thirdecosystem 540x304 Nokia & Microsoft Berkolaborasi untuk Menciptakan Ekosistem Global Baru news

Nokia dan Microsoft mengumumkan pembentukan kemitraan strategis yang akan memanfaatkan kekuatan masing-masing brand untuk menciptakan ekosistem smartphone baru.

Detail kerjasama masih dalam tahap penyelesaian, namun secara garis besar akan seperti berikut:

  • Nokia dan Microsoft akan bekerjasama untuk pengembangan, aktivitas marketing bersama, serta roadmap pengembangan platform.
  • Bing akan menjadi layanan pencarian Nokia di semua perangkat dan layanan dari Nokia.
  • Microsoft AdCenter akan menjadi tulang punggung layanan pencarian iklan di semua jajaran perangkat dan layanan Nokia.
  • Nokia Maps akan menjadi bagian inti dari layanan pemetaan Microsoft. Contoh: Maps akan diintegrasikan dengan Bing dan AdCenter untuk hasil pencarian yang lebih relevan.
  • Kerjasama antara Nokia dengan operator akan memudahkan konsumen untuk membeli layanan Nokia Windows Phone di berbagai negara.
  • Perangkat pengembangan Microsoft akan dapat digunakan untuk menciptakan aplikasi di Nokia Windows Phones.
  • Microsoft akan terus berinvestasi di pengembangan Windows Phone dan layanan berbasis Cloud.
  • Toko konten dan aplikasi (Ovi Store) akan diintegrasikan dengan Microsoft Marketplace.

Berbekal beberapa produk yang sudah akrab di kalangan masyarakat dunia, seperti Xbox Live, NAVTEQ, Bing, Windows, Office, dan Nokia, kerjasama ini diharapkan akan sukses dalam membangun dan memelihara ekosistem baru yang mampu menghadirkan pengalaman dari berbagai aplikasi tersebut menjadi satu pengalaman luar biasa bagi para pengguna.

Lalu bagaimana dengan Symbian dan Meego? Untuk Symbian, Nokia masih mendukung platform ini, walaupun tetap merujuk pada Windows Phone sebagai strategi utama untuk memenangkan pertarungan di kancah smartphone. Nokia memperkirakan masih akan mampu menjual sekitar 150 juta unit ponsel berbasis Symbian. Mereka juga belum bisa menyebutkan kapan akan berhenti memproduksi ponsel berbasis Symbian. Untuk Meego, Elop sendiri mengakui bahwa pengembangan platform berbasis Linux ini terlalu lambat dan belum dapat bersaing dengan Apple iOS dan Google Android. Tampaknya Nokia akan memosisikan Meego sebagai platform masa depannya. Untuk perspektif lebih jelas mengenai perubahan strategi ini, baca juga artikel berikut.

Berikut video pengumuman rencana kerjasama tersebut.