Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review: Samsung Galaxy Y CDMA (SCH i509)

Untuk sebagian orang, kehadiran Samsung GALAXY Y (Young) terasa istimewa. Dengan budget minimum, mereka sudah bisa mendapatkan sebuah smartphone bersistem operasi yang paling cepat pertumbuhannya saat ini, Android (Gingerbread-2.3), dari vendor ternama asal Korea. Apalagi selain versi GSM, pertengahan November lalu Samsung juga mengeluarkan versi yang berjalan di jaringan CDMA sehingga untuk pelajar maupun mahasiswa, akan dimanjakan pula dengan tarif murah yang telah melekat pada produk-produk CDMA.

Samsung Galaxy Y desain

Kali ini, saya berkesempatan untuk menguji secara langsung performa Young versi CDMA (SCH i509) dibundling bersama kartu perdana Esia EVDO baru, yang untuk akses di jalur cepat EVDO Rev.A-nya didukung oleh jaringan AHA.

Desain

Samsung Galaxy Y desain both
Desain: Minimalis & Elegan

Meski bisa saja Samsung ‘mendandani’ Young dengan berbagai atribut anak muda (seperti yang mereka lakukan dengan Samsung Champ edisi Hello Kitty), namun Samsung memilih konsep minimalis yang secara keseluruhan tetap mampu tampil elegan untuk Young ini. Tentu saja imbas positif terasa bagi mereka yang sudah bekerja namun belum berpenghasilan mapan, karena dengan Young pekerjaan dan komunikasi mereka dapat terbantu tanpa perlu mengorbankan penampilan.

samsung galaxy y top

Desainnya masih menganut konsep desain smartphone Samsung. Pada bagian muka, Anda akan menemukan speaker, layar dan 2 buah sensitive touch button yang mengapit tombol Home di tengah. Di sisi kanan terdapat tombol daya minus shutter kamera, sedangkan di sisi kiri ada 2 tombol pengatur volume. Port micro USB beserta jack audio 3.5mm terletak di atas, sementara mikrofon dan kait pembuka casing belakang ada di bagian bawah.

samsung galaxy y inside

Meski terbuat dari plastik, pemilihan warna silver semi metalik dan baluran kontur titik di sekujur tubuhnya membuat kesan elegan tersebut juga muncul – selain meminimalisir kesan licin bagi Anda yang telapak tangannya mudah berkeringat seperti saya. Lensa kamera ditemani 2 lubang memanjang tempat keluarnya suara ikut menghiasi bagian yang mudah dilepas-pasang tersebut. Sementara itu slot microSD berada di bagian dalam bodi Young yang dikelir putih, dengan tetap mempertahankan fungsi hot swap.

[tab:Fitur]

samsung galaxy y homescreen

OS Gingerbread membuat tampilan Young tak jauh berbeda dengan seri Samsung lain yang lebih mahal sekalipun, apalagi personalisasi ala Samsung bernama TouchWiz juga sudah dibenamkan. Pada layar beranda atau homescreen, terdapat 3 halaman yang dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan Anda dengan berbagai widget yang telah disediakan ataupun pintasan (shortcut) ke aplikasi. Coba gunakan widget cuaca dari AccuWeather, maka Anda akan selalu update mengenai kondisi cuaca hingga tiap jamnya.

Samsung galaxy y main menu

Selain menu bawaan dari Google, saya juga dapat menemukan Social Hub dan Samsung Apps yang hanya bisa ditemui di produk Samsung. Fasilitas pengolah dokumen dipercayakan pada QuickOffice, sayang hanya sebatas edit saja. Namun ini sudah termasuk cukup, mengingat akan sangat sulit mengetik banyak di layarnya yang hanya berukuran 3 inci.

samsung galaxy y samsungapps

Bicara soal Samsung Apps untuk Android ini, Anda bisa mendapat berbagai macam aplikasi yang direkomendasikan oleh Samsung untuk perangkat Anda. Saat saya coba mengunduh Asphalt 6: Adrenaline versi trial yang disediakan untuk mencoba grafis Young, ternyata hasilnya cukup menggelikan. Pasalnya, Asphalt yang terinstal (dan kompatibel dengan Young) hanyalah yang versi sederhana saja, dengan grafis 2D “seadanya”. Wajar untuk ponsel semurah ini, namun terasa sayang karena dukungan prosesornya sudah lumayan.

 

Pemutar musik
samsung galaxy y music player

Meski merupakan smartphone dengan harga tak lebih dari Rp.1,2 juta, namun pemutar musik milik Young sudah memiliki fasilitas 5.1 surround yang hanya bisa diaplikasikan ketika menggunakan earphone. Sayang, hasil keluaran suaranya justru lebih bagus (bagi saya) jika menggunakan modus normal dengan menggunakan salah satu ekualiser dari beberapa yang disediakan.

