Quantcast
KomputerLaptopReview

Review HP Pavilion G4: Notebook Kencang dengan Cover Trendi

Melakukan personalisasi dengan menggunakan stiker untuk cover atas notebook Anda mungkin cukup menarik, namun apakah begitu juga dengan bekas yang ditinggalkannya ketika Anda ingin menggantinya dengan grafis yang lain? Alih-alih menggunakan stiker, lebih baik Anda gunakan saja cover Snap-On ala HP yang dapat ditemui lewat HP Pavilion G4 ini, sebuah notebook handal bagi Anda yang berjiwa muda.

hp00

Desain

Pavilion G4 disasar untuk kawula muda yang membutuhkan laptop dengan kinerja handal. Untuk itulah HP memberikan opsi lepas-pasang cover depan notebook ini. HP menyebutnya dengan Snap-On. Secara keseluruhan, dimensi G4 terasa pas baik dalam keadaan tertutup maupun terbuka. Begitu pula bobotnya, tidak melelahkan ketika harus ditenteng cukup lama (apalagi jika cover yang digunakan nyentrik sehingga menarik perhatian), serta tidak merongrong punggung ketika harus digendong di dalam tas.

kipas1

G4 memiliki kipas di sisi kiri dekat dengan engsel layar. Udara yang dikeluarkannya cukup sejuk sehingga beberapa barang yang ditaruh di samping seperti ponsel atau hard disk eksternal, tidak terpapar hawa panas dari kipas. Imbas ini juga terasa pada keyboardnya yang tetap terjaga dalam suhu normal, meski G4 bukan termasuk seri yang membawa teknologi HP CoolSense. Sayangnya, bagian di bawah keyboard dan di sisi kiri optical pad masih terasa hangat walau tidak sampai mengganggu tangan kiri saya selama pengoperasian.

hp04

Rancang bangun G4 cukup kokoh dengan tidak adanya bagian yang longgar. Selain itu tombol-tombal pada papan keyboardnya juga empuk dengan feedback cukup baik. Hal tersebut juga ditunjang dengan ukuran penampang tiap tombolnya dengan lebar sekitar 1.5cm.

hp08

Touch pad G4 didesain menyatu dengan bodi dengan tambahan tekstur dot sehingga tidak licin ketika digunakan. Respons terhadap sentuhan termasuk rata-rata, namun Anda dapat menggunakan multigesture/multitoch dengannya. Itu berarti performanya mirip seperti layar sentuh kapasitif. Selain itu, HP juga memberikan fungsi kunci touchpad yang ditandai oleh lampu LED berwarna kuning.

Kinerja

Properties komputer

Mengandalkan processor Intel Core i5-2410M (2.30 GHz, Cache 3MB) dengan Chipset Intel HM55 dan RAM 2 GB DDR3 PC-10600, kinerjanya termasuk memadai. Platform Sandy Bridge terbukti memiliki keseimbangan yang baik dalam hal performa pemrosesan dan efisiensi daya. HP Pavilion G4 terbukti mampu menjalankan semua tugas dengan baik, kecuali game 3D yang memang menuntut chip grafis terpisah untuk performa maksimal.

Audio
hp07

HP memercayakan keluaran suaranya kepada Altec Lansing dan SRS Premium Sound yang jamak ditemui pada smartphone maupun pemutar media. Meski kualitas suaranya terjaga ketika diset ke maksimal, suaranya tergolong biasa saja walaupun tingkat kekerasan suaranya cukup “nendang”.

SRS premium sound

Video
Menggunakan teknologi HP HD LED BrightView display, layar g4 tidak cepat membuat mata lelah. Efek radiasi yang biasa saya rasakan ketika menggunakan laptop atau PC dalam waktu lama juga hampir tidak ada. Ini tentu kabar baik bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi atau mereka yang sering bekerja hingga larut malam. Sedangkan dalam memutar video hingga Full HD 1080p mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih.

Kamera
kamera02

Bagi yang iseng gemar foto-foto narsis, mungkin akan sering menggunakan kamera webcam. Untuk tangkapan di dalam ruangan sudah cukup baik, meski masih terlihat kasar walau telah dibantu lampu LED putih yang lebih cocok disebut indikator kamera sedang aktif dibandingkan sebagai pembantu pencahayaan.

Browsing
HP memberikan fitur HP QuickWeb dengan shorcut lewat tombol F5. Dengan menekan tombol tersebut Anda akan langsung dapat berselancar di dunia maya menggunakan peramban yang telah diset sebagai default. Permasalahannya adalah ketika Anda perlu melakukan penyegaran (refresh) atau muat-ulang (reload) halaman, tombol dedikasi yang biasa diletakkan di F5 tersebut menjadi tidak berfungsi karena peramban akan membuka tab baru alih-alih memuat ulang halaman. Meski begitu fungsi multitouch yang disupport oleh touch pad-nya menjadikan Anda dapat memperbesar halaman dengan mudah dan cepat.

