Tips: Memilih Ponsel Android Samsung

Oke, jadi Anda mulai tertarik untuk menggunakan smartphone dengan OS Android? Si Robot Ijo ini memang sedang naik daun dengan berbagai kecanggihannya, plus dukungan berbagai vendor yang rajin mengeluarkan berbagai varian handset di berbagai tingkat harga.

Samsung, perusahaan elektronik dan ponsel asal Korea Selatan, juga termasuk salah satu vendor yang memiliki banyak pilihan smartphone Android di berbagai segmen dengan kode nama GALAXY. Seri pertama GALAXY mereka adalah Spica yang cukup laris di pasaran, dan diikuti juga dengan seri-seri GALAXY lainnya hingga saat ini. Dengan makin banyaknya pilihan, memilih model yang paling sesuai bukanlah hal yang mudah. Berikut panduan kami agar Anda dapat tidak salah pilih meminang smartphone Android keluaran Samsung.

[tab:Rp 1 juta – Rp 1,5 juta]

GALAXY Y
Harga: Rp.1,200,000
Rekomendasi: Pelajar, Mahasiswa/i, atau pengguna Android Pemula

Y atau “Young”. Samsung membuat segmentasi yang sangat jelas, meski memiliki makna ganda: berusia muda atau berjiwa muda. Namun yang manapun Anda, GALAXY Y memang menawarkan banyak hal dengan harga yang sangat-sangat terjangkau, terutama bagi Anda pelajar/mahasiswa di penjualan hari pertamanya.

Desain candy bar yang dimiliki mungkin standar saja, dengan ketebalan 11.5mm dan bobot kurang dari 100g. Namun apa yang berada di balik bodinya tersebut cukup menarik banyak pihak: prosesor 832MHz serta kemampuan berselancar internet dengan HSDPA hingga 7.2Mbps. Meski layarnya 0.14 inci lebih kecil dari GALAXY mini, namun GALAXY Y memiliki pilihan warna menarik yang sesuai untuk definisi “Young” di atas.

OS Android Gingerbread juga membuat Anda tidak ketinggalan zaman meski dengan produk terjangkau. Dan satu lagi fitur yang menarik perhatian kami: Samsung GALAXY Y dilengkapi dengan aplikasi preloaded Find My Mobile yang memberikan Anda akses penuh untuk fungsi-fungsi penting sehingga Anda dapat melacak telepon ketika lupa menyimpannya, hilang atau dicuri, serta mengunci semua pesan. Jika kartu SIM Anda diganti maka sebuah pesan peringatan akan dikirim kepada nomor yang telah diset dan bahkan menghapus semua data dari telepon jika diperlukan. Ini fitur yang biasanya hanya Anda temukan di ponsel Rp.4 juta ke atas!

GALAXY mini
Harga: Rp.1,449,000
Rekomendasi: Pelajar, Mahasiswa/i, atau pengguna Android Pemula

Mungkin inilah ponsel Android Samsung yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan harganya yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan ponsel tipis (12.1mm) dengan layar cukup lebar (3.14 inci). Warna-warna yang disediakan mengindikasikan pangsa pasar yang dituju Samsung lewat varian ini.

Itu jika dari sisi desain. Beralih ke hardware, prosesor 600MHz yang ditanamkan sudah cukup mumpuni untuk menunjang kinerja GALAXY mini termasuk aktivitas multitasking sederhana. Selain itu berbagai konektivitas standar sudah tersedia, termasuk GPS internal untuk dipadupadankan dengan Google Maps.

Tentu tak ketinggalan sarana pengabadi gambar. Dengan resolusi 3MP, mini akan menjadi teman setia Anda dalam bernarsis ria serta dengan mudah mengunggahnya ke berbagai situs jejaring sosial.

Untuk ulasannya, bisa disimak di sini.

GALAXY 551
Harga: Rp.1,450,000
Rekomendasi: Pelajar, Mahasiswa/i, atau yang menyukai ponsel berdesain geser lengkap dengan layar sentuh dan keyboard QWERTY

Banyak orang yang ingin memiliki ponsel berlayar sentuh dan kibor QWERTY sekaligus untuk memudahkan pengetikan. GALAXY 551 ini memiliki semuanya. Lagipula pilihan warna pastel yang disediakan juga sangat cocok untuk kawula muda. Ukuran penampang layarnya 3.2 inci dengan bobot 156g saja.

