Review HP Pavilion G4: Notebook Kencang dengan Cover Trendi

Melakukan personalisasi dengan menggunakan stiker untuk cover atas notebook Anda mungkin cukup menarik, namun apakah begitu juga dengan bekas yang ditinggalkannya ketika Anda ingin menggantinya dengan grafis yang lain? Alih-alih menggunakan stiker, lebih baik Anda gunakan saja cover Snap-On ala HP yang dapat ditemui lewat HP Pavilion G4 ini, sebuah notebook handal bagi Anda yang berjiwa muda.

[tab:Desain]

Pavilion G4 disasar untuk kawula muda yang membutuhkan laptop dengan kinerja handal. Untuk itulah HP memberikan opsi lepas-pasang cover depan notebook ini. HP menyebutnya dengan Snap-On. Secara keseluruhan, dimensi G4 terasa pas baik dalam keadaan tertutup maupun terbuka. Begitu pula bobotnya, tidak melelahkan ketika harus ditenteng cukup lama (apalagi jika cover yang digunakan nyentrik sehingga menarik perhatian), serta tidak merongrong punggung ketika harus digendong di dalam tas.

G4 memiliki kipas di sisi kiri dekat dengan engsel layar. Udara yang dikeluarkannya cukup sejuk sehingga beberapa barang yang ditaruh di samping seperti ponsel atau hard disk eksternal, tidak terpapar hawa panas dari kipas. Imbas ini juga terasa pada keyboardnya yang tetap terjaga dalam suhu normal, meski G4 bukan termasuk seri yang membawa teknologi HP CoolSense. Sayangnya, bagian di bawah keyboard dan di sisi kiri optical pad masih terasa hangat walau tidak sampai mengganggu tangan kiri saya selama pengoperasian.

Rancang bangun G4 cukup kokoh dengan tidak adanya bagian yang longgar. Selain itu tombol-tombal pada papan keyboardnya juga empuk dengan feedback cukup baik. Hal tersebut juga ditunjang dengan ukuran penampang tiap tombolnya dengan lebar sekitar 1.5cm.

Touch pad G4 didesain menyatu dengan bodi dengan tambahan tekstur dot sehingga tidak licin ketika digunakan. Respons terhadap sentuhan termasuk rata-rata, namun Anda dapat menggunakan multigesture/multitoch dengannya. Itu berarti performanya mirip seperti layar sentuh kapasitif. Selain itu, HP juga memberikan fungsi kunci touchpad yang ditandai oleh lampu LED berwarna kuning.

[tab:Kinerja]

Mengandalkan processor Intel Core i5-2410M (2.30 GHz, Cache 3MB) dengan Chipset Intel HM55 dan RAM 2 GB DDR3 PC-10600, kinerjanya termasuk memadai. Platform Sandy Bridge terbukti memiliki keseimbangan yang baik dalam hal performa pemrosesan dan efisiensi daya. HP Pavilion G4 terbukti mampu menjalankan semua tugas dengan baik, kecuali game 3D yang memang menuntut chip grafis terpisah untuk performa maksimal.

Audio

HP memercayakan keluaran suaranya kepada Altec Lansing dan SRS Premium Sound yang jamak ditemui pada smartphone maupun pemutar media. Meski kualitas suaranya terjaga ketika diset ke maksimal, suaranya tergolong biasa saja walaupun tingkat kekerasan suaranya cukup “nendang”.

Video
Menggunakan teknologi HP HD LED BrightView display, layar g4 tidak cepat membuat mata lelah. Efek radiasi yang biasa saya rasakan ketika menggunakan laptop atau PC dalam waktu lama juga hampir tidak ada. Ini tentu kabar baik bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi atau mereka yang sering bekerja hingga larut malam. Sedangkan dalam memutar video hingga Full HD 1080p mampu menghasilkan gambar yang tajam dan jernih.