Editing
editing mode

Hobi membuat film? Jika Anda mencari laptop yang mampu mengakomodir kebutuhan editing sederhana Anda, G4 dapat dijadikan pertimbangan. Saya mencoba menginstal Pinnacle Studio 14 – sebuah software editing rumahan – dan mengedit film sampel yang disediakan sambil melakukan aktivitas lain. Perpindahan antarjendela dapat berlangsung dengan normal dan kinerja G4 tidak mengalami gangguan berarti.

Baterai

Daya tahan baterainya cukup membantu pekerjaan saya yang kadang harus ‘nongkrong’ di kafe untuk mendapatkan suasana maupun inspirasi baru. Kemampuan hidup hingga 8 jam membuat saya tak perlu terbebani dengan kabel dan adaptor, apalagi ujung colokannya membutuhkan konverter tambahan karena berbentuk kaki tiga.

Benchmarking

Hasil 3D Test
3D Benchmark

Benchmark Cinebench R10
cinebench

Fitur Tambahan

Windows 7 Home Basic & Antivirus Gratis
antivirus gratis

G4 telah dilengkapi OS Windows 7 Home Basic 64 bit Original. Itu berarti Anda bisa mengunduh Microsoft Security Essential secara gratis karena software keamanan tersebut hanya bisa diunduh oleh komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows yang asli.

DLNA
dlna

Dengan DLNA, G4 mampu berkomunikasi secara bebas dengan perangkat lain yang telah mendapat sertifikasi DLNA pula seperti TV, tablet, smartphone, dan gadget tanpa kabel.

HP Games
hp Games

G4 juga memiliki fitur HP Games yang menyediakan banyak software permainan gratis siap unduh – tentu setelah Anda membayar beberapa Dollar. hp Games akan memanfaatkan koneksi internet, dan sifatnya mirip dengan Apps Market pada OS kebanyakan. Tersedia juga versi trial untuk Anda coba agar tak merasa “membeli kucing dalam karung”.

Kesimpulan & Spesifikasi

Secara keseluruhan, performa notebook ini cukup memuaskan baik dari sisi desain, audio-visual hingga ke performa. Untuk harganya, HP Pavilion G4 cukup bersaing jika dibandingkan merek lain. Harga di kisaran Rp 6 juta tergolong cukup murah dan terjangkau, apalagi jika mempertimbangkan performa “ngebut” yang ditawarkannya.

Pros:
(+) Kinerja memuaskan
(+) Baterai mampu bertahan hingga 8 jam
(+) Desain menarik dengan Snap-On

Cons:
(-) Tombol F5 yang merupakan fitur hp QuickWeb tidak dapat digunakan untuk refresh web page ketika pengguna sedang on line (harus menekan tombol fn)
(-) Daerah di samping kiri optical pad masih terasa hangat selama penggunaan

Harga
$649 (Rp.6 jutaan)

Spesifikasi

Processor Type
Intel Core i5
Processor Onboard
Intel? Core™ i5-2410M (2.30 GHz, Cache 3MB)
Chipset
Intel HM55

Standard Memory
2 GB DDR3 PC-10600
Max. Memory
8 GB (2 DIMMs)
Video Type
ATi Mobility Radeon HD 6470 1GB
Display Size
14″ WXGA LED
Display Max.Resolution
1366×768
Display Technology
BrightView LED

Audio Type Integrated
Altec Lansing Premium Sound Speaker
Speakers Type
Stereo Integrated
Floppy Drive
Optional
Hard Drive Type
500GB Serial ATA 5400 RPM
Optical Drive Type
DVD?RW

Networking
Integrated
Network Speed
10/100 Mbps
Wireless Network Type
Integrated
Wireless Network Protocol
IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Wireless Bluetooth
Available

Keyboard Type
Full size
Input Device Type
Touch Pad
Card Reader Provided
SD, SDHC, MMC, Memory Stick/ Stick PRO, xD-Picture Card
Interface Provided
3x USB 2.0, VGA, HDMI, LAN, Audio
O/S Provided
Pre-sales Request Available

Battery Type
Rechargeable Lithium-ion Battery
Power Supply
External AC Adapter
Bobot
2.2 kg
Standard Warranty
1 Tahun Limited Warranty oleh Distributor

[tab:Foto-foto Peluncuran]

Launch06

Launch03

Launch04

Launch02

Launch01

Launch05

Launch07

25 komentar

  1. Mau nannya. Saya sudah pake laptop ini sekitar 1 tahun, dulu jika bermain game tidak mudah overheat, tetapi sekarang sering sekali overheat, itu kenapa ya?

