samsung smart tv 610x261 Samsung Smart TV: Evolusi TV yang Lebih Pintar smarthome news

Bayangkan saat Anda sedang bersantai di ruang keluarga sambil menonton TV. Tiba-tiba Anda ingin mengecek Twitter atau Facebook. Saat ini Anda mungkin tinggal meraih ponsel atau tablet PC untuk melakukannya. Atau mungkin harus ke meja untuk mengakses dari komputer atau laptop yang ada di atasnya. Tapi bagaimana jika semua itu dapat Anda lakukan langsung dari TV? Tidak sekedar mengakses Internet, tapi juga bermain game, menonton video, dan sebagainya? Sepertinya menarik ya.

Itulah kemudahan yang ingin diberikan Samsung bagi konsumennya, saat memperkenalkan  TV LED generasi terbarunya yang dijuluki Smart TV.

Saat dipresentasikan, kami sempat mengira Smart TV sama dengan Internet TV. Ternyata konsepnya lebih dari sekedar TV yang bisa terhubung ke Internet. Kelebihan Smart TV terletak pada dukungan app store gratis dalam bentuk Samsung Apps. Pengguna smartphone Samsung pasti sudah akrab dengan Samsung Apps, yang sudah lama menghuni ponselnya. Platform aplikasi yang digunakan disebut Widget, jadi bukan Android atau Bada seperti pada smartphone. Tapi bagi yang memiliki smartphone Samsung, dapat menggunakan smartphone tersebut (dengan bantuan aplikasi dari Samsung tentunya) untuk mengendalikan TV sebagai ganti remote.

Selain dukungan aplikasi, rangkaian produk yang tergolong Smart TV tersebut juga menawarkan fitur pintar seperti:

* Search All: mempermudah pencarian konten pada TV dan semua media yang terhubung ke TV, baik PC, perangkat mobile, Internet, dan sebagainya.
* Your Video: memberikan rekomendasi video berdasarkan rekam jejak tontonan pengguna.
* Web Browser: menawarkan akses Internet pada TV seperti di komputer.

Semua fasilitas tersebut di atas bisa diakses dari Samsung Smart Hub, portal khusus bagi TV Samsung.

Saat ini telah tersedia tiga model TV LED dan 1 model TV Plasma yang mengusung fitur Smart TV tersebut, yaitu LED TV Series D8000, D7000, D6600, serta Plasma TV Series D8000. Untuk pilihan ukuran, Samsung menyediakan mulai dari 40 inci sampai 64 inci.