Kamera

Bagi yang iseng gemar foto-foto narsis, mungkin akan sering menggunakan kamera webcam. Untuk tangkapan di dalam ruangan sudah cukup baik, meski masih terlihat kasar walau telah dibantu lampu LED putih yang lebih cocok disebut indikator kamera sedang aktif dibandingkan sebagai pembantu pencahayaan.

Browsing
HP memberikan fitur HP QuickWeb dengan shorcut lewat tombol F5. Dengan menekan tombol tersebut Anda akan langsung dapat berselancar di dunia maya menggunakan peramban yang telah diset sebagai default. Permasalahannya adalah ketika Anda perlu melakukan penyegaran (refresh) atau muat-ulang (reload) halaman, tombol dedikasi yang biasa diletakkan di F5 tersebut menjadi tidak berfungsi karena peramban akan membuka tab baru alih-alih memuat ulang halaman. Meski begitu fungsi multitouch yang disupport oleh touch pad-nya menjadikan Anda dapat memperbesar halaman dengan mudah dan cepat.

Editing

Hobi membuat film? Jika Anda mencari laptop yang mampu mengakomodir kebutuhan editing sederhana Anda, G4 dapat dijadikan pertimbangan. Saya mencoba menginstal Pinnacle Studio 14 – sebuah software editing rumahan – dan mengedit film sampel yang disediakan sambil melakukan aktivitas lain. Perpindahan antarjendela dapat berlangsung dengan normal dan kinerja G4 tidak mengalami gangguan berarti.

Baterai

Daya tahan baterainya cukup membantu pekerjaan saya yang kadang harus ‘nongkrong’ di kafe untuk mendapatkan suasana maupun inspirasi baru. Kemampuan hidup hingga 8 jam membuat saya tak perlu terbebani dengan kabel dan adaptor, apalagi ujung colokannya membutuhkan konverter tambahan karena berbentuk kaki tiga.

Benchmarking

Hasil 3D Test

Benchmark Cinebench R10

[tab: Fitur Tambahan]

Windows 7 Home Basic & Antivirus Gratis

G4 telah dilengkapi OS Windows 7 Home Basic 64 bit Original. Itu berarti Anda bisa mengunduh Microsoft Security Essential secara gratis karena software keamanan tersebut hanya bisa diunduh oleh komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows yang asli.

DLNA

Dengan DLNA, G4 mampu berkomunikasi secara bebas dengan perangkat lain yang telah mendapat sertifikasi DLNA pula seperti TV, tablet, smartphone, dan gadget tanpa kabel.

HP Games

G4 juga memiliki fitur HP Games yang menyediakan banyak software permainan gratis siap unduh – tentu setelah Anda membayar beberapa Dollar. hp Games akan memanfaatkan koneksi internet, dan sifatnya mirip dengan Apps Market pada OS kebanyakan. Tersedia juga versi trial untuk Anda coba agar tak merasa “membeli kucing dalam karung”.

[tab:Kesimpulan & Spesifikasi]

Secara keseluruhan, performa notebook ini cukup memuaskan baik dari sisi desain, audio-visual hingga ke performa. Untuk harganya, HP Pavilion G4 cukup bersaing jika dibandingkan merek lain. Harga di kisaran Rp 6 juta tergolong cukup murah dan terjangkau, apalagi jika mempertimbangkan performa “ngebut” yang ditawarkannya.

Pros:
(+) Kinerja memuaskan
(+) Baterai mampu bertahan hingga 8 jam
(+) Desain menarik dengan Snap-On

Cons:
(-) Tombol F5 yang merupakan fitur hp QuickWeb tidak dapat digunakan untuk refresh web page ketika pengguna sedang on line (harus menekan tombol fn)
(-) Daerah di samping kiri optical pad masih terasa hangat selama penggunaan

Harga
$649 (Rp.6 jutaan)

Spesifikasi

Processor Type
Intel Core i5
Processor Onboard
Intel? Core™ i5-2410M (2.30 GHz, Cache 3MB)
Chipset
Intel HM55

