Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)Review

Review NBA Jam iOS: Boom Shakalaka!

Resize of IMG 0559

Para NBA mania pasti akan suka game yang satu ini. Berbeda dengan game NBA series dengan permainan 5 lawan 5, NBA Jam menawarkan pertandingan menarik antar 26 tim NBA yang menonjolkan atraksi slam dunk. Masing-masing tim hanya akan diisi oleh 2 orang. Memang tidak semua pemain dari tim-tim tersebut tersedia untuk dimainkan, tapi yang pasti, nama-nama yang sudah akrab di telinga seperti Kevin Garnett, Dirk Nowitzki, atau Yao Ming ada di situ. Tak hanya dunker, para playmaker dengan tubuh tak terlalu tinggi juga ada seperti Jason Kidd dan Steve Nash.

Resize of IMG 0590

NBA Jam sebenarnya bukan game baru. Game ini sudah dibuat sejak jaman Super Nintendo sebelum akhirnya mendarat di iPhone dan iPad. Di versi iOS ini, grafisnya cukup simpel namun tetap menarik walaupun gameplay tentunya tak berubah.

[tab:Konsep]

Ada 3 menu utama di sini yakni Play Now, Classic Campaign, dan Multiplayer. Mainkan Classic Campaign untuk membuka pemain yang terkunci, termasuk pemain-pemain legendaris, dan mengumpulkan Challenges. Di pilihan Multiplayer, Anda bisa bermain bersama kawan dengan memanfaatkan Wi-Fi atau Bluetooth.

Resize of IMG 0561 Resize of IMG 0570

Lesakkan slam dunk sebanyak mungkin ke ring lawan. Jika Anda berhasil memasukkan bola 3 kali berturut-turut tanpa kemasukan, api akan menyala di ring lawan dan juga bola yang Anda pegang sebagai tanda sedang On Fire. Ini adalah fitur khas NBA Jam yang akan memberikan Super Dunk jika Anda bisa terus mencetak skor tanpa kemasukan.

Resize of IMG 0574 Resize of IMG 0577 Resize of IMG 0585 Resize of IMG 0579 Resize of IMG 0592

Terkadang, kaca ring basket akan pecah saat Anda atau lawan melakukan dunk. Tak ada kepastian kapan papan kaca tersebut bisa pecah. Sepanjang saya bermain, kaca tersebut akan pecah jika terjadi kejar mengejar angka, terutama di quarter terakhir. Namun yang pasti, kaca tersebut bisa pecah kapan saja, bahkan saat sedang di kuarter pertama sekalipun.

[tab: Kendali]

Pengendalian NBA Jam cukup sederhana. Selain tombol untuk mengendalikan pemain, hanya ada 3 tombol aksi yaitu lari, steal, dan block, yang berubah menjadi lari, passing, dan tembak saat menyerang. Peraturan bola basket biasa tidak berlaku di sini. Tidak ada pelanggaran (foul) atau bola keluar di sini. Bahkan bermain kasar seperti mendorong lawan sampai terjatuh amat dianjurkan untuk memenangkan pertandingan. Saat menyentuh tombol untuk lari cepat, goyangkan handheld Anda untuk melakukan aksi dribble khusus sekaligus menghindar dari steal lawan.

Resize of IMG 0575

Pengaturan awal memberikan Anda untuk bisa mengontrol satu orang saja. Hidupkan pilihan Tag Mode di option dan Anda akan memegang kendali siapapun yang sedang memegang bola di tim.

Resize of IMG 0562

Jika partner Anda melompat di dekat ring lawan, segera oper bola padanya dan ia akan melakukan alley-oop dunk. Sebaliknya, saat bola ada di tangan partner, Anda bisa melompat di dekat ring lawan dan ia akan segera mengoper bola kepada Anda.

Resize of IMG 0573 Resize of IMG 0578

Sewaktu bermain. terkadang saya tidak memperhatikan kawan satu tim. Tak jarang keduanya justru melompat untuk dunk. Jangan sampai hal ini terjadi terutama di level veteran atau all-star karena musuh bisa dengan leluasa menyerang balik saat dunk bisa diblok dan bola beralih tangan. Masalah lain, kadang pemain lawan bisa berlari ke arah lapangan kita yang masih tidak kelihatan dan begitu tampilan sudah beralih ke lapangan kita, pemain tersebut sudah memasukkan bola. Ini biasa terjadi jika kita berusaha merebut bola di lapangan lawan.

Resize of IMG 0576

Jika bosan dengan lagu pengiring permainan, Anda bisa memilih lagu favorit untuk diputar saat permainan berlangsung dengan mengakses iTunes Library di menu option.

Resize of IMG 0563

Di menu option, tersedia pilihan untuk mengubah kepala pemain menjadi lebih besar. Ada juga 2 pilihan kontrol yaitu Arcade dan Gesture. Kontrol Arcade pastinya lebih nyaman untuk permainan seperti ini.

Resize of IMG 0568 Resize of IMG 0569

Pergantian pemain hanya bisa dilakukan di half time atau paruh waktu. Setelah permainan berakhir, statistik permainan juga ditunjukkan, sama seperti permainan NBA yang sebenarnya.

Resize of IMG 0587 Resize of IMG 0582

 

Sebenarnya NBA Jam sudah keluar untuk versi PC di tahun 90an, tapi ternyata konsep permainannya tetap menarik dan menyenangkan untuk dimainkan. Yang patut diapresiasi adalah mode Challenge yang menantang Anda menyelesaikan tantangan tertentu untuk membuka pemain baru yang akhirnya bisa dimainkan. Bahkan untuk versi terbarunya (update gratis jika Anda sudah membelinya) telah mendukung mode multiplayer sehingga Anda dapat memainkannya dengan teman melalui koneksi Wi-Fi atau Bluetooth. Dijamin lebih asyik!! Singkat cerita, bagi para penggemar NBA atau game olahraga, NBA Jam wajib Anda miliki.

Harga NBA Jam cukup murah, hanya $1.29 dengan ukuran file aplikasi 262MB dan versi HD untuk iPad sebesar 249MB mempunyai harga jauh lebih mahal $9.99.

Back to top button