Quantcast
News

Komitmen ESIA : Telpon Putus Kami Ganti

esia

Jaringan yang prima dan memadai merupakan sebuah modal dasar kepercayaan pelanggan untuk semua operator komunikasi. Untuk itulah, Esia mengaplikasikan kebutuhan jaringan sebagai sebuah kebutuhan pokok dalam komunikasi yang harus tetap dijaga kestabilannya. Terjadinya calldrop di saat percakapan berlangsung misalnya, akan membuat pelnggan kecewa dan mengurangi kepercayaan terhadap operator. Untuk itu, Bakrie Telecom (Btel), sebagai pemilik layanan telekomunikasi Esia berkomitmen akan menjamin jaringan Esia mulus tanpa putus, jika call drop atau telepon terputus karena jaringan terjadi, maka Esia akan membayar ganti rugi.

Saat peluncuran program kualitas jaringan mulus tanpa putus, di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (20/4), Deputy Director Network Btel Muhammad Buldansyah, atau yang biasa disapa Danny mengungkapkan bahwa call drop merupakan kunci kestabilan jaringan yang harus tetap dijaga dan dijamin kualitasnya. Sebagai bentuk tanggung jawab, maka Esia akan memberikan penggantian berupa talktime secara otomatis ke nomor pelanggan yang mengalami kejadian call drop. Call drop yang mendapatkan penggantian talktime adalah terputusnya panggilan keluar dari pelanggan Esia ke sesama pelanggan Esia, atau ke operator lainnya setelah adanya pembicaraan telepon lebih dari 60 detik.

Besar penggantian talktime yang diberikan setiap terjadi call drop adalah Rp100 untuk pembicaraan ke sesama pelanggan Esia, pelanggan telepon rumah (PSTN), serta pelanggan operator PSTN dan FWA (Fixed Wireless Access). Sementara untuk pembicaraan ke pelanggan operator telepon bergerak (GSM) akan diganti Rp500. Namun program jaminan kualitas layanan ini tidak berlaku untuk sambungan langsung internasional dan telepon short code. Mekanisme penggantian talktime tidak didapatkan secara instant, proses sistem membutuhkan waktu sekurangnya 2 hari sampai pelanggan mendapatkan notifikasi penambahan talktime dari Esia karena terjadinya call drop.

Esia sendiri saat ini memiliki tingkat call drop rata-rata sebesar 0,7%, nilai yang jauh di bawah ambang batas call drop operator yang ditetapkan pemerintah yaitu sebesar 5 persen.

Dalam konferensi pers program kualitas jaringan mulus tanpa putus Esia memperkenalkan Ade Rai, atlet binaraga sebagai icon jaringan tanpa putus. Digunakannya Ade Rai sebagai icon seakan mengisyaratkan bahwa jaringan Esia kuat, tidak tertandingi dan mulus. Program kualitas jaringan mulus tanpa putus akan berjalan selama tiga bulan. Hal ini mengacu pada standar dari badan regulasi bahwa harus ada periode yang jelas untuk sebuah program. Semoga Esia akan selalu memperhatikan kualitas jaringan agar prosentase rata rata kejadian call drop bisa lebih sedikit lagi.

2 komentar

Back to top button