Standard Memory
2 GB DDR3 PC-10600
Max. Memory
8 GB (2 DIMMs)
Video Type
ATi Mobility Radeon HD 6470 1GB
Display Size
14″ WXGA LED
Display Max.Resolution
1366×768
Display Technology
BrightView LED

Audio Type Integrated
Altec Lansing Premium Sound Speaker
Speakers Type
Stereo Integrated
Floppy Drive
Optional
Hard Drive Type
500GB Serial ATA 5400 RPM
Optical Drive Type
DVD?RW

Networking
Integrated
Network Speed
10/100 Mbps
Wireless Network Type
Integrated
Wireless Network Protocol
IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Wireless Bluetooth
Available

Keyboard Type
Full size
Input Device Type
Touch Pad
Card Reader Provided
SD, SDHC, MMC, Memory Stick/ Stick PRO, xD-Picture Card
Interface Provided
3x USB 2.0, VGA, HDMI, LAN, Audio
O/S Provided
Pre-sales Request Available

Battery Type
Rechargeable Lithium-ion Battery
Power Supply
External AC Adapter
Bobot
2.2 kg
Standard Warranty
1 Tahun Limited Warranty oleh Distributor

[tab:Foto-foto Peluncuran]

About The Author

Memiliki pengalaman melaporkan dan mengulas produk telekomunikasi sejak 2009, pria bernama lengkap Rateka Winner Lee ini juga menggemari dunia videografi berkat latar pendidikannya di FFTV IKJ.

25 Responses

  1. Yogi Ali

    mo tny..gmn cara m’aktifkan webcam d laptop HP pavilion g4???thanks..

  2. MFathurrizqi

    Mau nannya. Saya sudah pake laptop ini sekitar 1 tahun, dulu jika bermain game tidak mudah overheat, tetapi sekarang sering sekali overheat, itu kenapa ya?

  3. saman

    numpang tanya bgaimana cra mengaktifkan bluetooth di laptop hp pavilion g4 series

  4. ima

    mo tny..gmn cara m’aktifkan webcam d laptop HP pavilion g4???thanks..

    • Rtk Lee

      biasanya ada software khusus yang sudah diinstal saat pertama kali pembelian. jika Anda tak dapat menemukannya, coba Googling saja dengan kata kunci seperti hp pavilion g4 webcam driver atau semacamnya. ngomong-ngomong, apakah HP g4 Anda sudah pernah di-instal ulang? jika belum pernah, harusnya software webcam tersebut dapat dengan mudah ditemukan di batang mulai (Start).

      • Yogi Ali

        kalau yang sudah pernah diinstal. gimana caranya

  5. herty

    udah ada di rumah. baru pake +/- 1 bulan, HDD nya berbunyi krek krek krek.. TT
    batere kayaknya ga sampe 8 jam dh..
    awal emang ga delay, pas udah di pake, terasa jg delay nya y..

  6. rafickerza

    Sekarang brapa neh harganya ??? Ane tertarik juga……

    • Kristian Tjahjono

      @rafickerza
      sepertinya harga masih mirip, tapi pastikan spesifikasi yang didapat sudah Ivy Bridge. biasanya dengan kode prosesor Core ix-3xxx.

  7. rekiyan

    itu beneran kuat 8 jam baterenya kang ?
    lama banget.. laptop ane juga pavilion g4 tapi cuma kuat paling lama 3 jam..haha

    • Rtk Lee

      mungkin bisa dicapai dalam kondisi tertentu, misal semua fitur konektivitas (Bluetooth, WLAN) dalam keadaan mati, suhu ruang pengoperasian yang tidak terlalu panas, dan program yang dibuka atau digunakan tidak banyak. misalnya, laptop hanya Anda gunakan untuk mengetik. selain itu, masa pakai paling optimal memang biasanya hanya bisa didapatkan saat awal-awal penggunaan. setelah pemakaian beberapa bulan maka lama pakainya akan semakin jauh berkurang.

