Sony 00007 300x210 Sony VAIO YB Series: Desain Stylish, Harga Ekonomis, Performa Fantastis ultraportable news komputer

Tanggal 1 Februari 2011 lalu, Sony meluncurkan VAIO YB Series dengan desain mungil dan ringkas. Konsep komputer pribadi notebook dengan layar 11,6 inci dalam kemasan yang tipis dan ringkas memang bukanlah barang baru bagi raksasa elektronik asal Jepang tersebut. Sebut saja, TR Series, TZ Series, dan TT Series. Yang membedakan dibanding produk Sony terdahulu terletak pada penggunaan prosesor dan harga jualnya. Jika dulu notebook dengan desain cantik, tipis, dan ringkas juga dibarengi bandrol harga yang membuat kantong cepat tipis, kini tren dan perkembangan teknologi membalikkan hal tersebut.

Bagi yang akrab dengan produk Sony, judul artikel di atas yang terlihat bombastis itu sepertinya hampir tidak mungkin. Tapi inilah kenyataannya. Sony VAIO YB Series dijual dengan harga sedikit di atas netbook (Rp 4,9 juta) tapi telah mengemas performa yang jauh di atas netbook. Untuk desain, YB Series mengadopsi beberapa elemen desain khas VAIO seperti keyboard chiclet, tombol power hijau di bagian samping, serta pilihan warna menyegarkan khas Sony. Bobot YB Series juga ringan, hanya sekitar 1,46 kg, sehingga tidak membebani aktivitas harian Anda. Untuk pilihan warna, terdapat tiga pilihan warna: pink, hijau, dan putih. Variasi warna ini memperlihatkan betapa Sony ingin membidik kalangan anak muda yang dinamis, serta mereka yang berjiwa muda dan ingin tampil gaya.

Keunggulan utama YB Series terletak pada penggunaan platform AMD Fusion APU. Dengan teknologi ini, YB Series mampu memutar video Hi-Def, sesuatu yang belum mampu dilakukan kebanyakan netbook dengan baik. Penjelasan mengenai platform ini akan dibahas di artikel terpisah.

Untuk fitur-fiturnya, Sony memasukan Gesture Control. Dengan fitur ini, kita cukup tinggal melambaikan tangan ke arah kamera webcam jika ingin memilih lagu atau mengatur volume. Juga terdapat tombol Assist untuk memudahkan recovery jika Anda ingin mengembalikan YB Series ke kondisi awal dari sisi software. Tentunya jika ingin mengetahui performa YB Series dan apakah laptop ini cocok bagi Anda atau tidak, Anda harus menunggu kami selesai mengulasnya.

Spesifikasi

    Prosesor AMD APU Dual Core E-350 1.6 GHz dengan graphics Radeon HD 6310
    Layar 11.6 inci
    RAM 4 GB
    Hard disk 500 GB
    Bluetooth 2.1
    Wi-Fi connectivity 802.11 b/g/n
    Webcam & mikrofon
    Berat 1,46 kg

[tab:Galeri Foto]