Konsep smartphone dan tablet saat ini memang mengandalkan sentuhan lembut jari Anda sebagai metode input utama. Tapi bagi sebagian pengguna, input yang lebih presisi hanya dapat dicapai menggunakan stlus. Nah, Samsung membangkitkan kembali konsep pena stylus pada smartphone/tablet terbaru mereka, Samsung Galaxy Note.

Konsep dan Desain

Ukuran layar smartphone paling populer sekarang adalah 4.3-inci, namun Samsung menghadirkan Galaxy Note dengan ukuran 5.3-inci. Memang Samsung bukanlah yang pertama menghadirkan smartphone berukuran layar 5-inci (Dell Streak merupakan yang pertama), tapi setidaknya Galaxy Note tampil lebih tipis sehingga lebih nyaman saat disimpan dalam saku celana sekalipun. Terdapat dua pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Layarnya sendiri merupakan layar sentuh kapasitif Super Amoled dengan tingkat kerapatan 800×1280 pixel, sangat tajam untuk menampilkan gambar-gambar dengan tingkat kontras dan saturasi warna yang akurat. Anda juga akan menemukan sebuah kamera beresolusi 2 megapixel di bagian atas layar.

Pada sisi atasnya, Anda akan menemukan port jack audio 3.5mm. Sedangkan di bagian bawah, terdapat slot untuk menyimpan stylus dan sebuah port micro USB.

Pada bagian samping kiri, terdapat tombol pengaturan suara. Di sebelah kanan, terdapat tombol power.

Sedangkan pada bagian belakangnya, tersedia sebuah kamera 8 megapixel yang ditemani oleh sebuah LED flash.

Dan di balik penutup covernya yang tipis, Anda akan menemukan sebuah baterai, kartu slot untuk microSD card dan slot kartu SIM. Sayangnya Anda harus melepas baterai untuk memasukkan microSD. Penutup baterainya sendiri cukup tipis dan harus ditangani dengan hati-hati jika tidak ingin patah.

Performa

Interface
Mengusung sistem operasi android gingerbread 2.3.5, Samsung Galaxy Note hadir dengan interface Samsung TouchWiz 4.0. Anda masih akan menemukan berbagai aplikasi yang menjadi andalan smartphone Android Samsung seperti Allshare, Samsung Apps, Social hub, Readers hub, dll.

Kinerja

Samsung Galaxy Note hadir dengan chipset Exynos yang ditenagai oleh dual core prosesor ARM Cortex-A9 berkecepatan 1.4 GHz. Saat diuji dalam hal multitasking dan menjalankan aplikasi yang berat, Samsung Galaxy Note berhasil menjalankannya dengan sempurna dan tanpa masalah.

Performanya dapat Anda lihat dari hasil test benchmark berikut ini:


Performa Kamera

Hadir dengan kamera beresolusi 8 megapixel membuat Samsung Galaxy Note sangat menyenangkan untuk diajak berpergian. Pasalnya, hasil bidikan dari Samsung Galaxy tergolong amat baik, untuk di dalam maupun di luar ruangan. Anda bisa menilai sendiri hasil fotonya yang kami tulis di artikel terpisah di sini.

Tidak hanya hasil fotonya saja, hasil video dari Samsung Galaxy Note juga tergolong amat baik untuk sebuah smartphone. Samsung Galaxy Note dapat menghasilkan video dengan akurasi warna yang akurat, namun sayangnya sistem autofocus pada kamera saat pengambilan video seringkali menjadi hambatan karena kamera butuh waktu sesaat untuk menyesuaikan fokus.

Multimedia

Dengan kemampuan prosesor yang sangat mumpuni tersebut, Samsung Galaxy Note dapat memutar file-file multimedia berformat HD dengan mudahnya. Anda dapat menikmati film-film berformat HD dengan tampilan visual yang sangat baik lewat layarnya tersebut.

Sedangkan untuk performa audio, Samsung Galaxy Note dapat menghasilkan suara yang cukup baik melalui speakernya dan untuk lebih memaksimalkan performa audionya, tersedia juga opsi pengaturan equalizer secara manual maupun melalui preset-preset yang terlah tersedia.

Jika Anda kerap mendengarkan musik dengan headphone, tersedia juga opsi pilihan 5.1 surround sound yang cukup terasa peningkatan suaranya baik pada saat menonton film atau mendengarkan musik.

Performa Baterai
Masalah yang paling menghantui para pengguna smartphone Android adalah baterai yang boros. Oleh karena itu Samsung melengkapinya dengan baterai Li-ion berkapasitas 2500 mAh. Pada saat pengujian penggunaan sehari-hari untuk berakitvitas, baterai Samsung Galaxy Note tergolong tangguh dan dapat bertahan hingga sekitar satu hari dengan penggunaan untuk browsing, push mail, serta chat via skype dan whats app messenger.

Baterainya tersebut juga dapat lebih dipotimalkan dengan berbagai trik misalnya menurunkan tingkat brightness layarnya menjadi seminimal mungkin dan menggunakan jaringan Wi-Fi apabila Anda berada area hotspot.

Fitur

Ada satu fitur unggulan Samsung Galaxy Note yang tidak dimiliki smartphone Android lain yaitu S-Pen. Sebuah pen stylus khusus yang memiliki banyak fungsi. S-Pen dapat digunakan tidak hanya untuk menavigasi menu atau aplikasi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai tugas seperti menulis tangan, menggambar sketsa, mengedit foto dan video, hingga menggambil screen capture dengan cara yang mudah.