  8. bimo cahyo

    bozzzzzzzzzzzz……. mau tanya ni laptop saya ni papilion g4 sempat errorrrrr OS nya saya restart tetap juga tuh lalu saya coba copot batrenya lalu saya nyalain lagi normal lagi .paktor apa ya yg bikin errorrrr OS Bozzzzzzzzzzzz makasi

  9. ra

    bang bro, mau nanya nih cara ngatur tombol fn gmn? soalnya misalnya mau ngatur cahaya biar lebih terang kan kalo laptop lain harus ketik fn+f3, ini malah langsung pencet f3nya. kadang” ini bikin ribet.. tolong bantuannya yah terima kasih banyak, kirim ke email gw yah jawabannya thx loh..

    • Kristian Tjahjono

      @ra
      biasanya ada dua tombol dengan lambang matahari kecil dan matahari besar. Kalo kecil, redupin. Kalo besar, terangin. Tekan fn + tombol yang diinginkan (biasanya sih f5 dan f6). Semoga membantu.

  10. JejakaPetir

    Bang, ane bingung, untuk numpad laptop ni bener2 ga’ tersedia ya? Dah gitu ga’ ada solusi cara praktisnya gimana? Coz, ane pengemar desain grafis 3D. Pas mw view musti pake’ numpad. Lha, kalo ga’ bisa solusinya bagaimana?

    Terimakasih

  11. arasDoang

    Coba mau nanyak gan…!!!!! saya punya laptop baru 2 bln jadi saya masih awam sekalai soal laptop. mohon di bantu cara mengatur gelap terang layar laptop saat ini terasa terang sekali…..
    maksih sebelumnya.

    • Rtk Lee

      oke, pertama di halaman desktop/beranda/home screen, klik kanan lalu pilih Personalize. klik Screen saver dan akan terbuka jendela baru, pilih Change power setting. Anda akan dibawa ke jendela baru lagi yang bisa juga diakses dari Start > Control Panel > Power Options. untuk OS Windows Vista atau 7, cari Adjust the display brightness di halaman tersebut lalu atur sesuai selera Anda dengan menggeser parameternya (ke kanan semakin terang).

  12. reza

    nahh yg perlu sya tanyakan dimana letak tombol numlocknya pada keyboard G4 tidak tertera icon atau tulisan numlock ?
    Atau ada gak cara lain aktifin numlocknya bgamana ?
    biasanya tekan Fn + Nm lock

    tpi Nm locnya ga ada..
    kebetulan sya punya notebook seri ini
    trima ksih atas penjelasanya>>

    • Rtk Lee

      memang tidak ada tombol NumLock karena tidak tersedia NumPad atau tombol pengganti yang berfungsi sebagai NumPad. :)

    • AkangX

      sama, ane jg punya laptop yg serie ini..
      problem yg sama, numlocknya ga ketemu, gmn ini? mohon bantuannya

      • Kristian Tjahjono

        @akangx
        memang nggak ada numpad kok. Solusinya, pakai aksesoris numpad USB.

  13. Emil

    Ini seri G4 apa gan? Kok gak ambil yang TX-series..khan lebih oke tuh buat grafis.

    • Rtk Lee

      ini produk pinjaman kok dari pihak hp Indonesia untuk keperluan review..hehe… :D

      • Emil

        Uupps… Pantes agak kurang ‘tega’ nulis Cons-nya :)
        Btw ditunggu ulasan keren lainnya!

      • Rtk Lee

        wah, ane selalu mencoba untuk independen kok gan dalam menulis. selama ane menggunakannya untuk berbagai keperluan tes di atas, memang hanya itu kekurangan yang ane temukan. like as usually, semakin lama digunakan kita akan semakin banyak mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu barang, bukan? jadi mungkin seharusnya pihak hp Indonesia meminjamkan saya g4 lebih lama lagi, hahaha… :D