Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

Pulse: Game Musik yang Asyik untuk iPad

Resize of IMG 0863

Pada awalnya, saya tak menyangka permainan sesimpel ini bisa menjadi begitu menarik dan adiktif. Pulse merupakan sebuah permainan musikal di mana Anda harus mampu menepatkan denyutan yang muncul dengan ketukan yang dimainkan. Bulatan-bulatan besar yang ada mewakili birama lagu yang dimainkan. Saat lagu dimulai, akan ada lingkaran yang membesar dari tengah ke pinggir secara berulang-ulang. Ketika lingkaran yang membesar itu melewati bulatan ketukan, itulah saat yang tepat bagi Anda untuk menyentuh titik kecil yang keluar dan mengorbit di jalurnya.

Resize of IMG 0882

Ya, memang sesederhana itulah permainan Pulse ini. Visualisasinya juga tak terlihat mewah. Bahkan saat melihat screenshot yang ditampilkan di sini, Anda mungkin tidak merasa bahwa ini adalah sebuah game yang spesial, atau mungkin justru bertanya-tanya game macam apa ini. Ikuti rasa penasaran Anda dan rasakan hal yang berbeda saat mencoba memainkannya. Apple tentunya tidak membuat Pulse sebagai Game of the Week di App Store tanpa alasan.

Resize of IMG 0893

Menyentuh titik-titik yang keluar dipadukan dengan lagu-lagu ambient yang tersedia begitu menyenangkan. Bahkan saya justru kegirangan saat titik-titik kecil tersebut muncul secara sporadis dan bergerak begitu cepat ke berbagai arah yang berbeda menandakan tingkat kesulitan yang semakin bertambah meski tak konstan.

Resize of IMG 0892

Kunci dalam bermain game ini hanyalah dalam ketukannya. Ikuti terus ketukannya dan bulatan kecil yang muncul tak akan terlewatkan untuk disentuh. Lagu pertama atau kedua hanyalah pemanasan. Berikutnya, bersiap-siaplah untuk level yang sebenarnya karena game ini juga memanfaatkan multitouch. Bulatan yang muncul dalam jalurnya bisa lebih dari satu dengan lokasi yang terkadang sangat acak sehingga jari-jari Anda harus bisa bergerak cepat dan tepat. Belum lagi ketika Anda gagal menyentuh bulatan-bulatan tersebut secara berurutan, akan ada kilatan-kilatan yang semakin memecah konsentrasi.

Resize of IMG 0878 Resize of IMG 0876

Akan muncul visualisasi yang menarik dan berbeda-beda di tiap lagu saat Anda bisa menyentuh bulatan kecil yang mengorbit tersebut tepat pada waktunya.

Resize of IMG 0897 Resize of IMG 0873

8 lagu tersedia untuk dimainkan dan 2 lagu terakhir cukup membuat jari-jari saya kerepotan bahkan untuk mencapai tingkat keberhasilan 80%. Kombinasi mata, telinga, pikiran, dan tangan seperti inilah yang membuat Pulse: Volume Two sangat layak untuk ditunggu.

Resize of IMG 0865

Harga $4.99 tak terasa terlalu mahal untuk game pelatih reflek semacam Pulse. Game sebesar 70.9MB ini hanya tersedia bagi iPad dalam tampilan landscape saja.

Back to top button