Review Alcatraz Breakout iOS: Membantu Para Napi Kabur dari Penjara

Apa jadinya jika Prison Break digabung dengan Flight Control? Bisa jadi Alcatraz Breakout inilah hasilnya. Game dari Konami ini cukup asyik untuk dimainkan karena Anda harus mengarahkan para kriminal yang ingin meloloskan diri hingga bisa keluar dari penjara tanpa diketahui oleh para sipir yang berpatroli.

 

[tab: Konsep]

Sama seperti Flight Control, Anda tinggal mengarahkan para tahanan tersebut ke arah yang diinginkan hingga sampai ke lokasi yang ditentukan. Ada 3 jenis tahanan di sini yaitu yang bertubuh kecil dan ditandai oleh huruf F yang berarti Fast. Tahanan jenis ini berjalan paling cepat di antara yang lainnya namun mempunyai skor yang paling kecil. Selain itu ada tahanan N yang berarti Normal. Dengan tubuh yang agak besar, ia akan berjalan sedikit lebih lambat dan Anda akan mendapat skor 2 jika bisa meloloskannya. Terakhir, ada tahanan S alias Slow yang mempunyai tubuh super bongsor sehingga jalannya pun sangat lambat tetapi ia akan memberi Anda skor 3 jika bisa membawanya sampai ke jalan keluar.

Sipir-sipir yang berkeliling mempunyai jalur yang sama dan bisa dihafal. Namun lama kelamaan, akan ada sipir lain yang memasuki ruangan ditandai dengan tanda seru di bagian di mana sipir tersebut akan keluar.

Tak perlu khawatir ketahuan karena saat berjalan, para narapidana ini akan jongkok sewaktu disentuh dan pada saat itu, ia tak akan terlihat oleh sipir meskipun sudah memasuki jangkauan pandangan berwarna hijau.

Pastikan para narapidana itu tidak menghalangi jalur patroli sipir karena meski Anda sudah membuatnya jongkok, mereka akan bertabrakan dan sipir akan langsung menembaknya.

[tab:Item]

Ada 6 item atau benda yang berguna untuk memuluskan aksi para narapidana tersebut. Pertama adalah gas tidur yang akan membuat para petugas tertidur selama 20 detik.

Ada item 1UP akan mengembalikan nyawa jika ada narapidana yang tertembak dan mati.

Anda juga bisa membuat para narapidana tersebut menyamar menjadi sipir sehingga tidak ketahuan meskipun berada di dalam jarak pandang sipir.

Efek bom asap akan membuat pandangan sipir terhalang sehingga mereka kehilangan pengawasan terhadap sekelilingnya selama 30 detik.

Sprint potion akan membuat semua narapidana mempunyai kecepatan berjalan 2 kali lipat.

Terakhir, ada item double point yang tentunya untuk menggandakan poin.

[tab: Kesimpulan]

Alcatraz Breakout mengusung konsep yang cukup menarik untuk dimainkan, sayang ada beberapa sebab yang membuat game ini begitu tanggung. Sipir-sipir yang seharusnya menjadi tantangan justru menjadi terlalu mudah ditebak sebanyak apapun mereka muncul. Selain itu, ada beberapa blind spot yang bisa digunakan para narapidana untuk ‘check point’ sementara sebelum meloloskan diri.

Item yang tersedia bahkan tak perlu digunakan dan Anda bisa dengan lancar menyelesaikan misi para pelanggar hukum itu. Satu yang paling menyebalkan adalah Anda harus membayar lagi jika ingin melanjutkan ke Chapter 2 melalui In App Purchase. Begitu pula sewaktu ingin membeli item yang ada habis.

Secara pribadi, saya lebih memilih untuk mencari game lain dibandingkan harus membayar berkali-kali untuk sebuah game dengan ritme yang monoton. Bagaimana dengan Anda? Relakah membayar $0.99 untuk mendapatkan 1 chapter dengan 5 level? Alcatraz Breakout tersedia bagi iPhone dan iPod, serta tersedia versi iPad dengan tampilan diperbesar.

 

About The Author