Demam Tablet PC yang sedang melanda Indonesia, membuat setiap produsen berlomba-lomba merilis Tablet PC unggulan mereka. Salah satunya yang singgah di kantor redaksi YANGCANGGIH adalah Samsung Galaxy Tab 7.0 plus yang hadir sebagai generasi penerus dari Tablet PC 7-inci keluaran Samsung.

[tab: Konsep dan Desain]


Dari segi desain, Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus dikemas dalam desain body yang lebih ramping dibandingkan Samsung Galaxy Tab 7.0 versi orisinil. Konsep desain Galaxy Tab 7.0 Plus lebih mengikuti desain Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Samsung Galaxy Tab 8.9.

Layarnya berukuran 7-inci dengan resolusi 1024×600 pixel yang rapat dan tajam saat menampilkan teks dan gambar. Meski tidak dilengkapi teknologi layar AMOLED atau SAMOLED andalan Samsung, namun layar tersebut cukup terang dan mampu menyajikan warna yang baik. Hanya saja, ketika digunakan dibawah terik matahari, tingkat kecerahan layarnya menjadi sedikit turun dan mengakibatkan tampilan di layar tersebut menjadi agak sulit dibaca.

Di bagian atas layarnya, Anda akan menemukan sebuah kamera 2 megapixel yang dapat digunakan untuk video chat atau foto diri.

Bagian atas terdapat port audio jack 3.5mm untuk menghubungkannya ke headphone atau perangkat audio lain.

Di samping kanan terdapat tombol power dan tombol pengatur volume suara.

Samping kiri, terdapat slot microSD dan slot kartu SIM. Yang perlu diperhatikan adalah posisi kartu SIM saat dimasukkan. Jika terbalik, maka SIM card tidak akan masuk sepenuhnya. Walaupun salah posisi, SIM card akan dapat diambil lagi dengan mudah.

Di bagian bawah, Anda akan menemukan speaker internal, port koneksi dan mic. Sayangnya, port koneksinya mengandalkan 30-pin konektor yang hanya ditemukan di perangkat Samsung. Jadi jangan sampai hilang ya kabelnya.

[tab: Fitur dan Performa]

Fitur
Samsung Galaxy Tab 7.0 plus hadir mengusung OS Honeycomb 3.2 yang digabungkan dengan interface TouchWiz seperti Tablet PC Samsung lainnya.

Pada bagian bawah kiri Anda masih dapat menemukan icon untuk bernavigasi seperti back, home, multitasking dan screen capture.

Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus juga sudah dilengkapi Mini Apps. Fitur ini merupakan kumpulan beberapa aplikasi penting yang sering digunakan seperti Phone, Messaging, Task manager, Pen memo, Calendar, Music player, Calculator dan Clock. Yang membedakannya dengan aplikasi biasa, kebanyakan aplikasi di Mini Apps hanya berupa pop-up yang dapat diakses dengan cepat. Jadi Anda tidak perlu “berburu” ikon di menu hanya untuk menyetel weker atau menulis catatan singkat.

 

Dalam hal aplikasi, Samsung Galaxy Tab 7.0 plus juga telah hadir dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang telah tersedia seperti di Tablet PC Samsung lain diantaranya, Social hub, Music hub, Allshare, My Files dan Polaris Office. Untuk Music Hub, sementara belum dapat digunakan di Indonesia.

Browsing Internet di Galaxy Tab 7.0 Plus juga menyenangkan, apalagi bagi mereka yang sering mengeluhkan mungilnya layar smartphone. Situs web yang terbuka dengan penuh akan membuat Anda serasa menjelajah Internet di komputer biasa. Apalagi Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus memiliki layar PLS dengan resolusi 1024×600 pixel yang tajam. Resolusi ini setara dengan resolusi layar netbook yang biasanya dikemas dalam layar 10,1 atau 11,6 inci. Jadi jika ingin dibandingkan (walaupun jenis produk yang berbeda), kepadatan pixel yang sama dikemas dalam layar berukuran lebih kecil menjadikan tampilan gambar dan teks di Galaxy Tab 7.0 Plus lebih tajam dibandingkan layar netbook. Sudut pandang dari samping juga cukup baik, walaupun pada sudut yang terlalu ekstrim akan terjadi penyimpangan warna. Secara keseluruhan, layar Galaxy Tab 7.0 Plus amat baik dan di atas tablet PC sekelasnya.

