Jika Anda sudah terlalu banyak menginstal program, ada kalanya Windows Anda menjadi bertambah berat ketika proses booting dan menjadi cenderung lebih lemot ketika beraktivitas dengan komputer Anda. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya program startup (program yang dijalankan ketika masuk Windows) dan services (modul-modul program yang dibutuhkan oleh program tertentu seperti Antivirus). Semakin banyak program startup dan services, semakin lama pula proses booting Windows dan keduanya pun menggunakan resource memori untuk dijalankan sehingga akan mempengaruhi performa komputer Anda.

Ada sebuah cara  untuk membuat komputer Anda berjalan menjadi lebih lancar, yaitu mengurangi atau mematikan program startup atau service yang tidak begitu dibutuhkan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik tombol Start, dan ketik msconfig di search box. Akan muncul sebuah window bernama System Configuration.

2. Klik tab Services, lalu centang Hide all Microsoft services (agar tidak mematikan modul service dari Microsoft yang akan berakibat Windows Anda menjadi bermasalah), lalu hilangkan checklist yang tidak ingin digunakan atau klik Disable all dan nyalakan services yang penting (biasanya yang paling penting adalah service untuk antivirus, karena tanpa service tersebut Antivirus tidak dapat berjalan atau mati).

3. Jika sudah selesai di tab Services, pindah ke tab Startup klik Disable All lalu aktifkan program yang Anda inginkan (seperti Antivirus, karena jika Anda matikan startup program ini, Antivirus Anda tidak akan otomatis dijalankan setiap masuk ke Windows).

4. Setelah selesai mengatur Services dan Startup, klik OK untuk mengkonfirmasi perubahan, dan Windows akan meminta Anda untuk melakukan restart pada komputer Anda. Klik Restart  untuk langsung me-restart komputer Anda, atau klik Exit without restart jika Anda belum ingin melakukan restart.

Dengan langkah-langkah tersebut semoga komputer Anda dapat menjadi lebih ringan dan proses booting menjadi lebih cepat. Efek dari pengaturan msconfig ini bervariasi tergantung dari banyaknya program atau services yang ada dan seberapa banyak yang Anda matikan. Biasanya jika daftar services dan startup mencapai 20 program itu merupakan indikasi bahwa startup program Anda sudah terlampau banyak, dan biasanya sebagian besar dari startup itu sifatnya essential atau tidak begitu penting.