Review : Nokia X2-01, Ponsel QWERTY Gaya Minim Biaya

Pangsa pasar yang haus akan social media sangat dipahami oleh Nokia. Terlebih lagi jika bandrol harga yang ditawarkan nyaman di kantong. Setelah Nokia C3 yang merupakan ponsel kelas menengah keluaran Nokia dengan keyboard QWERTY ramai diserbu pembeli, kali ini ada yang serupa niih. Nokia X2-01, ponsel baru keluaran Nokia, tetap dengan QWERTY dan integrasi social media. Hmm…bisa bisa jadi musuh dalam selimut untuk Nokia C3 niih.



[tab:Konsep & Desain]

Musuh dalam selimut Nokia C3?? Hmmm…rasanya tidak juga. Menurut saya, Nokia X2-01 ini justru malah pelengkap Nokia C3. Bisa dibilang alternative lain, mengingat desain Nokia C3 yang membulat dan terkesan feminis. Kesan feminis memang tidak ditampilkan pada Nokia X2-01 ini. Malah bisa dibilang desainnya macho. Kebetulan Nokia X2-01 yang masuk ke meja redaksi berwarna dasar hitam dengan sisi merah, jadi terlihat lebih maskulin. Selain itu, berbeda dengan Nokia C3, ponsel ini memiliki sudut yang benar benar sudut –tanpa lengkungan- di keempat sudutnya.

Jika disandingkan sejajar Nokia X2-01 dan Nokia C3, dimensi Nokia X2-01 memang lebih tebal, namun beratnya lebih ringan dibandingkan Nokia C3. Susunan keyboard QWERTY kedua ponsel ini sama persis, hanya saja berdasarkan percobaan, keypad pada Nokia X2-01 ini lebih terasa empuk.

Di atas QWERTY terdapat tombol navigasi, call dan end call key, 2 tombol eksekusi, serta tombol music dan tombol pesan. Tombol pesan yang tertera icon amplop surat ini bisa dipersonalisasi pesan apa yang Anda ingin jadikan shortcut dengan tombol ini. Pilihan yang diberikan adalah Mail, Chat, Communities, Create Message, Conversation, dan Message inbox.
Sementara itu, tombol yang bergambar icon music juga bisa dipersonalisasi. Salah satu diantara aplikasi My Music atau Radio bisa langsung diakses dari tombol ini.

Detail port hanya disematkan di bagian sisi kiri dan atas ponsel. Pada sisi kiri, Anda bisa menemukan slot memori eksternal dan port USB bersisian. Pada bagian atas terdapat port carging dan port audio 3,5mm. Sayangnya, tidak ada tombol cepat kamera yang disediakan oleh ponsel ini.

Besar layar yang disematkan pada Nokia X2-01 sama dengan besar layar pada Nokia C3. Kesamaan juga terletak pada jumlah warna yang digunakan, yaitu 256 ribu warna dengan ketajaman resolusi 320 x 240 pixels.

[tab:Fitur]

Fitur andalan yang ditawarkan oleh Nokia X2-01 adalah integrasi social media. Dengan kemampuan update status Facebook dan Twitter dari homescreen, memungkinkan Anda update status setiap saat. Upload foto langsung dari ponsel juga hal yang mudah. Tampilan homescreen yang uptodate mengikuti perkembangan feed di Twitter dan Facebook menuntut Anda untuk menyediakan pulsa lebih. Solusi terbaik untuk memaksimalkan penggunaan Facebook dan Twitter adalah dengan berlangganan layanan data agar tidak kebobolan. Untuk menampilkan mode homescreen masuk ke Menu Utama > Setting > Display > Home Scren > On. Anda juga bisa personalisasi tampilan homescreen dengan merubah isi, jenis font, detail notification, dll.

Selain menampilkan update Facebook dan Twitter pada homescreen, Nokia X2-01 juga memiliki aplikasi Communities. Aplikasi social media serba ada ini juga termasuk di dalamnya aplikasi Twitter, Facebook dan aplikasi chatting dari berbagai layanan, seperti Yahoo Messenger, Google Talk, AOL Messenger, Windows Live Messenger, dan OVI Chat. Penggunaan aplikasi Communities juga memerlukan koneksi data, jadi langganan data memang wajib deh sepertinya jika ingin puas menggunakan ponsel ini.

