Seperti kita ketahui bersama, penggunaan gadget dan perangkat elektronik yang semakin meluas mengartikan bahwa lingkungan sekeliling Anda telah telah tercemari efek radiasi dari setiap perangkat tersebut. Sebut saja penggunaan ponsel yang dewasa ini semakin meningkat pesat. Sebagai informasi, pada ponsel terdapat transmitter yang mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu yang berfluktuasi melalui udara kemudian dipancarkan keluar melalui antenna dan kemudian disebut sebagai gelombang RF(radio frequency). Gelombang inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik.

Ketika melakukan atau menerima panggilan di ponsel kebanyakan orang malas menggunakan hadset dan menempelkan ponsel di telinga. Nah, pada posisi inilah peluang radiasi ponsel diserap oleh jaringan tubuh dengan intensitas yang cukup besar. Beberapa ahli menyatakan bahwa radiasi ponsel tidak berbahaya tetapi bukan berarti nihil efek samping. Radiasi RF pada level tinggi dapat merusak jaringan tubuh, karena tubuh kita tidak diperlengkapi untuk mengantisipasi sejumlah panas berlebih akibat radiasi RF. Bisa diumpamakan seperti oven microwave yang mampu memanaskan makanan, Radiasi RF memiliki kemampuan untuk memanaskan jaringan tubuh. Penelitian terakhir juga menyebutkan bahwa efek radiasi dapat mengurangi tingkat kesuburan loo.

Dikarenakan efek yang perlahan tetapi pasti, saat ini banyak manufaktur garmen yang menciptakan baju anti radiasi dengan model yang tidak kalah update. Baju baju tersebut kebanyakan didesain untuk ibu hamil agar meminimalisir masuknya radiasi ke dalam janin. Harga baju anti radiasi memang terbilang mahal, beberapa website seperti CV Jaya Busana, Benevolence menjualnya di Indonesia dengan harga 300-700 ribu rupiah. Para ibu hamil ini juga bisa mencari referensi baju anti radiasi di website luar yang menjual secara online seperti Mummywraps, Tradeage, dan masih banyak lagi.

Ada juga manufaktur lain yang menciptakan garmen anti radiasi lebih spesifik seperti belt dan selimut perut anti radiasi untuk ibu hamil keluaran Belly Armor, dan bra anti radiasi keluaran Ebbra. Uniknya, bra anti radiasi tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pakaian dalam saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai masker penutup hidung dan mulut.

Selimut Anti Radiasi

Sabuk Anti Radiasi

Ebbra-Bra Anti Radiasi

Tidak hanya produk garmen untuk wanita, para siswa di Austria menciptakan Safety Shorts, sebuah celana dalam (boxer) untuk pria yang diklaim mengandung lapisan perak untuk menolak radiasi yang dihasilkan ponsel atau notebook sampai 99%. Safety Shorts sudah mulai dijual di Austria dan kemungkinan dalam waktu dekat akan dipasarkan secara online dengan harga US$ 42 (sekitar Rp. 300 ribuan).

Safety Shorts