Quantcast
News

Qualcomm Meluncurkan Platform Augmented Reality

Qualcomm Android Augmented Reality

Platform Augmented Reality merupakan platform yang memungkinkan pengembang Android untuk menciptakan dan mendistribusikan aplikasi Augmented Reality (AR) Vision-based. Dalam berita pers yang dikirimkan, hari ini Qualcomm Incorporated (NASDAQ: QCOM) mengumumkan ketersediaan platform Augmented Reality secara komersil untuk smartphone Android.

Sebagai informasi, Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Teknologi AR sebenarnya sudah dikembangkan oleh para developer games dan aplikasi untuk Android. Sebut saja aplikas populer ‘Layar’ yang bisa menampilkan informasi secara realtime untuk sebuah hasil foto.

Sedikit berbeda dengan penggunaan AR dalam games dan aplikasi, dalam hal pengembangan platform AR menghadirkan fitur yang dirancang agar para pengguna merasakan gambar berkualitas 3D secara interaktif, seperti yang digunakan dalam media cetak (buku, majalah, brosur, tiket, simbol) dan juga pada kemasan produk.

Efek dari performa AR ini adalah pengalaman berbeda dimana konten grafis terlihat begitu nyata dengan latar aslinya. Walaupun aplikasi yang dibangun pada platform ini akan bekerja pada semua ponsel Android dengan sistem operasi 2.1 atau yang terbaru, performa yang optimal dapat dihasilkan dengan ponsel yang menggunakan chipset Qualcomm’s Snapdragon™.

Jay Wirght, Senior Director of Business Development Qualcomm mengatakan, “Qualcomm akan menjadikan teknologi AR terdepan semakin tersedia secara luas bagi para pengembang untuk keperluan komersil. Dengan lebih dari 6000 pengembang yang terdaftar, kami tak sabar menanti generasi terbaru dari aplikasi AR untuk segera tersedia di Android market dan gerai aplikasi lainnya”.

Platform AR Qualcomm bisa didapatkan segera untuk para developer melalui link website developer.qualcomm.com/ar. Berikut adalah kutipan siaran pers dari Qualcomm :

Qualcomm Umumkan Peluncuran Platform Augmented Reality
-Platform yang Memungkinkan Pengembang Android untuk Menciptakan dan Mendistribusikan Aplikasi AR Vision-based-

JAKARTA – 18 Mei 2011 – Qualcomm Incorporated (NASDAQ: QCOM) hari ini mengumumkan ketersediaan platform Augmented Reality secara komersil untuk Smartphone Android. Melalui jaringan pengembangan online Qualcomm, peluncuran 1.0 ini menandai kesuksesan dari program beta pendahulunya yang dimiliki oleh Qualcomm. Para pengembang kini dapat menciptakan, menjual dan juga mendistribusikan secara komersil aplikasi yang berbasis platform AR Qualcomm.

Platform AR Qualcomm yang unggul ini akan memberikan begitu banyak pengalaman yang menghibur, melibatkan dan juga menginformasikan pengguna akan sebuah bentuk media interaktif yang baru. Fiturnya yang kaya dirancang agar para pengembang dapat membangun kinerja yang baik, merasakan gambar berkualitas 3D secara interaktif, seperti yang digunakan dalam media cetak (buku, majalah, brosur, tiket, simbol) dan juga pada kemasan produk.

Platform ini mendukung perkembangan lingkungan yang beragam. Qualcomm AR Android SDK mendukung pengembang lokal Android dengan menggunakan rantai peralatan, termasuk Android SDK dan NDK. Qualcomm AR Unity Extension mendukung perkembangan yang cepat dengan adanya peralatan Unity 3 game development. Aplikasi web juga dihadirkkan untuk menciptakan dan mengatur sumber gambar yang dapat digunakan dengan perkembangan lingkungan sekitar.

Keunggulan performa terdepan di industri ini dicapai melalui inovasi algoritma komputer Qualcomm yang handal dan juga integrasi yang erat antara perangkat keras dan lunak. Efek dari performa ini adalah pengalaman pengguna yang sangat mumpuni dimana konten grafis terlihat begitu nyata dengan latar aslinya. Walaupun aplikasi yang dibangun pada platform ini akan bekerja pada semua ponsel Android dengan sistem operasi 2.1 atau yang terbaru, performa yang optimal dapat dihasilkan dengan ponsel yang menggunakan chipset Qualcomm’s Snapdragon™.

“Qualcomm mempunyai sejarah panjang dalam menghasilkan teknologi mutakhir yang dapat mendorong inovasi dan peluang baru untuk ekosistem ponsel” ujar Jay Wirght, Senior Director of Business Development Qualcomm. “Kami melanjutkan tradisi ini dengan menjadikan teknologi AR terdepan semakin tersedia secara luas bagi para pengembang untuk keperluan komersil. Dengan lebih dari 6000 pengembang yang terdaftar, kami tak sabar menanti generasi terbaru dari aplikasi AR untuk segera tersedia di Android market dan gerai aplikasi lainnya”.

Qualcomm dan Big PlayAR baru-baru ini berkolaborasi dengan Dallas Mavericks untuk memperkenalkan aplikasi komersil pertama yang menggunakan platform Qualcomm. Mavs AR, sebuah game yang dikembangkan oleh Big PlayAR, telah memungkinkan penggemar olahraga basket yang sedang melihat pertunjukan Mavs babak playoff di American Airlines Center untuk mengarahkan smartphone dengan apilaksi Mavs AR mereka ke tiket pertandingan agar dapat memainkan sebuah permainan basket virtual dari telapak tangan mereka.

“Kami senang dengan aplikasi Mavs AR – aplikasi ini sungguh telah menambah lapisan kesenangan dan pengalaman interaksi yang baru kepada setiap penggemar Mavs” ujar pemilik klub Mavs. “Mengacu pada kesuksesan permainan, kami berharap dapat menggunakan AR untuk melakukan promosi kepada penggemar kedepannya, dan platform AR Qualcomm telah mendemonstrasikan dirinya sebagai platform yang kuat dalam hal menciptakan pengalaman 3D seperti ini”.

Platform AR Qualcomm kini bisa didapatkan segera melalui developer.qualcomm.com/ar

Back to top button