Sony VAIO YB Series: Desain Stylish, Harga Ekonomis, Performa Fantastis

Tanggal 1 Februari 2011 lalu, Sony meluncurkan VAIO YB Series dengan desain mungil dan ringkas. Konsep komputer pribadi notebook dengan layar 11,6 inci dalam kemasan yang tipis dan ringkas memang bukanlah barang baru bagi raksasa elektronik asal Jepang tersebut. Sebut saja, TR Series, TZ Series, dan TT Series. Yang membedakan dibanding produk Sony terdahulu terletak pada penggunaan prosesor dan harga jualnya. Jika dulu notebook dengan desain cantik, tipis, dan ringkas juga dibarengi bandrol harga yang membuat kantong cepat tipis, kini tren dan perkembangan teknologi membalikkan hal tersebut.

Bagi yang akrab dengan produk Sony, judul artikel di atas yang terlihat bombastis itu sepertinya hampir tidak mungkin. Tapi inilah kenyataannya. Sony VAIO YB Series dijual dengan harga sedikit di atas netbook (Rp 4,9 juta) tapi telah mengemas performa yang jauh di atas netbook. Untuk desain, YB Series mengadopsi beberapa elemen desain khas VAIO seperti keyboard chiclet, tombol power hijau di bagian samping, serta pilihan warna menyegarkan khas Sony. Bobot YB Series juga ringan, hanya sekitar 1,46 kg, sehingga tidak membebani aktivitas harian Anda. Untuk pilihan warna, terdapat tiga pilihan warna: pink, hijau, dan putih. Variasi warna ini memperlihatkan betapa Sony ingin membidik kalangan anak muda yang dinamis, serta mereka yang berjiwa muda dan ingin tampil gaya.

Keunggulan utama YB Series terletak pada penggunaan platform AMD Fusion APU. Dengan teknologi ini, YB Series mampu memutar video Hi-Def, sesuatu yang belum mampu dilakukan kebanyakan netbook dengan baik. Penjelasan mengenai platform ini akan dibahas di artikel terpisah.

Untuk fitur-fiturnya, Sony memasukan Gesture Control. Dengan fitur ini, kita cukup tinggal melambaikan tangan ke arah kamera webcam jika ingin memilih lagu atau mengatur volume. Juga terdapat tombol Assist untuk memudahkan recovery jika Anda ingin mengembalikan YB Series ke kondisi awal dari sisi software. Tentunya jika ingin mengetahui performa YB Series dan apakah laptop ini cocok bagi Anda atau tidak, Anda harus menunggu kami selesai mengulasnya.

Spesifikasi

    Prosesor AMD APU Dual Core E-350 1.6 GHz dengan graphics Radeon HD 6310
    Layar 11.6 inci
    RAM 4 GB
    Hard disk 500 GB
    Bluetooth 2.1
    Wi-Fi connectivity 802.11 b/g/n
    Webcam & mikrofon
    Berat 1,46 kg

[tab:Galeri Foto]

About The Author

Chief Editor

Menulis tentang gadget sejak tahun 2003 di beberapa majalah gadget internasional. Aktif menulis di Yahoo! Indonesia sebagai Tech Blogger.

11 Responses

  1. ikiel

    mau tanya nih bro, harga terbaru Sony VAIO YB Series saat ini brp ya ?
    thank’s , kalo bsa blz ke email ajh … :)

    • Kristian Tjahjono

      @ikiel
      kalo boleh saran, skarang sudah ada VAIO E11 yang dilengkapi prosesor AMD E-2 yang lebih baru dari E-450.

  2. yudis

    Pak, mau tanya sony seri y , apakah kecepatan procesor nya setara dgn acer travelmate 6292 atau jauh di bawahnya ya ? menurut bpk kalo buat kerja power point, video editing (corel studio) dan adobe photoshop, lbh baik pakai acer 6292 atau sony seri y ya? makasih banyk pak..

  3. audi

    wah… benar2 laptop yang stylish dengan harga ekonomis.
    yang mau saya tanyakan pak, apa processor AMD Dual-Core Processor E-350 (1.6 GHz, L2 Cache 1 MB) dengan memory RAM 2Gb sudah mumpuni untuk menjalankan aplikasi VB.net?
    lalu untuk game, game apa saja yang kira2 dapat jalan pada laptop itu?
    dan satu lagi pak, AMD Zacate itu setara dengan processor INTEL apa?

    terima kasih pak.
    mohon pencerahannya.

  4. Surjadji

    Pak Kristian mohon bantuan informasinya, saya punya uang cuma Rp.3,5 juta, kalau saya mau beli netbook untuk kerja biar bisa mobile saran Pak Kristian sebaiknya saya beli yg mana ya Pak. Saya awam Pak untuk hal ini. (kalau yg os android gimana Pak ?) Terimakasih ya Pak. Salam

    Surjadji
    sur_jadji@yahoo.com

    • Kristian Tjahjono

      @surjadji
      Kalo netbook, rata-rata hampir sama ya pak. Untuk saat ini, Rp 3,4 juta sudah bisa dapet netbook dengan OS Windows 7 Starter. Silakan pilih merek dan model yang disukai, dengan berbagai promo dan bonusnya. Kalo memang nggak butuh Windows, bisa beli yang tanpa OS di kisaran harga Rp 2,9 – 3 juta.

      Untuk OS Android di netbook sementara hanya terbatas digunakan untuk browsing, cek email, dan tugas-tugas ringan lain. Biasanya OS Android yang dipasang di netbook hanyalah sebagai alternatif fast-booting jika pengguna lagi nggak sabar nungguin booting windows.

    • Kristian Tjahjono

      @marbolec
      Yah beli lagi dong pak. :D
      Sayang istri, sayang anak gitu…

      • aang

        bs bantu link nya kira2 beliny dmn dgn spek spt diatas dg harga 4,9jt???

      • Kristian Tjahjono

        @aang
        Itu harga waktu roadshow dengan bonus USB Modem. Harusnya sih di toko komputer yang memang menjual laptop Sony, harganya mirip2 bro. Untuk jadwal roadshow, terus terang nggak dapet info pastinya.