4 Tips Dasar Samsung GALAXY Tab 8.9/10.1

Tak aneh memang jika tablet PC Samsung merupakan perangkat komputer tablet paling laris di Indonesia. Bentuk menawan ditambah OS Android yang digunakannya membuat banyak orang banyak memburunya. Nah, jika Anda telah berkesempatan memilikinya namun merasa “newbie” atau baru di dunia tablet Android, kami memberikan 4 tips dasar untuk lebih jauh memaksimalkan perangkat canggih Anda tersebut. Simak, yuk!

[tab:Mengamankan Perangkat]

Menu Lokasi dan pengamanan

Sama sekali tidak ada salahnya jika langkah pertama yang Anda lakukan setelah membawa pulang tablet Samsung Anda adalah: mengamankannya. Tak hanya mengamankan dari tangan-tangan jahil, kami juga akan memberi tips membuka peluang agar tablet Anda kembali jika hilang atau tertinggal.

Mengamankan dengan PIN atau kata sandi

Ini merupakan cara umum yang digunakan tak hanya di smartphone maupun tablet, melainkan di ponsel low end sekalipun. Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu Pengaturan, pilih Lokasi dan pengamanan. Di submenu Kunci layar, masuk ke Konfigurasi layar kunci, lalu pilih PIN atau Kata sandi. Meski sama-sama harus terdiri dari minimal 4 karakter, pada PIN Anda hanya bisa memasukkan angka, sedangkan di Kata sandi Anda bisa memasukkan huruf saja, angka saja, atau kombinasi keduanya. Seperti pada PIN ATM Anda, jangan gunakan tanggal lahir atau sejenisnya, yang mudah diterka orang lain.

Mengamankan dengan pola

Buat pola yang mudah diingat namun tak mudah ditebak

Salah satu yang bisa Anda terapkan pada sebuah smartphone berlayar sentuh adalah mengunci tablet dengan menggambar pola tertentu. Untuk menggunakannya, lakukan sama dengan langkah di atas, namun di Konfigurasi layar kunci, pilih Pola. Di halaman berikutnya akan ditampilkan titik 3×3 yang bisa Anda gambar dengan menarik garis membentuk pola tertentu, dengan jumlah minimal 4 titik. Ingat, gambar pola yang mudah Anda ingat agar tidak merepotkan diri sendiri nantinya, namun yang tak mudah ditebak orang lain!

Menampilkan profil di layar penguncian

Masukkan identitas singkat Anda agar mudah dihubungi

Nah, satu fitur di Samsung Galaxy Tab 8.9/10.1 yang bisa berguna untuk mengembalikan tablet Anda ketika hilang atau tertinggal adalah Informasi pemilik. Segala penguncian di atas hanya ditujukan jika perangkat Anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga mereka tidak bisa serta merta mengakses berbagai macam data di dalam tablet Anda. Namun bagaimana jika ternyata yang menemukannya orang yang baik hati? Jika perangkat Anda terkunci, maka ia tidak dapat mencari informasi pemilik untuk mengembalikannya bukan? Nah, tampilkan informasi singkat seperti nama dan nomor yang dapat dihubungi pada layar penguncian. Masih di submenu Kunci layar, pilih Informasi pemilik, cek kotak Tampilkan info pemilik pada kunci layar, lalu masukkan data singkat Anda di kotak yang telah disediakan.

Enkripsi perangkat

Mengenkripsi perangkat untuk keamanan tingkat tinggi

Jadi Anda memiliki data yang sangat-sangat rahasia di dalam tablet, sehingga masih merasa kurang tenang dengan segala macam pola keamanan di atas? Tenang, Samsung masih memberikan opsi terakhir yang menjamin keamanan tingkat tinggi: enkripsi perangkat. Dengan fitur ini, Anda bisa mengenkripsi akun, pengaturan, aplikasi hasil unduh, data, media, serta berbagai macam berkas penting lainnya. Setelah melakukan enkrpsi, perangkat akan selalu meminta PIN atau kata sandi untuk mendekripsinya setiap kali Anda mengaktifkan perangkat. Sebelum melakukan langkah yang membutuhkan waktu hingga lebih dari satu jam ini, Anda harus mengisi baterai hingga minimal 80% atau mudahnya, biarkan saja perangkat Anda tersambung ke listrik selama proses berlangsung.

[tab:Peranggitan]

Apa sih peranggitan? Saya pun menemukan istilah ini secara tak sengaja di Wikipedia. Peranggitan merupakan padanan kata dalam bahasa Indonesia untuk istilah tethering, sebuah fitur yang memungkinkan tablet berfungsi sebagai hot spot WiFi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat lain untuk mengakses internet. Tak hanya itu, Anda pun bisa berbagi dengan komputer menggunakan kabel USB maupun Bluetooth. Namun yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan semua fitur tersebut adalah: Anda telah berlangganan paket data, lebih baik lagi jika unlimited.

Penambatan USB dan Bluetooth
Untuk berbagi koneksi menggunakan USB, cukup hubungkan tablet dengan komputer dengan kabel data. Jika sudah tersambung, pilihan Penambatan USB di menu Pengaturan – Nirkabel dan jaringan – Tethering dan portable hotspot, pilihan Penambatan USB akan menyala sehingga Anda bisa melakukan checklist di kotak yang telah disediakan. Setelah itu perangkat Anda akan otomatis berubah fungsi sebagai modem. Sedangkan untuk opsi Bluetooh, Anda hanya perlu mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat dan biarkan mereka berkomunikasi.