Radio FM
samsung galaxy y radio

Radio FM di Young tentu sebagai sebuah hal sederhana yang kadang tetap dicari. Meski Anda masih membutuhkan earphone untuk antena, namun pengaturan untuk kapan radio mati dengan interval waktu tertentu (setelah 30 menit, 1 dan 2 jam) sudah tersedia.

Kamera Foto
samsung galaxy y kamera

Kamera beresolusi 2MP sudah ditambatkan pada Young. Dengan harga segini wajar rasanya tak ada lampu kilat dan fungsi fokus otomatis yang ditemukan. Sedangkan videonya mampu memproduksi hingga resolusi QVGA dengan kecepatan 15fps. Hmm, bagaimana yah hasilnya?

samsung galaxy y camera outdoor
Foto Outdoor

Meski warna belum benar-benar natural karena sedikit over pada brightness-nya, namun detil pada bunga mampu tertampil dengan baik tanpa mengorbankan background dalam kondisi cahaya berlimpah di luar ruang.

samsung galaxy y indoor

Hasil pengambilan gambar di dalam ruang berpenerangan cukup termasuk bagus, meski tidak menggunakan mode malam (malah sebaiknya dihindari karena gambar akan nampak pecah). Namun ketiadaan lampu kilat membuat Anda kudu benar-benar steady ketika mengambil gambar, jika tak mau foto Anda terlihat kabur seperti hasil di atas.

Kamera Video
samsung galaxy y video

Untuk menguji hasil rekaman, saya mencoba merekam video (justru) di dalam ruangan yang mendapat asupan cahaya hanya dari sebuah lampu, dengan menyetel musik sebagai penguji hasil tangkapan suara. Dengan format MP4 dan frame rate 15/detik, video di bawah ini tidak nampak buruk di mata saya. Hasil rekaman tergolong cukup halus, suara yang dihasilkan juga jernih (di YouTube diinformasikan bahwa hasil rekaman suaranya adalah AAC, yang tentu lebih bagus dibanding dengan MP3).

Benchmark & Performa

samsung galaxy y benchmark quadrant

Secara spesifikasi, Young terlihat menjanjikan berbanding dengan harga yang ditawarkan. Setelah dibenchmark menggunakan Quadrant Standard, hasil cukup mengejutkan didapat Young di mana dengan skor 962, ia masih menempati posisi di atas Galaxy S! Di sisi lain, benchmark ala Vellamo yang menguji performa ponsel dalam membuka berbagai macam konten di beberapa situs, Young memperoleh skor 276. Sedangkan untuk pengujian multitouch pada layar, Young mendapat catatan hanya mampu membaca tak lebih dari 2 sentuhan secara bersamaan. Yang penting namanya “multitouch” kan?

samsung galaxy y benchmark velamo

Oke, sekarang saatnya menjajal kualitas jaringan dalam berselancar di dunia maya. Pertama saya gunakan untuk mengunduh berbagai aplikasi benchmark di atas dari Market, performa kecepatannya bisa dibilang di atas rata-rata. Lalu untuk membuktikan kenyamanan saat streaming YouTube, saya membuka video review HTC Evo 3D saya sebelumnya yang berdurasi sekitar 2 menit dan tebak hasilnya: video dapat berjalan sangat lancar dengan proses buffer yang cepat, mendahului proses putar yang sedang berlangsung dengan cukup jauh! Padahal tidak demikian ketika saya menggunakan koneksi AHA melalui modem dan berselancar via PC, di mana proses buffer sudah semakin terasa saja. Kesimpulan saya adalah, Esia maupun AHA sejauh ini sangat prima digunakan untuk mendukung kinerja smartphone terutama untuk masalah kecepatan data, karena penggunaan datanya yang masih lebih kecil dibanding ketika kita membukanya via PC.

samsung galaxy y utube

Agar lebih real, tak lupa saya mengunduh aplikasi SpeedTest dari Market. Di kawasan ITC Roxy Mas, saya bisa mendapat kecepatan unggah yang mampu melebihi kecepatan unduh. Ini cukup aneh. Sedangkan di kawasan Tangerang saat menggunakannya untuk tether ke laptop, bisa mencapai hingga 1 Mbps untuk kecepatan download.

samsung galaxy y speedtest
Roxy Mas, Jakarta Pusat
samsung galaxy y speedtest3
Karawaci, Tangerang

