Inovasi Sony menghadirkan kamera berteknologi translucent mirror (SLT) ternyata mampu memberikan angin segar di dunia fotografi. Pasalnya dengan teknologi ini, Sony berhasil menghadirkan kamera berkecepatan tinggi dengan harga yang relatif terjangkau. Yangcanggih sedang kedatangan “tamu” sebuah kamera SLT terbaru dari Sony yaitu Alpha SLT A65. Model terbaru ini merupakan penerus kamera SLT Sony generasi pertama seperti Sony Alpha SLT A33 dan SLT A55.

[tab:Konsep dan Desain]

Sony Alpha SLT A65 hadir dengan body yang kokoh dengan desain grip yang sangat nyaman digenggaman tangan. Pada bagian gripnya terdapat tombol putar untuk mengatur kecepatan (S) dan diafragma.

Pada bagian atas, terdapat sebuah jog dial untuk mode kamera, hotshoe untuk flash, tombol finder/LCD, tombol ISO, tombol Exposure Composition dan tombol on/off.

Bagian belakangnya terdapat sebuah layar LCD sebesar 3-inci yang dapat diatur sudutnya. Kualitas layarnya amat baik, dan kemampuan putarnya dapat menjadi solusi saat menggunakan LiveView di bawah pancaran sinar matahari.

Di sebelah kanan atas layar, terdapat tombol movie, tombol AEL (AV) untuk mengunci eksposur. Jika digunakan pada mode manual tombol ini juga akan berfungsi sebagai pengatur diafragma, serta tombol zoom untuk memperbesar saat melihat gambar. Tersedia juga tombol Fn yang berguna untuk masuk ke menu pengaturan kamera, dan tombol lain seperti display, WB, picture effect, drive mode, AF, play, dan trash.

Meski dilengkapi dengan banyak tombol pengaturan, semua tombol tersebut diletakkan pada posisi yang sangat pas dengan ukuran yang cukup nyaman dan sangat mudah dijangkau oleh jari tangan sehingga Anda dapat melakukan pengaturan kamera ini dengan lebih cepat dan mudah.

Pada bagian samping kanan tersedia sebuah slot kartu memori yang dapat menggunakan kartu memori MSDuo Pro atau kartu memori SD dan bagian kiri body terdapat berbagai port konektivitas seperti remote, DC in, Mic, HDMI, USB dan GPS.

Pada bagian bawah terdapat slot baterai dan dudukan Tripod.

[tab:Fitur dan Performa]

Fitur

Sony Alpa SLT A65 dilengkapi dengan viewfinder elektronik bertekenologi OLED yang cukup nyaman digunakan. Bagi yang belum terbiasa dengan sistem viewfinder elektronik ini, mode live view pada layar LCD dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda dalam mengambil gambar.

Masih sama dengan Sony Alpa SLT A55, Sony Alpha SLT A65 juga hadir dengan sensor AF 15 titik yang dapat dioptimalkan untuk menentukan area fokus pada objek yang akan Anda bidik. Selain itu kamera ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto lebih baik seperti adanya fitur Smile Shutter, Face Detection, Object tracking.

DSC00306

Untuk mengasah kreativitas Anda, Sony Alpha SLT A65 juga hadir dengan fitur Creative Style yang mencakup opsi standard, vivid, portrait, landscape, sunset, dan B&W serta fitur Picture Effect yang terdiri dari toycamera, pop color, posterization B/W, retro photo, soft-high key, partial color,high contrast, soft focus, HDR Painting, rich tone mono dan efek miniatur (Contoh pada gambar diatas).

DSC00470

Tidak hanya itu saja fitur sweep panorama dan 3D sweep panorama juga masih dapat Anda temukan pada kamera ini.

Performa

Sony Alpha SLT A65 dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS 24.3 megapixel dan chip prosesor BIONZ andalan Sony untuk membantunya mengolah gambar. Dengan teknologi Translucent Mirror yang diusungnya ini, Sony Alpha SLT A65 menawarkan kecepatan memotret secara continuous hingga 10 frame per detik dan dapat digunakan untuk merekam video berkualitas Full HD 1080p.

Opsi ISO yang ditawarkan juga cukup lengkap, dengan pilihan ISO dari ISO 100 hingga 16000 yang patut mendapat pujian. Dari hasil ujicoba ISO yang kami lakukan, noise baru mulai terlihat pada ISO 12800 hingga 16000.

ISO test Sony Alpha A65

Anda juga akan menemukan opsi ISO Auto (Multi frame Noise Reduction) yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar di tempat yang sangat minim cahaya dengan tingkat noise yang minim. Dengan Multi Frame Noise Reduction kamera akan mengambil 6 gambar secara continuous dan menyatukannya menjadi satu hasil foto dengan tingkat noise yang cukup minim.

Dengan Multi frame Noise Reduction

dengan multiframe noise reduction

Pengujian hasil foto Sony Aplha SLT A65 dilakukan dengan lensa standar Sony 18-55mm. Kolaborasi body dan lensanya ini dapat diandalkan untuk menghasilkan foto yang cukup tajam dengan tonal warna yang akurat baik di dalam atau luar ruangan. Performa foto dalam ruangannya juga patut mendapat pujian dengan tingkat noise yang cukup minim dan tone warna yang akurat pada ISO tinggi. Hasil foto lebih lengkap dapat Anda lihat pada bagian gallery.

[tab: Kesimpulan]

Performa continuous shoot 10 fps pada resolusi penuh 24.3 megapixel merupakan nilai jual tersendiri dari kamera ini. Performa yang cepat, tingkat noise yang minim pada ISO tinggi serta kemampuan merekam video dalam format full HD 1080p, membuat Sony Alpha SLT A65 dapat diandalkan sebagai kamera untuk menemani seluruh kegiatan liburan Anda.

Hasil foto yang ditawarkan juga cukup tajam dengan akurasi dan saturasi warna yang akurat. Fitur-fitur yang tersedia cukup lengkap dan dapat diandalkan untuk berkreativitas dan mengasah kemampuan fotografi Anda. Dengan harga sekitar Rp 10.899.000 beserta lensa kit 18-55mm, Sony Alpha SLT A65 layak dimiliki bagi Anda yang mendambakan sebuah kamera dengan continuous shoot yang cepat dalam resolusi besar.

Plus:
- Body kokoh dan desain hand grip yang sangat nyaman digenggam
- Menggunakan sistem elektronik viewfinder menggantikan viewfinder konvensional
- Continuos Shot 10fps pada resolusi penuh 24.3 megapixel
- merekam video dalam kualitas Full HD 1080p

Minus:
- Tombol Pengoperasian yang cukup banyak
- Body terbuat dari plastik

[tab:gallery]

DSC00416

DSC00463

DSC00459

DSC00453

DSC00452

DSC00447

DSC00446

DSC00398

DSC00292

DSC00286

DSC00284