Samsung memasukkan beberapa aplikasi menarik untuk Galaxy Note, seperti aplikasi untuk mengedit foto dan video dengan berbagai fitur berguna. Bagi yang ingin menggunakan Galaxy Note untuk bekerja, Samsung menyediakan ezPDF Reader gratis. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengedit file PDF termasuk menambahkan catatan atau tanda tangan pada dokumen PDF.


Di samping aplikasi-aplikasi standar Samsung, Samsung Galaxy Note hadir dilengkapi dengan berbagai aplikasi yang mungkin tidak akan Anda temukan di perangkat Android Samsung yang lain seperti S-memo, S-Planner, dan S-Choice.


S-Memo

S-Memo merupakan aplikasi yang dapat digunakan menggunakan S-Pen. Dengan S-Memo Anda dapat membuat berbagai catatan lengkap dengan gambar, goresan tangan, atau bisa juga menyisipkan rekaman suara dalam satu tampilannya.

S-Planner

S-Planner merupakan aplikasi pengatur jadwal khusus untuk Galaxy Note. Dengan S-Planner, Galaxy Note seakan berubah menjadi asisten pribadi yang handal. Interface yang mudah dimengerti dan rapi membuatnya lebih baik dibanding aplikasi calendar standar Android. Dan dengan fitur reminder yang ada, Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengingat jadwal pertemuan dengan rekan kerja.

S-Choice

S-Choice adalah sebuah toko aplikasi yang berisi aplikasi-aplikasi khusus untuk Samsung Galaxy Note. Di dalam S-Choice, Anda akan menemukan kumpulan aplikasi yang dirancang khusus untuk Galaxy Note seperti OmniSketch dan Zen Brush. Juga terdapat beberapa aplikasi lain yang menarik seperti SketchBook MX dan ezPDF Reader.

Hasil Gambar menggunakan S-Pen dan aplikasi Omni Sketch

Pada test yang saya lakukan, saya menggunakan aplikasi OmniSketch untuk menggambar sketsa. Saat menggambar dengan S-Pen pada Samsung Galaxy Note, saya tidak menemukan masalah yang berarti. S-Pen cukup responsif dalam menerjemahkan setiap goresan tangan saya di layar Note dan memang perangkat ini sangat cocok bagi Anda yang gemar menggambar illustrasi atau sering menggambar sketsa. Walaupun responsif, Note tidak dirancang untuk digunakan seperti menggambar sketsa dengan pensil atau pena biasa. Ada sedikit jeda, namun tidak terlalu mengganggu mengingat semua goresan akan dapat ditampilkan dengan baik.

Hasil tulisan menggunakan aplikasi Zen Brush

Bagi penggemar kaligrafi, akan menyukai aplikasi Zen Brush. Aplikasi ini cukup menarik mengingat opsi pilihan kuas yang disediakan ditambah dengan opsi pengaturan tekanan kuas membuatnya sangat enak untuk menulis huruf kanji. Juga terdapat pilihan kertas serta opsi untuk menyimpan hasil goresan kuas Anda menjadi gambar.

Ukuran layar 5 inci menjadikan membaca suatu aktivitas yang menyenangkan di Samsung Galaxy Note. Anda dapat memanfaatkan aplikasi Readers Hub untuk membeli dan membaca koran, majalah, serta buku digital. Kami juga mencoba aplikasi Pulse untuk membaca berita melalui RSS dan pengalamannya cukup menyenangkan. Sekali lagi, ini berkat layar 5 incinya yang memberi ruang lebih dibanding kebanyakan smartphone Android.

Kesimpulan

Ukuran layar 5,3 inci tergolong unik. Dengan ukuran layarnya ini, Samsung Galaxy Note seakan berdiri di tengah-tengah antara smartphone dan tablet. Namun bagi Anda yang membutuhkan tablet sekaligus smartphone, akan sangat terbantu dengan Galaxy Note yang mampu mewakili kedua gadget tersebut. Tambahan S-Pen yang unik juga cukup membantu bagi sebagian pengguna yang membutuhkan input lebih presisi. S-Pen sangat baik untuk digunakan untuk menggambar atau sekedar untuk menulis catatan kecil.

Ditunjang berbagai kelebihan lain, seperti layar Super AMOLED yang sangat tajam, kinerja cepat, serta beberapa aplikasi khususnya, Samsung Galaxy Note layak untuk dimiliki bagi Anda yang mengincar sebuah smartphone dengan kemampuan setara Tablet PC. Jika tidak keberatan dengan harganya yang cukup premium, Samsung Galaxy Note amat ideal bagi para eksekutif dan pekerja mobile yang membutuhkan kinerja handal dan tidak ingin direpotkan membawa terlalu banyak gadget. Kami juga merasa Galaxy Note akan sangat membantu para pekerja kreatif seperti seniman digital atau arsitek dan desain interior, berkat fasilitas S-Pen dan beberapa aplikasi khas Note.

Plus:
+ Layar resolusi tinggi dan lega
+ Kinerja cepat
+ Kemampuan kamera amat baik
+ S-Pen berguna dan ditunjang beberapa aplikasi khusus
+ Bagi sebagian pengguna dapat menjadi penghematan, karena dapat berfungsi sebagai tablet dan smartphone sekaligus
+ Desain tipis

Minus:
– Tutup baterai terlalu tipis
– Harga cukup premium