Oh ya, tak ada masalah membuka konten flash pada Young. Seperti yang saya lihat di halaman awal www.yangcanggih.com, slide artikel pilihan mampu dimainkan dengan baik.

samsung galaxy y web flash

[tab:Kesimpulan]

samsung galaxy y about

Sangat layak beli, mungkin itulah ucapan pertama saya jika ada yang meminta pendapat mengenai Samsung GALAXY Y. Apalagi jaringan CDMA terbukti mampu menghadirkan layanan data yang mumpuni untuk para penggunanya lewat EVDO Rev.A yang sudah disupport oleh Young.

samsung galaxy y display

Sekedar informasi, jaringan CDMA memiliki mekanisme yang berbeda dibanding GSM. Jika pada GSM bandwith sudah tersedot ke suara (percakapan telepon, misalnya), layanan data biasanya juga akan ikut menjadi lelet. Sedangkan pada CDMA kedua jalur tersebut dipisahkan sehingga sesibuk apapun jalur suara, maka jalur data akan tetap dapat dilayani dengan optimal.

samsung galaxy y notofication bar

Masalah baterai tergolong klise Android, jika jarang digunakan mungkin bisa tahan sampai sehari. Namun jika menggunakannya untuk tethering, bisa jadi Young hanya dapat bertahan sampai 4 jam. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas tapi ingin mencicipi kehebatan Android, atau yang bingung memilih ponsel CDMA, atau yang memang baru berniat membeli ponsel layar sentuh, GALAXY Y sepertinya akan dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan baik. Jika kurang sreg dengan CDMA, Anda dapat memilih Samsung GALAXY Y versi GSM yang dijual seharga Rp 1.199.000. Murah kan?

Samsung Galaxy Y Review Girl2

Pros
(+) Harga murah
(+) Desain elegan
(+) Prosesor mumpuni
(+) Hasil foto & video cukup baik
(+) Koneksi dengan esia-AHA cepat dengan bonus gratis data
(+) microSD 2GB dalam paket penjualan

Cons:
(-) Keyboard virtual tergolong kecil, typo sering terjadi
(-) Tak ada game bawaan

142 komentar

  1. mas , , ,
    sy br 2 hari beli Hp samsung G young
    sy pake internetan gk bisa mas
    terus sy bawa ke t4 pembelian sy tu,sama sekali gk da perubahan, sampai sekarang . ..
    gmna tu mas?

  2. mas,,, saya baru bli Hp samsung g young,,,
    saya pake kartu Im3 bawaan Hpnya trus saya sama sekali tidak bisa buka internetnya, trus sy bawa ke tempt pembelian sy tu sama sekali hasilnya tidak memuaskan..
    gmna tu mas?

    1. @dessy fotonya banyak? udah dipindahin ke memori SD? Download aplikasi lewat Google Play Store atau Samsung Apps biasa kok.

  3. cara menghubungkan melalui usb bgaimana gan kok gk bsa terkoneksi dgn komptr ?
    trus cra mrubah waktu jga bgaimana gan ?

  4. Samsung Galaxy Y CDMA SCH-i509 bisa buat modem laptop dan juga wifinya bisa di share ndak.? tq…

  5. galaxy y cdma gmn cara menyeting wktu dan tanggal ya,,,???????????

    kena tidak bisa ..??????????

    1. hampir semua ponsel dan smartphone berbasis CDMA tidak bisa diatur manual tanggal dan waktunya. semua otomatis mengikuti dari jaringan operator.

  6. Samsung galaxy y ga bisa kirim data via bluetooth dari samsung galaxy tab2 ga?cz aku coba ga connect bluetooth nya..nama bluetooth nya ga keluar..

  7. kenapa kalo buat tethering usb susah ya?padahal di kompi udah ada icon networknya tp ga bisa nyambung juga inetnya,driver udah di install..sedangkan pake gayung gsm langsung nyambung.ada solusi?
    note:
    disini saya pake wifi kantor yang akan ditethering oleh gayung cdma,pake gayung gsm lancar…

    1. bisa dong. malah esia kan meluncurkan bundling khususnya. GALAXY young tidak di-lock kartu tertentu, kok.

  8. saya mau bertanya tentang aplikasi ….
    aplikasi you tube saya tiba2 tidak da ……
    tolong ……
    berikan solusinya

  9. Apa samsung galaxy y cdma bisa untuk download film dari you tube memakai aplikasi tubex?

  10. Skrg ini aq lagi pake samsung galaxy young cdma android,
    Semua aplikasix bagus cuman bagaimana ya cara mengaktifkn
    Pesan multimedia(MMS) ? Info infonya dong!