Tersedianya keyboard QWERTY kami rasa cocok untuk Anda yang senang ngerumpi, entah via SMS, messenger, maupun wall di Facebook bersama teman-teman Anda. Kamera yang disematkan juga tidak pelit, sudah beresolusi 3MP sehingga bisa tetap nampak tajam ketika dicetak sekalipun.

[tab:Rp.1,5-2 juta]

GALAXY Fit
Harga: Rp.1,750,000
Rekomendasi: Mahasiswa/i, atau mereka yang baru bekerja

Desain GALAXY Fit terlihat lebih elegan sehingga cocok bagi mahasiswa/i tingkat akhir atau mereka yang baru memasuki dunia kerja. Ini ditunjang dengan hadirnya aplikasi pengolah dokumen dan layar 3.31 inci untuk memudahkan Anda dalam menginput data.

Soal kamera, GALAXY Fit sudah memberikan lensa beresolusi 5MP ditambah lampu kilat yang memudahkan Anda mengabadikan momen seru di klab malam. Setelah itu, bagikan di jejaring sosial karena GALAXY Fit telah memberikan layout halaman yang terintegrasi antara kontak, IM, email dan SNS Anda.

GALAXY Pro
Harga: Rp.1,850,000
Rekomendasi: Pekerja Kantoran, Dosen atau Guru

BlackBerry Dakota saat ini sedang banyak diburu karena memiliki desain khas BlackBerry candybar dengan kibor QWERTY plus layar sentuh. Nah, GALAXY Pro yang memiliki harga jauh lebih murah ini juga mempunyai keduanya. Desain elegan plus pemilihan kombinasi warna gelap-terangnya mampu menunjang penampilan Anda, apalagi ketebalannya hanya 10.65mm serta berbobot 106g saja.

GALAXY Pro dilengkapi dengan ThinkFree Office yang memungkinkan Anda membuat, membuka dan mengedit dokumen kerja langsung dari ponsel Anda. Hal ini juga didukung oleh deretan tombol QWERTY-nya yang sangat nyaman untuk digunakan untuk mengetik dengan cepat. Soal urusan kamera, GALAXY Pro masih mengusung resolusi 3MP yang meski tanpa ditemani oleh lampu kilat, namun sudah mampu mengambil fokus secara otomatis.

Dengan desain dan spesifikasi seperti ini, GALAXY Pro cocok bagi Anda pekerja kantoran yang sering berurusan dengan file-file dokumen atau untuk Anda yang berprofesi sebagai pengajar seperti dosen maupun guru.

[tab:Rp.2 juta – Rp 3 juta]

GALAXY Gio
Harga: Rp.2,000,000
Rekomendasi: Pengguna Android umum, Penyuka fesyen

GALAXY Gio memiliki desain melengkung tanpa sudut (rounded) dengan pilihan warna hitam dan putih yang elegan, cocok bagi pria maupun wanita penyuka fesyen. Bobot 102g tentu tak terasa memberatkan ketika Gio diselipkan ke dalam saku celana ataupun kemeja, apalagi dengan ketipisan hanya 12.15mm yang juga akan terasa nyaman di genggaman tangan Anda.

Layar TFT 3.2 inci kami rasa cukup untuk melakukan berbagai macam aktivitas seperti bermain, browsing maupun mengetik dokumen via keyboard virtualnya. Multitasking terasa lebih prima dengan prosesor 800MHz miliknya serta kemudahan mengakses berbagai fitur lewat widget serta SosialHub Basic. GALAXY Gio juga merupakan salah satu smartphone Samsung yang disertakan fitur SWYPE, di mana dengannya Anda bisa mengetik lebih cepat tanpa mengangkat jari ketika menelusuri huruf demi huruf hingga membentuk satu kata yang diinginkan.

GALAXY Ace
Harga: Rp.2,500,000
Rekomendasi: Pengguna Android umum, Penyuka GALAXY S namun dengan budget terbatas

GALAXY Ace merupakan jembatan terakhir antara seri low end dengan high end smartphone Android Samsung. Memiliki desain elegan dengan dot-dot timbul layaknya GALAXY S di bagian belakang, Ace juga mampu tampil elegan dan mewah secara keseluruhan. Berdesain sama seperti Gio dengan sudut membulat, kesan minimalis tetap muncul di ketipisan 11.5mm serta bobot 113g yang dimilikinya. Layar 3.5 inci yang lebih lebar tentu akan semakin memanjakan Anda kala berinteraksi dengan Ace.