Peranggitan atau tethering

Sebaiknya amankan peranggitan dengan kata sandi

Dengan tethering, Anda bisa membagi koneksi internet yang dimiliki oleh tablet ke perangkat lain lewat WiFi. Pilih Tethering dan portable hotspot, aktifkan Hotspot Wi-Fi portable lalu masuk ke Konfigurasi. Atur nama jaringan agar mudah dikenali rekan Anda, lalu jenis jaringan, apakah terbuka atau diamankan dengan password. Pilihan kedua sangat kami rekomendasikan agar jaringan Anda tidak dipakai oleh sembarang pihak.

[tab:Meningkatkan Kinerja]

Meski dipersenjatai hardware tingkat tinggi, namun jangan heran jika saat penggunaan tablet Anda mengalami masalah seperti lag atau perpindahan yang tidak smooth. Lalu bagaimana mengatasinya?

Menutup aplikasi tak terpakai

Tutup aplikasi-aplikasi tak terpakai dari sini

Terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu yang bersamaan adalah satu dari beberapa penyebab utama terjadinya lag pada peranti komputer. Pada Samsung Galaxy Tab 8.9/10.1, Anda dapat dengan mudah membuka pengelola tugas hampir dari semua jendela. Lihat pada bar (kolom) di bagian bawah, ada tanda panah ke atas di tengahnya. Nah, Anda tinggal pilih Pengelola tugas, lalu sentuh ‘X’ pada aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan.

Menyederhanakan beranda

Terlalu banyak widget di beranda (Home screen) atau penggunaan gambar latar bergerak (Live wallpaper) juga ikut membuat kinerja tablet melambat. Yang dapat kita lakukan adalah menyederhanakannya dengan membuang widget atau pintasan yang tidak terlalu penting. Caranya cukup dengan menyentuh-tahan widget atau ikon pintasan yang Anda ingin lenyapkan ke tong sampah yang akan muncul di pojok kanan atas layar. Sedangkan untuk mengganti wallpaper, sentuh logo ‘+’ di pojok kanan atas dari beranda, pilih Wallpaper dan jadikan gambar dari Galeri atau Wallpaper sebagai gambar latar.

Mengawasi kapasitas memori

Meski terkesan besar, memori 16GB pada Tab 8.9 yang saya miliki ternyata tetap saja cepat habis. Apalagi tablet ini tidak memiliki slot microSD built in, sehingga semua data maupun unduhan akan masuk di memori internal tablet. Karena itu, mengecek penggunaan memori perangkat Anda secara berkala merupakan salah satu langkah bijak untuk mencegah terjadinya lag. Caranya dengan masuk ke Pengaturan dan pilih Penyimpanan.

Dari 16GB, hanya sekitar 15GB yang dapat diisi karena sisanya untuk keperluan sistem. Nah, ada baiknya untuk Anda sisakan memori setidaknya 2GB untuk menjaga kestabilan perangkat. Jika memori tablet Anda sudah kurang dari itu, coba masuk ke menu File Saya dan hapus file foto, video, musik atau dokumen yang tak lagi digunakan. Jangan lupa juga untuk menghapus instalan aplikasi unduhan yang sudah jarang digunakan. Untuk langkah ini, ada kemudahan yang diberikan oleh Samsung. Di menu utama, Anda tinggal sentuh-tahan aplikasi yang hendak dihapus, lalu arahkan ke kotak sampah di sudut kanan atas, sama seperti langkah dalam menyederhanakan beranda. Jendela konfirmasi akan muncul untuk memastikan langkah Anda.

[tab:Berburu Aplikasi]

Tablet Anda memang sudah membawa berbagai macam aplikasi yang menarik, namun salah satu keunggulan Android yang merupakan sistem operasi terbuka (Open Source) adalah tersedianya begitu banyak aplikasi siap unduh di berbagai macam sumber resmi maupun tidak. Aplikasi-aplikasi yang bisa Anda unduh terdiri dari berbayar, gratis (biasanya dengan sisipan iklan) maupun percobaan. Kami akan mengajak Anda untuk berkunjung ke 3 pasar aplikasi yakni Android Market, Samsung Apps dan GetJar Gold.

Android Market

Android Market

Android Market tentunya sudah terinstal secara default di seluruh perangkat Android. Namun ketika Anda mengaksesnya dari tablet, akan muncul sebuh jendela aplikasi pilihan yang direkomendasikan untuk tablet. Anda bisa memaksimalkan rekomendasi ini, atau menjelajah di kategori lainnya. Untuk aplikasi berbayar, Anda membutuhkan kartu kredit – namun beberapa di antaranya bisa didapatkan gratis di Market resmi lainnya.

Samsung Apps

Samsung Apps

Samsung Apps versi awal memang hanya berfungsi sebagai pengumpul aplikasi rekomendasi Samsung untuk perangkat Anda, namun kini lebih dari itu. Di Samsung Apps, Anda juga bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi premium yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain, termasuk Android Market. Kabar baiknya adalah aplikasi-aplikasi premium tersebut bisa diunduh gratis.

GetJar Gold

GetJar Gold

GetJar Gold bisa dibilang merupakan Market favorit saya. Bagaimana tidak, GetJar akan “menraktir” Anda aplikasi dan game yang dijual di Android Market secara gratis! Dan aplikasi yang mereka sponsori juga bukan aplikasi kacangan. Untuk mengaksesnya pertama kali, masuk ke alamat getjar.com/gold dari browser Anda. Nanti Anda akan diminta untuk menginstal aplikasi GetJar sehingga tiap kali Anda mau mencari aplikasi baru, cukup menyentuh ikon GetJar saja dari tablet Anda. Keterangan lengkap mengenai GetJar Gold bisa Anda baca di sini.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.