Quantcast
AplikasiiOS (iPhone/iPad)

Word Lens: Jadikan Kamera iPhone Anda sebagai Penerjemah

Ketika Anda sedang bertamasya di Spanyol, Anda melihat ada sebuah penanda jalan, namun sayangnya Anda tidak mengerti arti dari tulisan apa yang tertera pada penanda jalan tersebut. Tidak semua orang terlahir bisa dengan bahasa Spanyol bukan? Mungkin Anda dapat membuka kamus Anda untuk menerjemahkannya satu-satu. Mungkin juga Anda dapat mencoba menerjemahkan artinya dengan menanyakannya pada mbah Google. Banyak jalan menuju roma, banyak solusi untuk kasus yang satu ini. Namun ada satu cara lagi yang mungkin belum Anda ketahui, dan tentunya cara tersebut lebih mudah dan praktis, yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi Word Lens.

Word Lens adalah sebuah aplikasi Augmented Reality yang dapat menerjemahkan barisan kata-kata dengan melalui kamera Anda. Jika Anda ingin menerjemahkan kata Jet’aime yang berada di sebuah poster misalnya, Anda tinggal mengarahkan kamera Anda ke arah barisan kata-kata tersebut, lalu Anda dapat melihat terjemahannya secara langsung di layar ponsel Anda. kalimat pertama yang terlintas di benak saya cuma satu, “kok bisa ya?” Kemampuan yang dimiliki oleh aplikasi ini merupakan sebuah bukti nyata untuk statement: teknologi yang memudahkan umat manusia. Benar-benar sangat mudah dan praktis.

Mungkin tidak setiap hari Anda membawa-bawa kamus di tas Anda dengan, namun ponsel merupakan sebuah benda yang memang diciptakan untuk selalu dibawa kemana-mana sehingga dengan adanya aplikasi Word Lens, Anda dapat dengan mudah dan cepat menerjemahkan beberapa baris kata melalui video pada kamera Anda. Quest Visual berencana untuk mengembangkan aplikasi ini untuk semua platform seluler, namun sebagai permulaan mereka merilisnya di iTunes App Store. Untuk Android, Windows Phone dan yang lain akan segera menyusul. Untuk bahasa yang  bisa diterjemahkan, Quest Visual juga akan melakukan ekspansi untuk bahasa-bahasa yang dapat diterjemahkan terutama bahasa yang berada di wilayah eropa terlebih dahulu. Semoga saja nanti aplikasi ini dapat menerjemahkan berbagai bahasa asing langsung ke bahasa Indonesia.

Back to top button