  11. saya beli samsung galaxi y cdma ciri cirinya apa ya mas kwatir salah beli yg gsm makasih

  12. ak baru beli samsung galaxi y.terus aku masukkan chip flexi.tetapi gak bisa terbaca(kartu rusak)padahal kartux bRu aku beli.ada solusi atau settingannya gak bro?makasih

    1. coba gunakan kartu lain, semisal esia atau smartfren. jika tidak terbaca juga, segera bawa ke Samsung Service Center terdekat disertai bon/bukti pembelian. siapa tahu bisa diganti dengan unit baru, gratis.

    2. mungkin kartu flexi anda belum EVDO…. coba ke kantor telkom terdekat untuk merubah menjadi EVDO… gratis kok….

  13. Saya lagi nyari CDMA Android kok pilihan sedikit banget ya, yang ini sih lumayan – tapi kalau sudah terlanjur punya Samsung Galaxy Mini kok kayaknya sama persis ya minimal 11 12 lah. Berarti harus tunggu next product kayaknya nih. Thanks infonya yang cukup membantu.

  14. bagaimana cara setting ringtone?? ato mengganti ringtone bawaan dg ringtone yg uda kita copy/ instal ke hp

  15. Mas,,,mau tanya,,klw samsung galaxy y cdma pakai kartu esia yg lama bisa ga yah,,,??
    Terima kasih

    1. bisa kok, namun untuk data hanya akan dilayani pada CDMA 1X, karena esia lama belum support EVDO. namun untuk mengatasinya, Anda tinggal sambangi gerai esia terdekat dan minta upgrade kartu esia lama Anda. semoga membantu.

  16. saya barusan memakai samsung galaxy y cdma sch i509 fleksi, mohon langkah-langkah menjalanan gps novitel …. seumpama saya berangkat dari Kota Kediri Jatim akan menuju Kota Karanganyar Jateng. Terima kasih

  17. Mas saya masih bingung. Apakah yg saya buka itu di My Iles trs masuk di sdcard, lalu pilihan menunya koq : Android, bluetooth, DCIM, foursquare, LOST.DIR, Mp3RingtoneMaker, Umum. Lha ini saya milih ?i menu yg mana jika saya menggunakan ponsel ?

    Penjelasan anda tempo hari: (bisa juga dari fitur file explorer/manajer di ponsel.)
    cari folder sdcard, pilih media, masuk ke audio.
    pilih notification dan paste (letakkan) file MP3 Anda di sana untuk menjadikan file MP3 tersebut nada notifikasi (SMS, alarm, dsb.)
    pilih ringtones dan paste file MP3 Anda di sana untuk menjadikannya sebagai nada panggil.

    Mohon bantuannya yaa Mas. Trimsss

  18. Mas mau tanya:
    Untuk mengganti nada dering mp3 di sms koq gak bisa yaa ? Gmn caranya ?
    Aku coba masuk di sms trs masuk ke menu setting lalu masuk dii select ringtone setelah itu tdk ada pilihan lau mp3 utk di buat nada dering sms ? Mohon penjelasnnya heheheehe

    1. coba masukkan file-file MP3 yang mau dijadikan nada dering menggunakan manajer file ke folder “notification”. lebih jelasnya pernah saya utarakan di tanggapan komentar sebelum-sebelumnya.

  19. mu nanya, qo untuk mengatur date n time tidak bisa y untuk tipe ini (Samsung Galaxy Y CDMA (SCH i509), mohon petunjuknya

  20. Mas mau tny neh apa Samsung galaxy i509 ini bs sinyalnya dipakai buat menbrowse iPad dgn pake kartu flexy trims atas infonya

  21. numpang tanya gan………bagaimana setting wifi pada samsung galaxy y i509
    karena saya sudah setting…..hasilnya wifi conect tapi kalo browsing /liat youtube pulsa saya berkurang…?
    mohon pencerahannya gan……..terimakasih

    1. coba begini: non-aktifkan Mobile Network sementara lalu aktifkan dan hubungkan WiFi Anda, lalu coba lakukan koneksi ke internet. jika tidak bisa, mungkin permasalahan ada pada hotspot yang Anda gunakan.

    1. bisa kok, karena tidak dikunci. namun sayang bonusnya tidak dapat dipakai. lebih baik beli yang bundling smartfren saja sekalian… ;)

  22. Mas, tolong beri tau bagaimana caranya setting flexinet di samsung galaxy young setelah dapat username & password. Trimakasih

  23. gan, saya sudah pakai galaxy y cdma kartu smartfren, batre nya cukup boros, krna slalu dapat Sinyal 3G. yg mw saya tanya bisa ga ya sinyal 3G nya di n0naktifkan dan diaktifkan swaktu2, ? mksh sukse
    s terus.

