blackberry desktop manager Tips : Berpindah Blackberry dengan Blackberry Desktop Manager tips

Takut mengganti perangkat Blackberry karena takut semua data akan hilang? Hmm, kalau permasalahannya hanya karena ketakutan data hilang, itu sih perkara mudah. ikuti cara berikut agar proses transformasi dari Blackberry lama ke Blackberry baru bisa berjalan mulus.

Syarat utama yang diperlukan adalah aplikasi Blackberry Desktop Manager. Download aplikasi yang sesuai dengan jenis PC Anda (Windows atau Mac) dari sini. Kemudian ikuti langkah berikut.

1. Jalankan aplikasi Blackberry Desktop Manager, lalu hubungkan Blackberry ke komputer menggunakan bantuan kabel USB. Kemudian lakukan Back up. Langkah untuk melalukan Back up bisa dilihat pada artikel berikut.

2. Setelah proses back up data dari Blackberry lama selesai, maka cabut kabel penghubung dan ganti dengan Blackberry baru. Lakukan proses restore pada Blackberry baru.

3. Setelah proses restore selesai, Anda bisa membuka aplikasi Blackberry Messenger dan melihat semua daftar kontak BBM dan Group ada di tempatnya persis seperti komposisi pada Blackberry lama.
Walaupun dengan PIN yang baru. RIM akan secara otomatis link connect kembali ke semua contacts anda dalam beberapa menit termasuk recover blackberry groups anda. Process secara otomatis, anda sama sekali tidak perlu contact teman anda untuk add/reinvite.

Setelah memindahkan data kontak dan BBM pada handled Blackberry, Anda juga perlu memindahkan data yang tersimpan dalam kartu memori.

Memindahkan file media pada kartu microSD. Memindahklan file ke microSD bisa dilakukan dengan 2 cara.

Cara A: Pindahkan kartu microSD
1. Lepaskan kartu microSD dari perangkat Blackberry Anda yang lama.
2. Masukkan kartu microSD ke dalam BlackBerry Anda yang baru.

Cara B: Salin file media ke kartu microSD baru di Blackberry baru
1. Tancapkan perangkat Blackberry Anda yang lama ke komputer.
2. Aktifkan mode USB Mass Storage bila dikonfirmasi.
3. Salin semua file ke folder pada komputer Anda.
4. Putuskan koneksi perangkat Blackberry lama dari komputer dan tancapkan BlackBerry Anda yang baru.
5. Aktifkan drive USB pada Blackberry baru Anda bila dikonfirmasi.
6. Salin semua file ke Blackberry baru.

Proses mengaktifkan kembali layanan berlangganan Blackberry, setting email, setting facebook, Twitter, dll memang harus dilakukan kembali secara manual di Blackberry Baru. Tetapi paling tidak daftar kontak, daftar BBM dan beberapa data penting lainnya sudah pindah dengan baik.

Nah, sekarang Blackberry baru siap untuk diajak mejeng. Tanpa perlu takut tidak menemukan kontak teman atau kerabat di dalamnya.