletak di kiri atas halaman.

5. Kita akan disuguhkan pilihan untuk menyimpannya di komputer atau di tempat lain. Tentunya kita pilih Facebook kembali, klik Connect to Facebook dan klik Ok.

6. Fotoflexer akan menawarkan kita untuk memilih di album mana foto ini akan disimpan. Anda juga dapat memberikan Caption dan Tag secara langsung. Setelah selesai, tekan Save and Confirm Now, kemudian tekan Approve di halaman Facebook yang muncul.

7. Selesai! Foto Anda telah diupload ke Facebook tanpa harus melewati proses yang lebih rumit. Selamat mencoba ya!