Lenovo Mobile, Ramaikan Pasar Ponsel Indonesia

Ketatnya di pasar ponsel kelas menengah ke bawah ternyata tidak mengurungkan niat Lenovo Mobile untuk masuk pasar Indonesia. Seperti telah diketahui bersama, nama Lenovo telah dikenal sebagai merek ternama untuk komputer dan laptop, terutama sejak mengakuisisi Divisi Personal Computing IBM. Lenovo mulai merambah dunia telekomunikasi dan mendirikan Lenovo Mobile yang dirintis mulai tahun 2002. Dalam industri ponsel China, Lenovo Mobile merupakan pemain yang disegani, terutama dalam hal penelitian, pengembangan, produksi dan marketing dari perangkat ponsel. Saat ini Lenovo Mobile merupakan produsen ponsel nomor tiga terbesar di Cina, dengan tiga unit manufaktur di daerah Beijing, Shanghai, dan Xiamen. Mereka juga tidak sayang untuk menggelontorkan jutaan dolar untuk diinvestasikan dalam bentuk riset.

Untuk Indonesia, Lenovo Mobile menyiapkan dana investasi sebesar USD 1-2 juta. Dana tersebut juga diperuntukkan untuk CAPEX, infrastruktur dan aktivitas lainnya. Adapun untuk biaya operasional, mereka telah menyiapkan investasi sebesar USD 2-3 juta sebagai modal awal menjelajah pasar ponsel Indonesia.

Dalam memasarkan produknya di Indonesia, Lenovo Mobile akan bekerja sama dengan distributor lokal PT Global Sellular Network (GSN). PT. Global Selular Network merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Lenovo Mobile di Indonesia. Sebagai langkah pertama, Lenovo Mobile mengeluarkan seri E156 yang dipaketkan dengan kartu perdana Axis dengan harga bandrol Rp. 249.000. Asyiknya, harga tersebut akan lebih murah menjadi Rp. 199.000 jika membeli Lenovo Mobile E156 sebanyak 2 unit sekaligus.

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT GSN Charles Sigarlaki mengatakan bahwa Lenovo Mobile tidak hanya mengandalkan harga yang terjangkau tapi juga kualitas sebagai ponsel branded. Charles menjelaskan pada semester pertama ini pihaknya akan meluncurkan 5 model ponsel kelas menengah ke bawah dengan kisaran harga maksimal Rp 1 juta termasuk Lenovo Mobile E156. Lalu kemudian menyusul ponsel Android dan juga ponsel 3G pada semester kedua. Total ponsel yang akan dikeluarkan Lenovo Mobile Indonesia pada tahun ini minimal ada dua belas jenis ponsel.

Untuk menjamin layanan purnajual, PT GSN telah menyiapkan gerai sebanyak 8 buah di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Balikpapan, dan Makassar. Pada Juli, akan ditambah lagi 10 gerai. Service center akan terus menerus ditambah di tahun 2011 hingga mencakup seluruh kota provinsi.

About The Author

Sebelumnya adalah wartawan sebuah majalah telekomunikasi terkemuka di Indonesia, kini meneruskan minat menulis tentang ponsel dan tren teknologi komunikasi di sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga.

3 Responses

  1. wawan

    kayaknya aku mau nyoba pake deh.
    mudah-mudahan ngak menegecewakan ya supaya brand besarnya lenovo makin ciamik
    selamat ya buat lenovo mobile, semoga sukses.

  2. wawan

    saya tau lenovo mobile dari teman yg distributor. kayaknya menarik apa lagi beberapa kali lihat di mr. google ada beberapa seri2 bagusnya cuma ngak keluar di pontianak kalimantan barat, sayang banget kalo cuma main d kelas low end aja.
    saya mau nyoba pake mudah-mudahan ngak mengecewakan supaya sesuai dengan nama besarnya d dunia elektronik.
    selamat ya buat lenovo semoga sukses.

  3. anabel

    selamat, semoga makin marak, kapan nih smartphone androidnya masuk?? jangan main hp murah2 melulu donk, gak cocok untuk mendukung brand lenoovo yang udah mantab di laptop high end