Pic3D: Lapisan Pengubah Layar 2D Menjadi 3D

Tampilan layar 3D tanpa kacamata khusus akan segera dapat Anda dinikmati melalui iPhone dan layar komputer biasa. Global Wave, sebuah perusahaan asal Jepang telah berhasil mengembangkan suatu lapisan film khusus yang dapat mengubah jenis layar LCD 2D apapun menjadi 3D. Lapisan film inovatif yang diberi nama Pic3D ini dipamerkan pertama kali pada perhelatan 3D & Virtual Reality Expo yang berlangsung di Tokyo pada pertengahan Juni 2011 lalu.

Global Wave mengklaim bahwa lapisan Pic3D mereka merupakan jenis lapisan film pertama yang mampu menghasilkan gambar 3D hanya dengan memasangnya pada LCD. Pic3D dikembangkan untuk berbagai jenis ukuran, mulai dari layar laptop berukuran 12.1 inci dan monitor 23 inci hingga layar iPhone 4 dan iPad.

Teknologi di belakang Pic3D merupakan sistem lensa lenticular yang menggunakan lensa pembesar array untuk menampilkan gambar pada sudut berbeda dan menghasilkan kedalaman ilusi gambar. Ini bukan pertama kalinya teknologi lenticular digunakan, sebelumnya teknologi ini telah diterapkan oleh Toshiba pada TV tanpa kacamata 3D dan Fujifilm untuk Printer 3D.

Berbeda dari sistem 3D biasa yang menggunakan penghalang paralaks untuk menampilkan 3D yang memblokir sebagian besar layar. Sistem lentikular ini menjaga kecerahan LCD hingga 90% dan diklaim memiliki sudut pandang yang lebih luas hingga 120 derajat.

Untuk bisa membuat tampilan monitor LCD berformat 3D, kita diharuskan meng-install aplikasi yang diberikan untuk mengubah format 2D ke 3D. Agak repot memang, tetapi daripada beli monitor 3D yang lumayan mahal, repot sedikit tidak masalah tentunya.

Harga lembaran Pic3D berkisar seharga 2000 Yen (sekitar USD 25) untuk ukuran layar iPhone dan 15.000 Yen (USD 186) untuk layar berukuran 23 inci. Global Wave rencananya akan meluncurkan produk inovatif mereka ini pada bulan Agustus 2011 nanti.




About The Author

Ex-wartawan harian Media Indonesia, produser radio Delta FM dan editor majalah Indonesia Design ini sekarang tengah aktif menulis tentang teknologi dan fotografi.