Performa

Dipersenjatai dengan chipset Exynos, prosesor Dual Core Cortex A9 1.2GHz, dan GPU Mali-400MP membuat Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus memiliki performa cukup baik saat menangani kebutuhan multitasking. Namun perlu diingat, performanya akan sedikit menurun jika mulai terlalu banyak aplikasi yang dibuka dalam waktu lama secara bersamaan. Solusi untuk mengatasinya, jika sudah mulai terasa lag, Anda dapat menuju tab multitasking dan menutup aplikasi lain yang sedang tidak digunakan. Untuk Hasil benchmark performanya dapat Anda lihat dibawah ini.

Tidak hanya untuk kebutuhan kerja saja, Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus juga dapat diandalkan untuk bermain game. Dengan prosesor dan GPU yang diusungnya tersebut bermain game yang memerlukan performa grafis ekstra tidak menjadi masalah bagi Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus.

Kamera

Meski kamera Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus hanya sebesar 3 megapixel, namun kameranya tersebut cukup baik untuk sekedar digunakan untuk mengambil foto dan video. Pasalnya untuk mengambil foto di dalam maupun luar ruangan, warna yang dihasilkan terbilang cukup baik dengan akurasi warna yang relatif akurat dibandingkan dengan Tablet PC lain yang bersensor lebih besar namun menghasilkan gambar dengan tonal warna yang berbeda dengan aslinya.

Telephony

Masih sama dengan Samsung Galaxy Tab 7 versi awal, Tablet penerusnya ini juga dilengkapi dengan fitur telepon dan SMS. Perangkat ini dapat bekerja pada jaringan 3G HSDPA untuk akses data yang cepat dan tersedia juga koneksi Wi-Fi yang dapat dimanfaatkan untuk membuatnya terhubung di area hotspot. Menelpon dengan Galaxy Tab 7.0 Plus menimbulkan dilema tersendiri. Jika cukup percaya diri, Anda bisa menempelkan pipi ke Tab 7.0 Plus. Kami tetap merekomendasikan Anda menggunakan headset jika menelpon.

[tab: Kesimpulan]

Sebagai sebuah tablet berukuran 7-inci, Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus boleh dibilang tergolong serba bisa berkat fitur telefoni yang disertakan. Untuk mencukupi kebutuhan multimedia dan kerja sehari-hari, Samsung Galaxy Tab 7.0 plus masih dapat diandalkan dan dijadikan teman kerja Anda saat bermobilitas dan cocok bagi Anda yang baru ingin memiliki sebuah Tablet PC namun mempertimbangkan banyak hal seperti fitur, performa dan harga. Jika perubahan desain dan peningkatan kinerja belum cukup membujuk Anda yang masih sayang dengan Galaxy Tab 7 versi awal, setidaknya dukungan sistem operasi Android Honeycomb layak Anda pertimbangkan secara serius. Pengalaman kami menggunakan sistem operasi Froyo atau Gingerbread di Tablet membuat kami menarik kesimpulan bahwa Tablet PC Android memang lebih nyaman dan fungsional saat menggunakan sistem operasi Honeycomb. Dengan harga yang mencapai Rp 5,5 juta, Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus menggabungkan kecanggihan Tablet dan kepraktisan smartphone, sehingga memberikan solusi bagi Anda yang malas membawa Tablet dan smartphone tapi juga jarang menggunakan fasilitas telepon. Singkatnya, inilah salah satu Tablet PC berbasis Android terbaik saat ini.

Spesifikasi lengkap Galaxy Tab 7.0 Plus dapat dilihat di sini.
 

[tab:Galeri Foto]

20111219_111455

20111219_092203

20111219_063428

20111219_063114

20111219_062817

20111219_062805

20111219_062518

20111219_062508

20111219_042937