  24. Mas, tolong dong kasih tahu bagaimana caranya mengganti ringtoon atau panggilan telp dengan mp3, bisa gak ya?

    1. hubungkan GALAXY y Anda ke komputer, jadikan sebagai mass storage, lalu lakukan langkah di bawah. (bisa juga dari fitur file explorer/manajer di ponsel.)
      cari folder sdcard, pilih media, masuk ke audio.
      pilih notification dan paste (letakkan) file MP3 Anda di sana untuk menjadikan file MP3 tersebut nada notifikasi (SMS, alarm, dsb.)
      pilih ringtones dan paste file MP3 Anda di sana untuk menjadikannya sebagai nada panggil.

    1. seperti biasanya, pada ponsel-ponsel CDMA jam tidak dapat diatur secara manual, termasuk GALAXY y CDMA. mereka menggunakan parameter waktu langsung dari operator sehingga waktu Anda selalu on-time. mungkin ini salah satu kelebihan ponsel CDMA juga.

  25. pak, mau tanya, tipe HP samsung andriod yg bs CDMA, dengan kualitas bagus d atas galay y apa ya? thx.

    1. @frans
      Untuk handset CDMA Samsung berbasis Android yang garansi resmi, sementara belum ada.

    2. kira2 kpn ada peluncuran samsung galaxy CDMA android yg bukan inject (menggunkan kartu), sy rasa galaxy y layarx terlalu kecil buat saya. sy cari yg agak di atasx galaxy y, tp g perlu mahal sekali sampai hrg 3jt ke atas. thx

      1. sejauh ini produk CDMA Samsung menggunakan slot RUIM kok, tidak ada yang inject. kita berharap saja Samsung mendengar aspirasi konsumennya dan meluncurkan produk yang Anda maksud.

    1. seharusnya bisa menggunakan PC Sync/KIES. coba unduh dan instal di PC perangkat lunaknya dari sini.

  26. makasih atas penjelasan nya, mas.rtk lee

    untuk bg.Suyadi Ismail, mohon izin biar sya bantu… hehe

    aplikasi whatapp di gunakan di Galaxy Y CDMA sma cara ny sperti di paket GSM.
    cara :
    1. simpan no.hp or no.flexi tman di contact number qta agr bisa menggunakan whatapp.
    2. usahan no.hp kwn kita itu, di hp ny jg ada aplikasi whatapp… (klo tk ada, otomatis tk bisa ^_^).
    3. qta msuk ke whatapp di android hp. ikuti petunjukkan. msukkan no.hp qta sesuai dgn nomor yg di dlm.. truz klo di indonesia, nomor hp itu diawali “+62” —> contoh : 07787676575.. menjadi +627787676575.
    4. stlh smua prosedur diikut’kn,, reboot hp qta bbrp mnit, On kn lagi,, truz msuk ke whattapp ny,, nah, nanti akn trlihat nama2 + no.hp kwn qta yg pke whattapp,, tinggal chatting dah. ^^
    5. pastikan terhubung ke internet atau Wifi,, klo nggk…. percuma langkah 1-4 di jalankan.. hehehe ^^

    smoga membantu… :)

      1. saya mau tanya, bagaimana cara menginstal cable driver samsung galaxy y SCH-i509 untuk dapat menggunakan kabel datanya? karena kabel data tidak bisa berfungsi. Dan bagaimana pula caranya bisa menginstal adobe flash playernya. Mohon dibantu ya…. Terima kasih…

  27. apakah pd samsung galaxy y ini smsnya bs di download ke pc( seperti pc suitenya nokia) semua sms yg di hp bisa di download ke pc

  28. mo tnya…

    ^_^

    sya punya galaxy Y CDMA, ada 2 hal yg mo sya tanya dri segi fitur :
    1. klo mau setting email perusahaan yg bkn dari gmail or yahoo,, bisa kgk iy brother ???. cth email :”[email protected]”. klo bisa setting apa sama melalui application —> email
    2. ada yg bilang galaxy Y pada CDMA bebeda deng galaxy Young untuk GSM (S 5360), beda di fitur dan bntuk ny.. apa bener brother ??. di tunggu pencerahanny

    1. 1. setahu saya bisa, namun untuk setting dan parameternya harus langsung dikonsultasikan dengan IT kantor Anda.
      2. perbedaannya hanya pada kecepatan prosesor, di mana yang digunakan pada versi CDMA “sedikit lebih kecil” dibanding versi GSM. dari segi fitur lainnya apalagi desain, sama saja kok.

