tap izy Telkomsel Tap Izy: Beli Tiket Hingga Beras dengan Ponsel news

Pernah mendengar Tap Izy? Inovasi produk SIM card yang telah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) ini sudah diperkenalkan oleh Telkomsel sejak akhir tahun lalu. Nah, salah satu pengaplikasiannya dimulai lewat kerja sama dengan PT.Kereta Api Indonesia (KAI). Peluncuran yang dilakukan oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dan Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito, serta General Manager Sales and Customer Service Jawa Tengah & DIY, Andi Kristianto tersebut dilakukan di Stasiun Tugu, Yogyakarta, dengan menyasar pengguna KA Prameks (Prambanan Ekspress) relasi Surakarta–Yogyakarta–Kutoarjo PP.

tap izy prameks Telkomsel Tap Izy: Beli Tiket Hingga Beras dengan Ponsel news

Hanya dengan malukan tapping ponsel kepada mesin Tap Izy, transaksi pembelian tiket sudah terjadi. Mirip dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Tidak perlu repot lagi menggunakan uang kertas atau menunggu uang kembalian. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Chip dan antena yang tertanam pada SIM card memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menyentuhkan ponsel ke alat pembaca (reader) yang terdapat pada mesin Electronic Data Capture (EDC) Tap-Izy di kasir. Layanan Tap-Izy yang didukung teknologi RFID merupakan pengembangan dari layanan mobile wallet T-Cash yang memanfaatkan SMS sebagai basis layanannya. Wimbo mengungkapkan bahwa layanan ini semakin memodernisasi kereta api, bahkan mendahului layanan pembelian tiket pesawat kereta api.

“Usaha ini adalah untuk memodernkan perkeretaapian di Indonesia, dan metode bekerjanya tidak jadul lagi. Cara pembayaran dengan ponsel seperti ini mengalahkan cara pembayaran pada penerbangan, karena belum ada maskapai penerbangan yang menerapkan pembayaran dengan metode Tap Izy. Inilah usaha kami untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan.”

Promo Tap Izy di Alfamart Telkomsel Tap Izy: Beli Tiket Hingga Beras dengan Ponsel news

Tak hanya tiket kereta api, Telkomsel juga melakukan kerja sama lain seperti dengan Alfamart seperti nampak pada gambar di atas. Ke depannya, berbagai promosi menarik dan memudahkan siap Anda nikmati dengan kartu khusus Tap-Izy ini. Untuk ikut menikmatinya, Anda bisa membeli perdana simPATI baru atau melakukan upgrade simPATI/kartuHALO Anda di Gerai HALO.