Sayangnya, dengan kemampuan integrasi ke social media, Nokia X2-01 hanya membekali diri dengan kamera VGA tanpa flash. Hasil foto di siang hari cukup lumayan, tetapi tidak untuk malam hari. Mengingat kemampuan upload foto langsung ke Facebook dan Twitter, saying rasanya jika kemampuan kamera terbatas. Selain itu, Nokia X2-01 juga tidak menyediakan tombol cepat kamera di body ponsel. Tetapi untuk tombol cepat kamera masih bisa disiasati, karena Anda bisa setting akses cepat ke fitur kamera pada salah satu arah di tombol navigasi. Atau bisa juga memasukkan pada tombol ‘Go To’.

[tab:Performa]

Satu hal yang sangat disayangkan pada Nokia X2-01 adalah ketiadaan fitur koneksi ke jaringan wireless. Mengingat performa untuk terhubung langsung ke social media bisa dimaksimalisasi. Ketiadaan koneksi Wi-Fi inilah yang menjadi perbedaan antara Nokia C3 dan Nokia X2-01.

Proses upload foto untuk Facebook menggunakan ponsel ini terbilang cepat. Hanya memakan waktu tidak sampai 1 menit. Tetapi cepat atau lambatnya proses bergantuk pada stabil atau tidaknya jaringan operator kartu sim yang digunakan.

Ketika aplikasi Communities diaktifkan, performa ponsel menurun. Mungkin konsumsi memori yang digunakan oleh aplikasi ini besar mengingat banyak aplikasi social media yang bisa diaktifkan secara bersamaan dari aplikasi ini.

[tab:Kesimpulan]
Nokia X2-01 memang bisa menjadi alternative lain jika Anda menginginkan ponsel QWERTY dengan harga terjangkau keluaran Nokia. Keypad empuk dengan homescreen update Twitter dan Facebook menjadi andalan ponsel seharga Rp 899,000 ini yang tergolong paling mewah di kelasnya.

Tetapi sayangnya, kamera yang dibenamkan dalam ponsel ini hanya berkemampuan VGA. Selain itu, ketiadaan dukungan untuk jaringan wireless membuat kekurangan semakin terasa. Hmmm….langkah pasti yang harus dilakukan ketika memiliki ponsel ini adalah berlangganan layanan data unlimited. Nokia Indonesia sendiri telah memberikan solusinya dengan paket khusus bersama empat operator telekomunikasi tanah air. Bagi Anda yang mendambakan ponsel berdesain QWERTY yang keren, gaul, ekonomis, dan bisa menerima kualitas kamera pas-pasan, X2-01 merupakan pilihan yang amat baik.

[tab:Spesifikasi]

Jaringan 2G Network  GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Dimensi 119.4 x 59.8 x 14.3 mm, 86.6 cc
Berat 107.5 g
Layar TFT, 256K colors; 320 x 240 pixels, 2.4 inches
Memori Internal  55 MB, 64 MB RAM, 128 MB ROM; Slot  microSD, sampai dengan 8GB
Data GPRS, EDGE, Bluetooth v2.1 with A2DP, v2.0 microUSB
Kamera VGA, 640×480 pixels
Video 176×144@15fps
Browser WAP 2.0/xHTML, HTML
Baterai Li-Ion 1020 (BL-5C)
Waktu Siaga Sampai dengan 480 jam
Waktu Bicara Sampai dengan 4 jam 30 menit
Fitur Lain Java MIDP 2.1
– Stereo FM radio with RDS
– 3.5 mm audio jack
– QWERTY keyboard
– MP4/H.264/H.263/WMV player
– MP3/WAV/WMA/AAC player
– Organizer
– Voice memo
– Flash Lite v3.0
– Predictive text input

About The Author

Sebelumnya adalah wartawan sebuah majalah telekomunikasi terkemuka di Indonesia, kini meneruskan minat menulis tentang ponsel dan tren teknologi komunikasi di sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga.

3 Responses

  1. ADRIAN

    CARA AKTIFASI TOMBOL MUSIK DAN OLAH PESANYA GIMANA YA,,SOALNYA SAYA BACA CUMA NON AKTIFKAN SA JA GAK ADA BACAAN AKTIFASINYA…. JADI TOMBOL PINTAS MUSIK DAN PESAN HANYA PENGHIAS SAJA DI KAYPAD X2 SAYA.TOLONG INFONA.

  2. bima

    ada software/aplikasi wi fi ga bwt nokia x2-01 yg bisa di download????