Kegiatan membaca Al Qur’an lebih banyak di bulan Ramadhan dibanding bulan lainnya sangat dianjurkan untuk umat muslim. Mengingat segala bentuk ibadah termasuk membaca Qur’an (mengaji) di bulan Ramadhan dijanjikan dengan ganjaran pahala yang berlipat maka ayoo berlomba lomba meningkatkan ibadah. Ingin mengaji ketika diperjalanan, sedang menunggu bis atau ketika menunggu teman untuk reunian buka bersama tetapi tidak membawa Al Qur’an kecil di tas?. Mengapa tidak download saja aplikasi Qur’an yang disediakan dalam Appworld untuk Blackberry Anda. Aplikasi Qu’an yang tersedia meliputi aplikasi gratis dan aplikasi berbayar. Hmm…jika ada yang gratis lalu mengapa memilih yang berbayar. Simak ulasan berikut yang akan mengurai kelebihan dan kekurangan 5 aplikasi gratis untuk Blackberry.

Quran

Aplikasi karya anak negeri besutan develuper 7Langit ini sudah dibahas pada artikel 4 Aplikasi Ramadhan Pilihan untuk Blackberry. Akan tetapi tidak ada salahnya jika kita mengurai kembali isi aplikasi berdasarkan kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

Kelebihan :
- Besar aplikasi tidak sampai 100Kb.
- Anda tidak harus mendownload font Arabic.
- Sumber Arabic berasal dari Tanzil Project v1.0.2 yang telah terverifikasi.
- Disediakan pilihan untuk menampilkan atau tidak menampilkan terjemahan dalam Bahasa Indonesia (sumber terjemah Departemen Agama Republik Indonesia)
- Disediakan fitur untuk memilih Surat dan Ayat.
- Menyimpan dan menampilkan Bookmark Surat dan Ayat.
- Dukungan untuk type Blackberry sentuh (Storm) untuk operasi swipe gesture.
- Pengguna dapat melanjutkan untuk ayat berikutnya dengan menekan tombol N (next), atau pengguna dapat melihat kembali Ayat sebelumnya dengan menekan tombol P (previous).

Kekurangan :
Aplikasi Quran adalah aplikasi online yang hanya berjalan jika Anda menggunakan layanan BlackBerry Service (BIS/BES) aktif.

Download aplikasi Quran dari Appworld di desktop browser atau langsung ketik keyword ‘Quran’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Quran Reader

Berbeda dengan aplikasi Quran yang hanya membutuhkan memori kecil, Quran Reader memerlukan memori bebas yang terbilang besar, yaitu 1932Kb. Walaupun membutuhkan memori yang terbilang besar tetapi aplikasi ini bisa diakses secara offline walaupun layanan Blackberry (BIS/BES) Anda sedang tidak aktif. Kelebihan dan kekurangan aplikasi gratis yang satu ini adalah sebagai berikut :

Kelebihan :
- Full Arabic Quran dengan Tashkil.
- Pilihan bahasa untuk terjemahan: Mohsin Khan (Inggris), Yusuf ali (Inggris), Shakir (Inggris), Indonesia, Melayu, Perancis.
- Bisa menyimpan dan menampilkan Bookmarks.
- Fasilitas pencarian dengan Arabic dan bahasa terjemahan yang dipilih.
- Keyboard Arabic on-screen untuk mode pencarian.
- Kemampuan Zoom-in view (hanya available untuk melihat text terjemahan).

Kekurangan:
- Tidak menyediakan pilihan Audio.
- Tidak menyediakan dukungan untuk Blackberry berlayar sentuh.

Download aplikasi Quran Reader dari Appworld di desktop browser atau langsung ketik keyword ‘Quran Reader’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.

Quran Navigator

Jika 2 aplikasi diatas ditujukan untuk Blackberry smartphone, aplikasi Quran Navigator ditujukan khusus untuk pengguna Blackberry Playbook. Aplikasi yang baru bertandang di Appworld bulan Juni lalu ini membutuhkan memori sebesar 1973 KB. Kelebihan dan kekurangan aplikasi Quran Navigator adalah sebagai berikut :

Kelebihan :
- Interface ala Quran klasik.
- Menghadirkan 91 pilihan terjemahan dengan lebih dari 30 bahasa.
- Quick Navigation. Double tap untuk menampilkan daftar surat, tap kanan atau kiri untuk surat sebelumnya atau berikutnya serta tap judul surat untuk menghilangkan slider.

Kekurangan :
- Hanya available untuk Blackberry Playbook.
- Tidak menyediakan pilihan versi audio.

Download aplikasi Quran Navigator dari Appworld di desktop browser atau langsung ketik keyword ‘Quran Navigator’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Playbook Anda.

The Glorious Quran

Sama halnya dengan aplikasi Quran Navigator, The Glorious Quran juga ditujukan khusus untuk pengguna Blackberry Playbook. Hanya saja memori bebas yang dibutuhkan jauh lebih kecil, yaitu sekitar 1006Kb. Selain itu The Glorious Quran hanya menampilkan terjemahan Quran saja, tidak dengan arabic seperti aplikasi Quran lainnya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi The Glorious Quran.

Kelebihan :
- Anda bisa kostumisasi ukuran font sesuai kenyamanan mata untuk mengkaji terjemahan Al Qur’an.
- Menampilkan interpretasi isi Quran dari terjemahan.
- Menyuguhkan fasilitas audio untuk membantu Anda menghafal terjemah Al Qur’an.

Kekurangan :
- Tidak menyediakan Quran Arabic.
- Hanya tersedia pilihan bahasa Inggris.

Jika berminat, download aplikasi The Glorious Quran dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau langsung ketik keyword ‘The Glorious Quran’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Playbook Anda.

uQuran : Micro Quran Reciter

Serupa dengan aplikasi Quran Reader, uQuran akan tetap bisa diakses walaupun layanan Blackberry berlangganan (BIS/BES) Anda sedang tidak aktif. Karena isi aplikasi akan tersimpan dalam memori external ponsel. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan uQuran.

Kelebihan :
- Menampilkan Quran dengan Uthmani Font yang memiliki interface sederhana namun intuitif.
- Fasilitas pencarian Surat tidak hanya dari nama tetapi juga dari angka.
- Bisa menyimpan dan menampilkan Bookmarks.
- Dukungan untuk Blackberry type layar sentuh.

Kekurangan :
- Bahasa terjemahan per kata sehingga relatif sulit dimengerti.
- Terjemahan hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja.

Ingin memiliki aplikasi uQuran, download aplikasi dengan scan QR Code dari Appworld di desktop browser atau langsung ketik keyword ‘uQuran’ langsung dari aplikasi Appworld di Blackberry Anda.