3 Video Player Terbaik untuk iOS

Memutar video hanya dengan aplikasi bawaan iPhone atau iPad memang kurang leluasa. Tak hanya membatasi ekstensi video, aplikasi Video tak mempunyai banyak fitur untuk mendukung kenyamanan menampilkan hiburan visual tersebut. Namun tak perlu risau karena ada beberapa aplikasi pemutar video favorit yang bisa diunduh dan diinstal di handheld favorit Anda.

 

[tab:VLC]


Jika Windows punya Windows Media Player, maka Mac OS dan iOS punya VLC sebagai aplikasi pemutar video. Pada awalnya, VLC yang merupakan aplikasi open source ini bisa didapat gratis di AppStore dan bahkan pernah dihapus dari AppStore pada awal tahun lalu karena syarat yang diajukan AppStore terhadap sebuah aplikasi bertentangan dengan GNU General Public License. Kini aplikasi ini hanya bisa didapat dari situs VideoLan.org sebagai developernya.

Sejujurnya, VLC terbatas hanya untuk memutar video standard resolution dengan ekstensi seperti flv, avi, wmv, atau mpg. Mp4 sebenarnya juga masih bisa diputar, namun saat saya mencoba memutar file mp4 atau mkv dengan resolusi 720p, beberapa masalah terjadi seperti lag atau audio dan video yang tidak sinkron. Bahkan terkadang hanya audio yang terdengar dan video tidak berjalan sama sekali. Opsi yang ada juga sangat minim yaitu hanya untuk menghapus video.

Meski masih banyak kekurangan dan tak ada update terbaru hingga kini, beberapa fanatik Apple masih mempertahankan VLC di iPhone atau iPad mereka karena aplikasi ini merupakan salah satu program wajib bagi pemilik piranti Apple. Mungkin jika masih ada kesepahaman antara Apple dan developer, VLC untuk iOS bisa lebih dikembangkan sehingga bisa digunakan untuk memutar lebih banyak jenis video dan fitur yang ada lebih kaya.

 

[tab:BUZZ Player]


BUZZ Player punya tampilan menu yang sangat sederhana namun punya fitur yang lebih kaya dibandingkan VLC. Sebagai contoh, Anda sudah bisa menampilkan dan mengedit tampilan subtitle, memutar video dengan streaming melalui fitur Air Video, dan beberapa menu-menu tambahan lain termasuk external display untuk menampilkan video ke layar atau monitor yang terhubung dan juga opsi browse network untuk memutar video yang ada di jaringan melalui uPnP dan FTP.

Kompatibilitas video yang bisa diputar lebih banyak karena video 720p sudah bisa diputar dengan sangat lancar tanpa lag baik dalam kontainer seperti avi atau mp4. Dengan begitu, BUZZ Player sudah pasti bisa menangani file-file video standard definition. Ekstensi mkv juga bisa diputar dengan aplikasi ini, namun hanya untuk standard definition.

Saat dicoba untuk memutar mkv dengan resolusi 720p, BUZZ Player masih kepayahan karena lag yang ada cukup terasa, playable memang namun tidak watchable.

Secara keseluruhan, BUZZ Player merupakan pemutar video yang cukup konsisten dan bisa menjadi pengganti aplikasi Video yang daat diandalkan terlepas dari kekurangannya yang minor. Versi iPhone/iPod sebesar 14,9MB dibanderol dengan harga $1.99 sedangkan versi HD untuk iPad bisa didapat dengan harga $3.99 dengan ukuran yang sedikit lebih besar yaitu 18MB.

 

[tab:AVPlayer]


Tanpa ragu lagi, AVPlayer bisa jadi merupakan aplikasi pemutar video terbaik bagi perangkat iOS. Tampilan antar mukanya terlihat atraktif, menandakan jika aplikasi ini dibuat dengan lebih serius.

Pengaturan di dalamnya juga kaya dengan berbagai fitur. Jika melihat opsi Setting, Anda bisa mengatur sendiri perintah multitouch gesture yang bervariasi. Info dari file-file video yang ditampilkan juga begitu lengkap. Anda pun bisa memilih setelan audio maupun subtitle jika video yang ada di playlist memiliki 2 atau lebih setelan audio dan subtitle.

Kompatibilitas video tak perlu lagi diragukan. Di antara 3 aplikasi pilihan ini, AVPlayer adalah satu yang paling lancar dalam memutar semua file video dengan resolusi maksimal iPad 720p, termasuk mkv.

Beberapa hotkey tersedia sewaktu video diputar seperti untuk menonaktifkan subtitle atau mengunci rotasi layar. Ada juga sebuah hotkey untuk mengubah warna video menjadi beberapa scent. Tak terlalu berfungsi memang, namun ada satu scent yang saya rasa berguna yaitu hitam putih. Beberapa film bisa terlihat lebih bagus dalam tampilan hitam putih jadi fitur ini bisa dibilang cukup inovatif.

Tersedia bagi iPhone, iPod, dan iPad, AVPlayer memiliki besar 12,7MB dengan harga $2.99.

 

 

About The Author

3 Responses

  1. dagshelger

    Cara menggunakan binaruy dan saource gimana yah bro??

  2. Bayu Aribowo

    Sebenarnya masih ada cuman udah ngga di AppStore. Karena ini aplikasi open source, VideoLAN sebagai developer masih menyediakan binary dan source VLC untuk iOS di http://www.videolan.org/vlc/download-ios.html jadi siapa saja yang ingin aplikasinya masih bisa pake, cuma ya masih mentok di versi 1.1 karena memang development-nya dihentikan