Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Wacom Cintiq 24HD: Tablet Khusus Untuk Desainer Profesional

Wacom adalah salah satu merek yang dikenal oleh banyak ilustrator di dunia. Produk mereka adalah digitizer berbentuk tablet, yang biasa digunakan untuk menggambar dengan komputer. Wacom sendiri banyak mengeluarkan variasi tablet berbasis pena, mulai dari yang diperuntukan bagi pekerja kantor, sampai untuk illustrator professional. Jenis-jenis brand Wacom yang sampai saat ini biasa digunakan oleh ilustrator adalah Wacom Bamboo, Wacom Intuos, dan Wacom Cintiq. Salah satu produk Wacom yang pernah kami bahas di sini adalah produk pen stylus-nya yang bernama Wacom Bamboo Stylus.

Wacom Product/Advertising Photography

Wacom Product/Advertising Photography

Nah, baru-baru ini Wacom kembali merilis sebuah perangkat tablet yang diperuntukan bagi para desainer profesional. Perangkat terbaru besutan perusahaan yang berbasis di Saitama, Jepang ini diberi mana Wacom Cintiq 24HD. Perangkat ini adalah kombinasi dari sebuah layar LCD dengan pen stylus, sehingga bisa dibilang ini sebuah monitor layar sentuh. Perbedaannya tentu saja pada keakurasian pen stylus-nya yang sangat presisi dan detil untuk menggambar di layar berukuran 24,1 inch tersebut. Layar lebar ini memiliki resolusi sebesar 1920 x 1200 pixel.

Wacom Cintiq 24HD memungkinkan pengguna profesional untuk bekerja untuk jangka waktu yang lama tanpa merasa cepat lelah. Hal ini berkat hadirnya sepuluh individual ExpressKeys yang dikonfigurasi, dua buah Touch Rings dan desain yang dirancang khusus untuk memungkinkan pengguna dalam memilih posisi kerja. Untuk kenyamanan dalam mendesain sesuatu di perangkat ini, dudukan layar Wacom Cintiq 24HD bisa disesuaikan sudut kemiringannya, mulai dari 2? hingga 77? dan bagian pinggir layar bisa berfungsi juga sebagai tempat untuk meletakkan tangan agar tidak cepat lelah.

Perangkat dengan bobot 13,7 kilogram (tanpa dudukan/ stand) ini dilengkapi juga dengan interface DisplayPort, DVI, VGA dan USB. Wacom Cintiq 24HD juga dirancang untuk kompatibel dengan komputer yang memiliki sistem operasi Windows dan Macintosh.

Oleh produsennya, Wacom Cintiq 24HD ini dibandrol dengan harga USD 2499. Untuk keterangan yang lebih lengkap tentang perangkat ini, Anda dapat langsung melihatnya di sini.

Spesifikasi Wacom Cintiq 24HD

DISPLAY:
Screen size (diagonal): 61cm (24.1″)
Display area: 518.4mm x 324.0mm
Aspect ratio: 16:10
Resolution: WUXGA (1,920 x 1,200 pixel)
Pixel pitch: 0.27mm x 0.27mm
Colours: 16.7 million
Brightness: 190 cd/m2
Contrast ratio: 550:1
Response rate: 13ms

STYLUS PEN:
Type: pressure-sensitive, cordless, battery-free
Switches: tip switch, 2 side switches and eraser
Pressure to activate tip switch: less than 1g (0.035 oz)
Pressure levels: 2,048
Tip switch lifetime: 10 million pen strokes
Weight: ? 17g (0.63 oz)
Rubberised grip area: yes
Supplied pen nibs: 5 standard nibs, 1 flex nib, 1 stroke nib, 3 felt nibs

Back to top button