Quantcast
Review

Review Samsung Ch@t 322: Dual On Jagoan Facebook!

Samsung Ch@t 322

 

Hobby Chatting atau Facebook-an? Samsung mengakomodasi hobby Anda dengan mengeluarkan Samsung Ch@t 322. Ponsel dual mode dual on yang trendy ini mengandalkan keyboard QWERTY serta integrasi social media. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Samsung Ch@t 322 adalah harga yang bersahabat.

Samsung Ch@t 322 dikeluarkan dalam 3 pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan pink hitam. Walaupun sejujurnya warna yang saya ingin review adalah putih, tetapi Samsung Ch@t yang masuk ke meja redaksi yangcanggih.com berwarna hitam legam.

Kotak kemasan Samsung Ch@t 322 berukuran kecil mungil dengan isi handset, baterai, charger, buku panduan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta kartu garansi. Hmmm…sempat bingung juga mengingat ternyata tidak disediakan handsfree di dalamnya.

Konsep Desain

Secara keseluruhan, body Samsung Chat sebagian besar berbahan dasar plastik. Bagian atas ponsel datar dengan warna hitam dove dan bagian belakang didominasi polkadot timbul dengan warna mengkilap yang cukup. Tekstur timbul polkadot yang disematkan sepertinya berfungsi agar ponsel kesat dalam genggaman dan tidak mudah tergelincir.

Sebelum membahas bagian belakang, kita ulas detail bagian depan Samsung Ch@t terlebih dahulu. Pada bagian paling atas permukaan ponsel terlihat speaker dengan warna silver. Di bawah speaker terlihat tulisan Duos yang menandakan identitas ponsel selain tulisan Samsung di bagian bawah layar. Beralih ke layar. Layar Samsung Ch@t 322 memang tidak terlalu lebar, hanya sebesar 2.2 inci dengan dukungan 256 ribu warna dan resolusi 220 x 176 pixel.

Untuk kemudahan bernavigasi, Samsung Ch@t 322 menyediakan optical trackpad. Anda bisa melihat 6 tombol yang menghiasi sisi kanan dan kiri trackpad. Tombol tersebut adalah call dan end call, Menu, Contacts, tombol berlabel surat untuk membuka aplikasi message dan tombol berlabel communities untuk langsung mengakses aplikasi Communication yang mencakup beberapa aplikasi social media.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Samsung Ch@t 322 menyuguhkan QWERTY keyboard untuk kemudahan chatting dan akses social media. Tetapi sayangnya, tombol QWERTY yang disematkan berukuran kecil dan terasa mendem. Untungnya jemari saya cukup proporsional untuk memaksimalkan ponsel. Tetapi jika digunakan untuk si jari besar, kesalahan tekan kemungkinannya akan lebih besar.

Ukuran keyboard terasa sangat minim. Jika sedikit membandingkan dengan Nokia X2, rasanya kenyamanan mengetik yang ditawarkan berbeda jauh.

 

Bagian samping Samsung Ch@t 322 dihiasi warna silver sebagai detail pemanis, agar tidak monoton. Sisi kanan, kiri dan atas dihiasi tombol dan juga port pelengkap. Tombol volume di sisi kiri bagian atas, port audio 3.5mm dan port kabel data USB di sisi atas serta keypad untuk mengganti akses sim1 dan sim2.

Port AudioPort USB

Tombol Ganti SimcardTombol VolumePermukaan depan dan sisi ponsel sudah diulas habis. Sekarang saatnya menilik bagian belakang. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, casing belakang dipenuhi dengan permukaan timbul teratur yang membuat Samsung Ch@t 322 tidak mudah tergelincir di permukaan apapun.
Lensa kamera dihadirkan di bagian kiri atas belakang ponsel. Tulisan 1.3 megapixel di bawah lensa merupakan keterangan pasti besaran foto yang bisa didapatkan di Samsung Ch@t 322.

Membuka casing belakang cukup mencongkel dari ruang yang disediakan di bagian bawah ponsel. Memasang ataupun mengambil kartu memori eksternal bisa dilakukan tanpa harus membuka baterai. Jika baterai dibuka, akan tampak 2 slot simcard yang berlabel sim1 dan sim2.

Duos Interface
Smart homescreen yang ditampilkan dalam Samsung Ch@t 322 disebut sebagai Duos. Untuk sebuah ponsel entry level, Duos interface yang dihadirkan memang terasa lebih elegan dan tidak biasa. Jenis homescreen yang ditawarkan sebenarnya ada 3, yaitu Smart idle, Single clock 1 da Single clock 2. Hanya saja jika Anda memilih homescreen dengan tampilan clock saja rasanya sayang. Mengingat dalam jenis homescreen Smart idle Anda bisa memasukkan bebagai akses, seperti berikut.

Pada bagian atas, Anda bisa memasukkan 8 shortcut aplikasi yang bisa diakses dengan cepat tanpa harus membuka menu utama terlebih dahulu. 8 shortcut tersebut adalah Smart dial untuk 4 kontak yang sering dihubungi, Jam untuk masing masing kartu sim, Jam single ponsel, Facebook news feed, dan Twitter news feed.