  29. gan.. mau tanya, galaxy y cdma kalo pake smartfren bisa chat lewat whatsapp ga? trima kasih sukses terus

  30. aku mau jual secondnya br satu bulan .. full lengkap dus, garansi, accesoris, dll.. tanpa cacat

    BU
    yg minat hubungi adhi 02191005727

    1. wah, kalau digunakan dengan Flexinet Unlimited, kecepatan aksesnya hanya up to 153 Kbps (single speed) loh…
      cara aktivasi:
      registrasi via SMS ke Short Code 2255 dengan pilihan
      Paket Harian: Reg harian
      Paket Mingguan: Reg mingguan
      Paket Bulanan: Reg bulanan
      Setiap melakukan registrasi, pelanggan akan memperoleh username dan password unik, sesaat setelah berhasil register (ditandai dengan notifikasi keberhasilan).

      1. Pak, klu pakai Smart fren bs g? kecepantan Smart fren d pakai pada galaxy y ini gmn? bgs g?
        klu di pakai tlp HP ini lama, panas g?
        sy pakai nokia CDMA, cm panas klu lama d pakai.
        sy tertarik dengan ada fitur map, gmn cara pakaix?
        klu mau download games,jg gmn?
        thx ya, pak.

        1. tentu saja bisa, bukankah GALAXY Y juga dibundling dengan Starter Pack smartfren? untuk kecepatan bisa maksimum 3.1Mbps, sama seperti AHA. soal panas, ini merupakan hal wajar kok pada ponsel-ponsel CDMA. namun jika dirasa suhunya sudah terlalu tinggi, lebih baik aktivitas dihentikan dulu.

  31. ak dah pke si y udh sbulan lbh.
    tpi ad stu kjanggalan snyalny kq gk stbil
    y?
    kdang2 snyalny gx ad sma sx, ak pke
    operator im3 pdhal pke hp lain normal
    aj snyalny.
    prnah cba pke operator 3 tpi jga gtu
    hsilny.
    kra2 it slah ap y?
    ap hpny yg mslah?
    mhon solusiny.
    makash…

    1. apakah hal ini terjadi hanya di satu lokasi (tempat tinggal Anda, misalnya) atau memang ketika berada di semua lokasi yang Anda singgahi? jika yang pertama, maka bisa dipastikan tempat tinggal Anda “jauh dari jangkauan sinyal provider GSM”, sedangkan jika yang kedua, maka saatnya membawa ponsel Anda ke Samsung Service Center terdekat untuk diperiksa, apakah ada kerusakan di bagian antena, dsb.

    2. saya juga mengalami hal yang sama.. berdasarkan pengalaman untuk kawasan yang sinyal 3G nya kurang kuat (sering berubah sinyal 3G ato 2G) ada baiknya tuch hp networknya di set ke 2G, only hal tersebut tidak hanya dialami merk samsung android saja.. , sodara saya yang menggunakan merk sony erickson android pun sama…

  32. numpang tanya gan,
    aq baca dibuku panduannya untuk menyambung ponsel ke pc pake aps pc studio 3.1 yng didownload lewat situs samsung stelah terinstal dipc saya kx cuman mass storage aza ya…data2 pesan,multimedia,dll gak kebaca n yng paling ngeselin tuk sambungan internet pun g bisa,jadi apa salah saya ?
    makasi infonya gan…lam kenal

    1. jika Anda sangat membutuhkan koneksi internet menggunakan GALAXY Y, tinggal masuk ke Pengaturan, Nirkabel & Jaringan, Penarikan & hotspot portabel, lalu ceklis Penambatan USB (dalam keadaan ponsel terhubung ke PC via USB). sementara itu dulu yang bisa saya jawab, karena belum sempat mencoba langsung koneksi via Kies. ^,^ (jika ada perkembangan, jawaban akan saya update)

  33. Bos bisa buat main ptc di cliksense? tolong dicoba ya.Soale tu web butuh adobe flashplayer terbaru.thanks jwbanya

    1. sayangnya, saya tidak memiliki akun di Clixsense, sedangkan untuk bermain di situs PTC tersebut memerlukan login terlebih dahulu.

  34. mas gan..yg versi CDMA ga suppport Flash Player..saya sudah coba ga bisa..di android market flash player 11 tidak support untuk device Y CDMA..
    soalnya saya buka streaming tidak bisa
    apabila ada info lain mohon dshare..terima kasih

    1. mudahnya, Anda buka laman yangcanggih.com (web version) dan lihat tampilan artikel pilihan langsung dari browser GALAXY Y CDMA Anda. jika “terbaca”, yakni gambar dan ulasan singkat mengenai artikel tersebut dapat nampak, berarti smartphone Anda telah support flash. atau jika ingin lebih mudah, saya sudah menampilkan screenshot-nya pada artikel Review di atas.

