Quantcast
KomputerMobile GadgetNewsSmartphoneTablet PC

Lebih Dekat dengan NVIDIA Tegra 3

TN 40924 Tegra3 Chip1

Tahun 2012 segera tiba, dan satu hal yang dapat dipastikan adalah akan semakin banyak smartphone maupun tablet dengan performa yang lebih tangguh dan menakjubkan. Salah satu teknologi yang memungkinkan hal tersebut adalah chipset Tegra 3 dari NVidia.

Nvidia Tegra 3 secara fungsional telah mengusung prosesor quad-core, namun mencakup “pendamping” core kelima. Semua core tersebut adalah Cortex-A9, nama yang tak asing lagi bagi Anda tentu, namun core pendamping diproduksi dengan proses silikon khusus yang berdaya rendah. Ini berarti sistem akan menggunakan energi lebih sedikit pada tingkat clock rendah, serta lebih tinggi pada clock lebih tinggi; karena itu kecepatannya terbatas pada 500 MHz saja.

MOD 40933 Shadowgun Water Nov2011
Tegra 3 menghadirkan kecepatan dan kualitas gaming yang tinggi, seperti pada game Shadowgun

Selain itu terdapat logic khusus yang memungkinkan transfer antara core pendamping dengan salah satu core utama secara cepat, dengan tujuan agar smartphone atau tablet dapat mematikan semua core utama sehingga berjalan hanya pada core pendamping tersebut. Ini akan membuat penggunaan daya lebih irit, termasuk saat dalam modus siaga. Menurut NVIDIA, penghematan daya ini juga terjadi saat bermain musik atau bahkan memutar konten video.

Berikut beberapa keunggulan dan spesifikasi NVIDIA Tegra 3 yang resmi diluncurkan pada 9 November 2011.

Fastest web experience – with accelerated Adobe Flash Player 11, HTML5 and WebGL browsing, and an optimized Javascript engine
Fastest applications – with blazing performance for multimedia apps, such as photo and video editing
Fastest multitasking – for switching between common uses, such as playing music and games, and background tasks
Fastest, highest-quality gaming – including new Tegra 3 processor-optimized NVIDIA Tegra Zone™ app games such as Shadowgun, Riptide GP, Sprinkle, Big Top THD, Bladeslinger, DaVinci THD and Chidori.

Spesifikasi Nvidia Tegra 3:

  • Processor quad-core ARM Cortex-A9 MPCore, hingga 1.4 GHz pada mode single-core dan 1.3 GHz pada mode multi-core
  • 12-Core Nvidia GPU dengan dukungan 3D stereo
  • Ultra low power GPU mode
  • 40 nm process by TSMC
  • Video output up to 2560×1600
  • NEON vector instruction set
  • 1080p MPEG-4 AVC/h.264 40 Mbps High-Profile, VC1-AP dan DivX 5/6 video decode
  • Kal-El chip (CPU dan GPU), 5x lebih cepat dari Tegra 2
Jika penasaran ingin menjajalnya, Anda bisa menemukannya di tablet ASUS Transformer Prime. Tentunya akan lebih banyak lagi komputer tablet yang mengandalkannya. Semoga saja harganya juga lebih bersahabat.
Back to top button