    1. biasanya ada software khusus yang sudah diinstal saat pertama kali pembelian. jika Anda tak dapat menemukannya, coba Googling saja dengan kata kunci seperti hp pavilion g4 webcam driver atau semacamnya. ngomong-ngomong, apakah HP g4 Anda sudah pernah di-instal ulang? jika belum pernah, harusnya software webcam tersebut dapat dengan mudah ditemukan di batang mulai (Start).

  2. udah ada di rumah. baru pake +/- 1 bulan, HDD nya berbunyi krek krek krek.. TT
    batere kayaknya ga sampe 8 jam dh..
    awal emang ga delay, pas udah di pake, terasa jg delay nya y..

    1. @rafickerza
      sepertinya harga masih mirip, tapi pastikan spesifikasi yang didapat sudah Ivy Bridge. biasanya dengan kode prosesor Core ix-3xxx.

  3. itu beneran kuat 8 jam baterenya kang ?
    lama banget.. laptop ane juga pavilion g4 tapi cuma kuat paling lama 3 jam..haha

    1. mungkin bisa dicapai dalam kondisi tertentu, misal semua fitur konektivitas (Bluetooth, WLAN) dalam keadaan mati, suhu ruang pengoperasian yang tidak terlalu panas, dan program yang dibuka atau digunakan tidak banyak. misalnya, laptop hanya Anda gunakan untuk mengetik. selain itu, masa pakai paling optimal memang biasanya hanya bisa didapatkan saat awal-awal penggunaan. setelah pemakaian beberapa bulan maka lama pakainya akan semakin jauh berkurang.

  4. bozzzzzzzzzzzz……. mau tanya ni laptop saya ni papilion g4 sempat errorrrrr OS nya saya restart tetap juga tuh lalu saya coba copot batrenya lalu saya nyalain lagi normal lagi .paktor apa ya yg bikin errorrrr OS Bozzzzzzzzzzzz makasi

  5. bang bro, mau nanya nih cara ngatur tombol fn gmn? soalnya misalnya mau ngatur cahaya biar lebih terang kan kalo laptop lain harus ketik fn+f3, ini malah langsung pencet f3nya. kadang” ini bikin ribet.. tolong bantuannya yah terima kasih banyak, kirim ke email gw yah jawabannya thx loh..

    1. @ra
      biasanya ada dua tombol dengan lambang matahari kecil dan matahari besar. Kalo kecil, redupin. Kalo besar, terangin. Tekan fn + tombol yang diinginkan (biasanya sih f5 dan f6). Semoga membantu.

  6. Bang, ane bingung, untuk numpad laptop ni bener2 ga’ tersedia ya? Dah gitu ga’ ada solusi cara praktisnya gimana? Coz, ane pengemar desain grafis 3D. Pas mw view musti pake’ numpad. Lha, kalo ga’ bisa solusinya bagaimana?

    Terimakasih

  7. Coba mau nanyak gan…!!!!! saya punya laptop baru 2 bln jadi saya masih awam sekalai soal laptop. mohon di bantu cara mengatur gelap terang layar laptop saat ini terasa terang sekali…..
    maksih sebelumnya.

    1. oke, pertama di halaman desktop/beranda/home screen, klik kanan lalu pilih Personalize. klik Screen saver dan akan terbuka jendela baru, pilih Change power setting. Anda akan dibawa ke jendela baru lagi yang bisa juga diakses dari Start > Control Panel > Power Options. untuk OS Windows Vista atau 7, cari Adjust the display brightness di halaman tersebut lalu atur sesuai selera Anda dengan menggeser parameternya (ke kanan semakin terang).

  8. nahh yg perlu sya tanyakan dimana letak tombol numlocknya pada keyboard G4 tidak tertera icon atau tulisan numlock ?
    Atau ada gak cara lain aktifin numlocknya bgamana ?
    biasanya tekan Fn + Nm lock

    tpi Nm locnya ga ada..
    kebetulan sya punya notebook seri ini
    trima ksih atas penjelasanya>>

    1. memang tidak ada tombol NumLock karena tidak tersedia NumPad atau tombol pengganti yang berfungsi sebagai NumPad. :)

    2. sama, ane jg punya laptop yg serie ini..
      problem yg sama, numlocknya ga ketemu, gmn ini? mohon bantuannya

      1. @akangx
        memang nggak ada numpad kok. Solusinya, pakai aksesoris numpad USB.

        1. wah, ane selalu mencoba untuk independen kok gan dalam menulis. selama ane menggunakannya untuk berbagai keperluan tes di atas, memang hanya itu kekurangan yang ane temukan. like as usually, semakin lama digunakan kita akan semakin banyak mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu barang, bukan? jadi mungkin seharusnya pihak hp Indonesia meminjamkan saya g4 lebih lama lagi, hahaha… :D

Back to top button