      1. saya coba buka web yangcanggih.com di HP Galaxy Sch i509 Esia AHA sesuai petunjuk diatas, ternyata gambar tidak terlihat. coba download adobe flash player 11 dari market ada massege HP tidak support. Versi berapakah yang support ?

        1. web yang Anda buka memang akan diarahkan ke versi mobile-nya. untuk melihat apakah smartphone Anda kompatibel dengan konten flash yang saya maksudkan di Beranda yangcanggih.com, coba klik opsi “View Full Version” yang terdapat di bawah halaman yangcanggih.

    1. @himawan
      tergantung kebutuhan bro.. Agak susah bandingin blackberry dan android karena melayani kebutuhan yang agak berbeda.

  35. mau tanya gan…
    katanya galaxy young GSM bisa diinject esia….bener ga gan ? dan kalo memang bisa,dua-duanya jalan ga ?

    1. wah, saya belum pernah mendengarnya tuh. saya coba cari di Official Lounge salah satu forum juga tidak mengidentifikasikan demikian.. :D

  36. Bung Rtk,

    Saya memiliki Samsung Galaxy Y untuk CDMA ini, dan performanya buat saya cukup memuaskan, sesuai harga lah, tidak luar biasa tapi cukup. Cuma satu hal nih yg ingin saya tanyakan, mengapa saya tidak bisa menggunakan Google+ Messenger ya? Setelah masuk layar conversation Messenger, dan memilih conv. yg sudah ada, layar selalu blank hitam/white dan kembali lagi ke layar pilihan conversation (tidak terjadi apa-apa), apakah Bung Rtk juga mengalami hal yang sama?

  37. mas RTK yang OK- saya susah cari versi CDMA nya di bbrapa tmpat penjualan HP… mrk hanya punya GSM segudang… saran mas RTK dimana yg pasti ada ya? harga sama ya di 1.250.000rp? maturnuwun…

    1. nampaknya semua warna terbuat dari bahan yang sama, yakni dominasi plastik dengan lis besi yang mengelilingi bodi.

  38. gan… untuk memory sms apa sama dengan samsung” lain yg non android?
    sms disimpan tergantung memory external atau gimana ya?
    satu lagi apa bisa dijadiin gps?
    terima kasih sebelumnya…

    1. untuk memori SMS tidak terbatas, tergantung ketersediaan memori. sedangkan jika GPS yang Anda maksud adalah navigator, tentu saja bisa karena selain sudah built-in GPS, dukungan aplikasi Navigation dan Google Maps akan membantu Anda dalam menemukan tempat yang dicari.

  39. kok di spesifikasi utk processor GSM:832MHz dan yg CDMA: 600MHz(powered by snapdragon) artinya gmn yah? android 2.3 Gingerbread apa gak lemot(lamban) jika hanya menggunakan processor sebesar 600MHz ? thanks :)

    1. memang yang digunakan di versi CDMA ini sedikit lebih kecil (meski keduanya sama-sama menggunakan prosesor dari Qualcomm). namun selama pengoperasian tidak saya temukan masalah berarti kok. pastinya Samsung sudah “menghitung” penggunaan prosesor 600MHz ini agar tetap dapat berjalan dengan baik di produk mereka.

  40. bagaimana kalau dibandingkan dengan AHA touch modem keluaran Bakrie..mas..apa lebih baikkah galaxy Y

    1. AHA Touch modem masih menggunakan Froyo dan memiliki spesifikasi di bawah GALAXY Y, jadi tentu saja masih lebih baik GALAXY Y. kebetulan saya memiliki keduanya. GALAXY Y lebih responsif dan smooth dalam menerjemahkan perintah.

  41. Apakah Bos yakin hape tersebut bisa buat starone dikarenakan hape tersbut di bandling sm provider esia sama smartfren..sedangkan saya sempat konsultasi sama bagian tecnical indosat kemungkinan ga bisa…liat aja dulu barangnya n dicoba apakah bisa….sehingga membuat aku ga yakin apa yang aku mau beli…tolong dijawab bos plisss

    1. sayangnya, perdana StarOne saat ini sangat sulit ditemukan, baik di sekitar kompleks rumah saya di Karawaci, Tangerang, hingga pusat perbelanjaan ponsel ITC Roxy Mas sekalipun. yang menarik adalah, ketika saya menyambangi Galeri indosat di Kawasan Perkantoran ITC Roxy Mas, pihak Galeri sendiri mengatakan sudah tidak menjual perdana StarOne. di ITC Roxy Mas hanya tersisa nomor-nomor cantik berharga >Rp 100 ribu, sehingga saya tidak dapat mencobanya sendiri.

  42. Bos Mau Tanya..3 Hari yang lalu aku sempet ke indosat trus tanya apakah galaksi y bisa buat star one..cs nya bilang liat dulu aja barangnya sapa tau mesinnya ga suport sama kayak bb mas yang sekarang..ini yang aku buat ga yakin sama apa yang aku ingin beli hape tersebut..
    yang aku tanya ke bos n seberapa yakinkah hape tersebut bisa buat star one..sebelum aku beli….hehehe dikarenakan aku korban dari omongan orang..dimana aku beli bb buat star one lah kok sama pihak indosat..maaf hapenya ga bisa buat kartu tersebut padahal di indosat tertulis bahawa hape tipe tersebut bisa buat inject star one…tolong di jawab bos ya…secepatnya.

    1. secara teknis maupun spesifikasi seharusnya sudah bisa. namun untuk menjawab “yakin” atau tidaknya, memang harus melalui pembuktian terlebih dahulu (berhubung saya tidak memiliki perdana StarOne maupun Flexi, jawaban akan saya update segera).

  43. Mau tanya mas. dari sisi tampilan layar apakah samsung galaxy Y sudah cukup mumpuni ? kalau head to head dengan Nexian Journey yang sudah terinstall froyo gimana mas ? – thanks before untuk infonya ya. Soalnya agak tertarik yang CDMA nih.

    1. sayang sekali saya tidak bisa melakukan head-to-head secara langsung karena tidak memiliki unit Nexian Journey.

    1. dear, rachma. di daerah mana nih tepatnya? untuk memaksimalkan kecepatan yang didukung oleh GALAXY Y, Anda harus menggunakan Flexi EVDO dengan cara meng-upgrade perdana Flexi lama Anda ke Flexi EVDO; atau dengan membeli perdana baru seharga Rp.50 ribu. teknologi EVDO Flexi sendiri sebenarnya belum resmi diluncurkan, namun menurut informasi yang saya peroleh, teknologi yang digunakan adalah Rev.A (3.1Mbps) dan Rev.B Phase 1 (5.1Mbps).

    1. tentu bisa, namun untuk koneksi data hanya akan dilayani dengan kecepatan CDMA 1X, bukan EVDO. jika Anda hanya butuh browsing di jejaring sosial, ini sudah cukup kok.

  44. omm… pertannyaan mendasar…. beri nilai untuk samsung galaksi Y

    – multimedia??
    – sistem operasi??
    – daya tahan batree dan fisik??

    rating nilai 50-100 mas???? ane sebenernya naksir mas, tapi masi ragu???? tanks… jawabbnya ditunggu

  45. wah makasih byk info nya,..ini hp cdma yang sy cari cari,..thx a lot,..n sukses buat tulisan tulisan selanjutnya,.

  46. Terima kasih mas untuk infonya..
    Hmm btw mau nanya, galaxy y ini bisa buat wi-fi tethering juga kah ? Jadi sebagai modem n connect pc dengan wi-fi…

    Thanks infonya

    1. tentu saja bisa, seperti yang saya tulis di kesimpulan, bahwa untuk keperluan ini baterai akan semakin cepat terkuras habis sehingga lebih baik Anda lakukan sambil mengisi baterai atau siapkan charger portabel yang saat ini sudah banyak dijual.

    1. semua tergantung penerimaan sinyal, kok. jika di tempat Anda lebih bagus sinyal smartfren, tentu saja akan lebih optimal menggunakan kartu smartfren. :)

    1. Terima kasih. Tidak di-lock, kok. Nampaknya Samsung sudah mengantisipasinya dengan menggandeng 2 operator sekaligus ketika peluncurannya, yakni esia-AHA dan smartfren. Namun Anda bisa saja menggunakan flexi maupun starone.

  47. Mas Lee. Kalau dibandingkan dengan gsm, dari segi prise performance paket unlimited internetnya, bagus yang mana mas. misalkan dengan operator 3.

    1. Dear, Mamik. kalau menurut saya pribadi, saya lebih prefer CDMA-esia ini karena jaringan GSM sudah terlalu “penuh” yah untuk data, sehingga agak sulit mendapatkan kecepatan yang optimum. apalagi seperti yang sudah saya tulis, CDMA memiliki kanal jaringan yang berbeda untuk data dan suara, sehingga satu sama lain tidak saling memengaruhi. semoga membantu. :)

Back to top button