Anda tidak harus menampilkan semua shortcut yang tampil pada homescreen. Untuk edit homescreen masuk ke Menu Utama > Setting > Display > Smart home > Smart idle > Klik Edit.
Selain Smart homescreen yang ditawarkan, tampilan Menu yang dihadirkan terbilang biasa biasa saja. Menu Utama terdiri dari 12 bagian. Yaitu Log, Contacts, Music, Internet, Message, My files, Organizer, Camera, Comms, Apps, Downloads dan Setting.

Samsung Ch@t 322 menjanjikan kemampuan menampung dua kartu GSM sekaligus mengaktifkannya secara bersamaan. Asyiknya, Samsung Ch@t 322 memberikan kemudahan untuk mengakses, membaca pesan ataupun kegiatan lain untu salah satu diantara kedua kartu GSM yang tertancap dalamnya. Pertama kali mengaktifkan ponsel, Anda diminta untuk memberikan nama dan icon untuk masing masing kartu sim.

Setelah itu,. Samsung Ch@t 322 akan memberikan petunjuk bahwa tombol cepat di sisi kanan ponsel digunakan untuk mengganti homescreen yang standby dari satu kartu ke kartu lainnya.

Tombol Ganti SimcardPada layar homescreen akan tampak 2 parameter sinyal kedua operator kartu GSM yang digunakan dan juga 2 nama masing masing kartu.

Sayangnya, nama operator tidak disematkan bersisian melainkan berjajar atas bawah. Hal ini membuat layar tampak penuh hanya dengan parameter kartu sim. Hmm….kalau boleh usul, mengapa nama operator tidak diletakkan di sisi paling kanan dan sisi paling kiri layar saja ya, agar tidak terlalu memakan tempat. Mengingat besar layar yang terbilang pas-pasan.
Ketika menekan tombol call untuk cek log, semua log percakapan yang masuk diidentifikasi berdasarkan aktifitas masing masing kartu sim. Begitu juga dengan pesan singkat yang terkirim dan diterima.

 

Integrasi social media
Kemampuan integrasi dengan social terasa sangat baik dari Samsung Ch@t 322. Dalam hal ini, saya mencoba mengaktifkan aplikasi Facebook. Tampilan Facebook yang menyambut memang terasa standar, terbagi atas 4 tab, yaitu Home, Profile, Inbox dan Photos.
Menu Option dalam tab Home menawarkan fasilitas Refresh, View by (News Feed, Status Updates, dan Links), Go To Facebook, Log-out dan Setting. Tab Profile menghadirkan fasilitas Refresh, View by (All, My Profile, Friends), Delete, Go to Facebook, Log-out dan Setting. Dalam tab Inbox terbagi atas 4 bagian, yaitu Inbox, Sent Message, Notification, Request. Menu option pada tab Inbox menghadirkan fasilitas Refresh, Go to Facebook, Log-out dan Setting. Sedangkan Tab Photos menampilkan album yang tersimpan dalam tampilan mendatar. Asyiknya, Anda bisa upload langsung foto ke dalam Facebook. Baik foto yang tersimpan dalam memori ponsel ataupun foto yang diambil langsung dari fitur kamera.
Kemampuan upload foto juga bisa dilakukan pada aplikasi social media lain. Seperti Twitter My Space, Flickr, Photobucket, Picasa dan Friendster.

Chatting Seru !
Tidak hanya social media, Samsung Ch@t 322 juga menyediakan beragam apliaksi Chatting untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi. Asyiknya, bukan hanya aplikasi chatting via koneksi internet seperti Windows Live Messenger, Yahoo! Messenger dan Palringo saja yang disediakan. Aplikasi Bluetooth Messger juga tersedia untuk chating jarak dekat (±10m) visa koneksi Bluetooth.

Maksud hati saya berkeinginan mengulas habis performa kamera yang dihadirkan oleh ponsel Samsung Ch@t 322. Mengingat kemampuan integrasi dengan situs social media yang dominan ditawarkan serta fasilitas upload foto langsung. Tetapi sayangnya, fitur kamera Samsung Ch@t 322 yang masuk ke meja redaksi tidak bisa diajak kompromi. Viewfinder fasilitas kamera yang tampak di layar sebelum eksekusi foto dilakukan tidak bisa menangkap warna gambar dengan baik. Jadi kami harus melewatkan performa

[tab:Kesimpulan]

Sebagai ponsel kelas menengah yang menawarkan keunggulan utama menampung dual simcard dan juga dual on, Samsung Ch@t 322 menyuguhkan beragam fasilitas akses ke masing masing simcard dengan sangat apik. Walaupun aktif bersamaan, aktifitas panggilan masuk, panggilan keluar, pesan masuk, pesan keluar dan aktifitas lain seperti simcard untuk internetan dll yang berkaitan dengan manajemen pulsa menjadi lebih mudah. Larena dalam setiap aktifitas Samsung Ch@t menginformasikan dengan jelas simcard mana yang sedang Anda gunakan.

Suguhan beragam aplikasi social media dan juga chatting juga menjadi keunggulan utama lain yang ditawarkan. Asyiknya, aplikasi social media yang dibenamkan bukan hanya sekedar launcher, tetapi aplikasi resmi dengan kemampuan upload foto langsung ke aplikasi social media seperti Facebook, Twitter My Space, Flickr, Photobucket, Picasa dan Friendster. Baik foto yang tersimpan dalam memori ponsel ataupun foto yang diambil langsung dari fitur kamera. Jagoan kan?!

 

Back to top button