Anda juga akan mendapat prosesor berkecepatan yang sama dengan Gio – namun tunggu! Kamera 5MP plus lampu kilat dan Auto Focus tentu menjadi nilai tambah. Fitur berguna macam buat-edit-baca dokumen, SWYPE, voice search, SocialHub dan berbagai konektivitas kabel dan nirkabel juga tidak ketinggalan. Inilah smartphone rasa GALAXY S dengan harga bersahabat!

[tab:Rp.3-4 juta]

GALAXY S
Harga: Rp.3,900,000
Rekomendasi: Pengguna Android mahir, Professional muda

Samsung mungkin tak menyangka bahwa seri smartphone premium mereka ini bakal laris terjual di seluruh dunia sejak diluncurkan pertama kali tahun lalu. Angka penjualan yang fantastis tersebut ikut mendongkrak perolehan peringkat mereka menjadi nomor 1 dalam kategori penjualan smartphone. GALAXY S memiliki layar 4 inci Super AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) yang terbaik saat itu. Dengan refleksi kurang hingga 80%, Anda dapat melihat konten favorit bahkan di bawah terik matahari sekalipun.

Prosesor 1GHz membuat performanya cepat dan stabil, ditambah memori 16GB internal sehingga Anda tak perlu bergantung pada microSD. Kegiatan berselancar Anda juga makin menyenangkan dengan pengalaman baru lewat browser eksklusif Layar yang disupport oleh Tele Atlas. Memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality), Anda dapat melihat POIs (Points Of Interest) lebih dari lokasi Anda saat ini dengan hanya mengarahkan kamera telepon ke arah yang Anda pilih.

Dengan automatic car mode ketika dalam cradle mobil, GALAXY S menggunakan Google Maps akan memberikan tiga pandangan yang berbeda untuk memandu Anda selama berkendaraan: tampilan jalan sesungguhnya, tampilan lalu lintas, dan tampilan satelit. Kameranya sendiri beresolusi 5MP dengan AF dan flash, serta kamera kedua dengan resolusi VGA. Dengannya Anda bisa merekam video HD 720p dengan kecepatan 30fps. Semuanya itu terbalut dalam device tipis 9.9mm berbobot 119g.

Dengan spesifikasi tersebut, GALAXY S akan cocok bagi Anda yang membutuhkan perangkat Android powerful dengan desain yang elegan.

[tab:Rp.4 juta ke atas]

GALAXY SII
Harga: Rp.5,499,000
Rekomendasi: Pengguna Android Mahir, Professional

Inilah penerus GALAXY S dengan kemampuan yang lebih dan lebih. GALAXY SII hadir dengan bodi lebih ramping (8.49mm) dan ringan (116g), layar SUPER AMOLED Plus digabungkan dengan dual core prosesor 1.2Ghz yang kuat serta secara signifikan memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi. Nah, jika Anda tak hanya mementingkan gaya dan desain, atau justru mencari perangkat yang benar-benar handal untuk menunjang kreativitas Anda yang terbatas, si “Super Smartphone” ini nampaknya akan cocok untuk Anda.

Layar cemerlang yang diklaim Samsung menampilkan warna terbaik, memberikan rasio kontras tinggi serta ketajaman gambar yang hebat memang bukan omong kosong. Belum lagi ditambah pengurangan waktu respons video sehingga menghasilkan pemutaran video tanpa blur. Teknologi yang dikembangkan sendiri oleh Samsung ini pun dapat menghemat ruang dan daya serta konsumsi energi kurang dari 18% dari tampilan sebelumnya.

Di sektor multimedia, Anda akan mendapatkan kamera 8MP lengkap dengan flash, AF dan berbagai pengaturan laiinya, serta kemampuan merekam video Full HD 1080p. Selain itu, fitur Game Hub memungkinkan Anda untuk mengunduh 12 permainan jaringan sosial dan 13 game premium termasuk Gameloft Let Golf! 2 dan Real Football 2011.

Untuk ulasannya, bisa disimak di sini.

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.

