Tips : Back Up Contacts dari Blackberry ke Android dengan Google Sync

Mungkin di penghujung tahun ini, bonus yang Anda dapat dari tempat kerja menggoda untuk mengganti ponsel si sahabat setia dengan yang baru. Bisa jadi ponsel pegangan yang sebelumnya Blackberry akan segera diganti dengan Android. Bingung bagaimana memindahkan daftar kontak segambreng yang terlanjur tersimpan dalam Blackberry?. Ada fasilitas Google Sync yang siap membantu mentransfer kontak dan calender dari Blackberry ke Android.

Agar sukses membackup kontak dari Blackberry ke Android, ikuti langkah berikut

1. Download aplikasi Google Sync untuk Blackberry Anda. Untuk mendapatkan aplikasi Google Sync, anda bisa mengunjungi alamat m.google.com/sync
atau meminta google sync mengirimkan link ke ponsel Anda dengan memasukkan nomor ponsel ke http://www.google.com/mobile/sync/.

2. Setelah aplikasi Google Sync terdownload dengan sukses, setting data yang akan disinkronisasi dengan checklist pada contacts dan kalender (jika butuh back up data kalender). Anda bisa memilih sync manual jika diperlukan, atau sync automatic jika ada data kontak dan kalender baru yang masuk.

3. Setelah setting, Anda bisa langsung melakukan sync dengan tekan Blackberry key > Sync.

4. Lamanya proses sinkronisasi data kontak dan kalender bergantung kepada jumlah data kontak dan kalender yang Anda simpan dalam Blackberry.

5. Data kontak dan kalender yang tersimpan di dalam account google bisa anda lihat dari gmail dari PC browser. Langkah yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Gmail, lalu klik ‘pengelola data kenalan versi lawas’ (jika setting gmail Anda dalam versi bahasa Indonesia). Beberapa saat kemudian, Voila….!! kontak yang tersimpan langsung tampil di layar.

6. Untuk melihat kontak yang tersimpan dalam Google dari ponsel Android, Anda harus masuk ke menu ‘People’. Ingat yaa..jangan mencari Google Sync dari menu Contacts. Pada People, masuk ke tab ‘Group’. Tekan menu, lalu pilih ‘Sync Groups’. Pada menu tersebut akan tampil pilihan Sync all contacts dan My Contacts. Pilih Sync all > Save, dan Holla!! kontak yang tersimpan dalam Google Sync akan langsung masuk dalam contacts.

Sederhana bukan. Senangnya bisa mengenal Google Sync.

About The Author

Sebelumnya adalah wartawan sebuah majalah telekomunikasi terkemuka di Indonesia, kini meneruskan minat menulis tentang ponsel dan tren teknologi komunikasi di sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga.