Nokia GEM 1 Nokia GEM, Ponsel Konsep dengan Bodi Layar Sentuh smartphone news mobile gadget

Dalam rangka ulang tahun Nokia Research Center, para pengembang desain dan teknologi ponsel Nokia mengeluarkan ponsel konsep mereka yaitu Nokia GEM. Konsep Nokia GEM terlihat lebih mutakhir dari ponsel berlayar fleksibel atau Nokia HumanForm yang menggunakan intuisi dalam pengoperasiannya. Para pengembang konsep menjelaskan bahwa dalam Nokia GEM, setiap bagian ponsel merupakan area sentuh. Jadi tidak hanya bagian depan, bahkan bagian belakang dan sisi ponsel pun merupakan area sentuh (dalam hal ini mungkin nantinya Anda akan bingung, mana ponsel bagian depan dan yang mana bagian belakang). Jarkko Saunamaki, Senior Design Manager yang memimpin pengembangan konsep Nokia GEM dalam Nokia Conversation mengatakan bahwa dinamakan GEM karena nantinya akan menjadi ponsel glamor layaknya batu permata yang bisa dilihat keindahannya dari berbagai sisi (3 Dimensi). Sebelum membahas lebih jauh, Anda bisa menyimak terlebih dahulu video demo berikut ini.

Ilustrasi dalam video demo menggambarkan seorang wanita yang sedang memegang dan mengoperasikan Nokia GEM. Dengan layar ganda (layar depan dan layar belakang), wanita tersebut bisa menjalankan dan membuka 2 aplikasi yang berbeda atau aplikasi sama dengan tampilan lebar 2 layar. Bisa dibilang kedua layar ini melakukan interaksi satu sama lainnya. Layar tampilan aplikasi bisa diperbesar atau diperkecil sesuai keinginan, dan penggunaan gesture penggambaran pola tertentu untuk membuka aplikasi dalam hal ini sang wanita menggambarkan aplikasi setengah lingkaran untuk mengaktifkan fitur kamera. Aktivasi zoom in dan zoom out dalam Nokia GEM juga dengan gesture sentuhan mencubit. Gerakan zoom seperti itu rasanya sudah tidak asing karena telah sudah diadopsi oleh banyak ponsel layar saat ini dan dikenal dengan istilah ‘pinch and zoom’.

Nokia GEM 2 Nokia GEM, Ponsel Konsep dengan Bodi Layar Sentuh smartphone news mobile gadget

Nokia GEM nantinya juga akan dirancang seperti Nokia HumanForm yang akan menampilkan avatar mood sesuai mood si pengguna. Asyiknya, dalam ilustrasi tersebut digambarkan Nokia GEM menampilkan gambar 3 dimensi yang bisa dilihat dari seluruh angle. Mudahnya berbagi file media ke ponsel lain hanya dengan gesture seperti menuangkan media tersebut. Jika melihat konsep ponsel masa depan secanggih ini, rasanya sudah tidak sabar untuk mencicipinya.