26 Responses

  1. yulia rozha

    mas,,mana bagusan samsung galaxy chat B5330 daripada samsung Gt-s5282 samsung star..soalnya saya lagi kebingungan ni mas..mana yang bagus..
    dan mana yg versi android ny lebih tinggi mas..

    mohon d bls ya mas,,

  2. hasan

    mas,, hp samsung yg bisa buat skype hrganya dibwh 2j apa ya?
    terimakasih

  3. kiara daffa

    kira-kira tempat beli hp yang bagus (harganya dan kualitasnya) mending di dealernya asli apa di penjual eceran kayak di ITC Cempaka Mas sama di ambasador gitu ya mas?

  4. kiara daffa

    Galaxy Y boleh juga tuh…. hehehe :D sepertinya cocok untuk saya yang masih di jenjang pendidikan SMP. Harganya juga cocok nih sama tabungan saya :)

  5. cindy

    knp galaxy mini ku gk bs mms? gmn cra ngatur setting mmsny ya?
    thx

  6. fandy

    gan,, samsung android yg bsa buat maen gme zynga poker ada gk?? tp yg harganya dibawah 2 jtaan,,??
    tks,,,

  7. subchan

    mau tanya ni sekalian lagi butuh Ponsel samsung dengan fitur dual gsm, layar sentuh bisa landscape, java, jaringan 2g, harga dibawah 1 juta. Ada tidak?Tipe berapa

    • Rtk Lee

      tentu saja ada: Samsung Champ Deluxe/DUOS atau bisa Anda tanyakan ke konter ponsel, “Ponsel Ayu Ting-Ting”. kebetulan sudah saya review di YANGCANGGIH, silakan baca di sini.

  8. nadnidnud

    apa sih bedanya OS gingerbread ama OS froyo pada galaxy Y dan Mini ???
    lebih bagus mana kah ????

    • Rtk Lee

      perbedaan paling signifikan ada pada kinerja serta kompabilitas sistem. tentu saja, semakin baru (Gingerbread) akan semakin baik dibandingkan versi pendahulunya (Froyo). apalagi secara spesifikasi hardware, GALAXY y lebih bertenaga dibandingkan Mini, namun dengan harga yang sama terjangkaunya.

  9. arieshantye

    gan…….. type hp samsung yang paling murah yang bisa buat
    videocall skype ??????? makasih gan

    • Rtk Lee

      mudahnya, cari saja ponsel dengan kamera depan. nampaknya saat ini GALAXY Ace atau Wonder bisa menjadi pilihan.

  10. Muiz

    Gan… Samsung galaxy jenis apa yg bisa di buat video call via skype ????

  11. rina agustin

    bagusan mana ya? Samsung galaxy young apa gio?

  12. amatsabar

    situs web nya terlalu canggih, bisa gerak-gerak lagi, ngak enak dibaca dan bikin sakit mata!!

    • Rtk Lee

      keluhan Anda sudah kami tindaklanjuti. mohon maaf atas ketidaknyamanan, dan terima kasih atas kritik membangun Anda. :)

  13. uwin

    mas bisa ga yah main zynga poker di hp samsung y???

    • Rtk Lee

      untuk mengetahuinya, coba masuk ke Android Market lalu cari Zynga Poker. jika aplikasi tersebut dapat “nampak”, maka kemungkinan besar Anda bisa memainkannya langsung di GALAXY Young. :)

  14. diana

    apakah samsung galaxy 5 tidak layak masuk kategori smartphone android yang seperti anda pilih diatas ?

    • Rtk Lee

      lebih tepatnya, Samsung GALAXY 5 sudah “digantikan” oleh versi lebih baru yang lebih mumpuni, seperti GALAXY Mini, sehingga tidak kami tampilkan.

  15. subkhan

    fungsinya CD Kies buat apa?? Saya pake galaxy 5, OS android 2.1, bisa di up grade ke OS 2.3 gak?? caranya? makasih

    • Rtk Lee

      CD Kies digunakan nuntuk mendapatkan lebih banyak fitur atau fungsi saat menghubungkan ponsel dengan PC. untuk Galaxy 5 versi Eclair hanya bisa diupgrade ke Froyo, caranya tinggal datang saja ke SSC. prosesnya sekitar 15-30 menit kok, kebetulan saya pernah melakukan upgrade seri tersebut ke SSC Pusat di Tomang.